Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Lagu Indonesia dari Era '90-an yang Masih Sering Diputar Sampai Sekarang

Bersiap untuk menambahkan daftar lagu di playlist Anda.

15 Lagu Indonesia dari Era '90-an yang Masih Sering Diputar Sampai Sekarang

Dari era ke era, musik merupakan salah satu bidang yang ikut berkembang dengan perkembangan zaman. Banyaknya jenis musik dan musisi sudah beragam dengan gaya masing-masing serta pendengar yang berbeda pula.

Tak heran jika lagu zaman dulu pun masih ada peminatnya, seperti beberapa lagu di era tahun '90-an. Musik yang sederhana dan lirik lagu yang lebih puitis, sangat menarik di telinga, juga mudah diingat, membuat para pendengar terbawa suasana ke tahun 1990-an.

Seakan-akan berimajinasi ke dalam keadaan serta bernostalgia pada zaman tersebut. Ingin mengetahui seberapa kuat lagu-lagu indah '90-an akan tersangkut di pikiran Anda? Bersiaplah untuk mendengarkan daftar 15 lagu Indonesia terbaik dari era '90-an pilihan Bazaar, yang masih menjadi pilihan banyak orang hingga saat ini.

1. Ruth Sahanaya - Astaga

Lagu dari Ruth Sahanaya ini sangat cocok untuk membangun kembali semangat diri Anda. Tidak hanya lirik yang memotivasi, alunan musiknya juga akan membuat tubuh berdansa. 

2. Iwa K - Bebas

Mengajak semua pendengarnya untuk "bebas" dari pikiran atau permasalahan sejenak, lagu Iwa K satu ini termasuk yang masih banyak peminatnya. Dengan mengambil genre hiphop, tentu saja dari yang berusia tua hingga muda pun menyukainya.

3. Iwa K - Malam Indah

Masih dengan Iwa K, bersama lagu-lagunya yang sangat mengangkat suasana menjadi asik. Untuk lagu Malam Indah ia menggambarkan suasana malam di kota yang dipenuhi dengan warna dan lakukan apa yang Anda inginkan.

4. Potret - Bagaikan langit

Para pemuda pecinta musik live, pasti sudah tahu lagu satu ini. Lagu yang dinyanyikan oleh Melly Goeslaw sebagai vokalis dari grup musik Potret. Fakta menarik, Potret dibentuk oleh Melly dan Anto Hoed (seorang penata musik), yang juga adalah suaminya pada tahun yang sama yaitu 1995.

5. M.E - Inikah Cinta

Rasa jantung berdebar saat "jumpa pertama" sangat tersalurkan dari lagu ini. Di mana aransemennya yang cepat menjadi simbol hati yang berdebar dan lirik lagu yang menjelaskan perasaan.

6. Rossa - Tegar

Rossa merupakan salah satu penyanyi wanita Tanah Air yang legendaris, karena kariernya yang sudah memiliki banyak sekali "jam terbang". Lagunya Tegar bercerita seseorang yang akan selalu berusaha untuk kuat dengan apa yang terjadi, jika ada bersama belahan jiwa. Bahkan di 20 tahun usia lagu ini, Rossa membuat versi baru yang diberi tajuk Tegar 2.0 lho!

7. KLA Project - Yogyakarta

Kelompok musik yang dibentuk oleh Katon Bagaskara ini cukup dikenal dengan lagu Yogyakarta. Sebuah karya lagu yang menggambarkan nostalgia dan suasan di Jogja.

8. Sheila on 7 - Dan

Sheil on 7 merupakan salah satu grup musik yang paling terkenal pada akhir tahun '90-an. Ditambah dengan lagunya yang berjudul Dan sangat banyak diminati dulu dan juga sekarang.

9. Ebiet G Ade - Berita Kepada Kawan

Pendekatan lagu yang unik yang puitis dan melankolis, tercipta pada saat terjadinya bencana alam Kawah Sinila. Menggambarkan dirinya yang sedang gelisah dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tapi jika didengar tanpa mengetahui latar belakangnya, lagu ini akan terdengar seperti suatu hubungan persahabatan yang sedang berpisah.

10. Titiek Puspa - Kupu Kupu Malam

Apakah Anda mengetahui arti kiasan "kupu-kupu malam"? Dengan mendengar lagu ini pastinya Anda akan mengerti! Mengisahkan perjalanan seorang wanita kupu-kupu malam yang bekerja untuk menyambung hidup, walau banyak yang membenci.

11. Padi - Begitu Indah

Sempat berhenti dalam panggung musik Indonesia selama 7 tahun, kini Padi berkumpul kembalu dan mengganti namanya menjadi Padi Reborn. Dan salah satu lagu yang masih menjadi andalannya adalah Begitu Indah.

12. Anggun - Tua Tua Keladi


Musik genre rock yang sangat, sangat hit! Selebriti Tanah Air yang sekarang telah berkancah di dunia musik dan film internasional, Anggun C. Sasmi berhasil membuka kesempatan untuk mengangkat namanya, salah satunya dengan lagu ini.

13. Slank - Terlalu Manis

Aransemen khas yang membuat Terlalu Manis menjadi unik adalah suara harmonika. Di mana setiap penampilan lagu tersebut, vokalisnya, Akhadi Wira Satriaji atau populer dipanggil Kaka, selalu memainkannya.

14. Dewa 19 - Kangen

Dari judulnya, pastinya Anda sudah akan mendapatkan gambaran dari lagu ini bukan? Ya, mengenai sepasang kekasih yang rindu setelah lama tidak bertemu. Konon, ini adalah ungkapan kerinduan Ahmad Dhani terhadap Maia Estianty.

15. Glenn Fredly - Cukup Sudah

Maestro musik legendaris, mendiang Glenn Fredly, merilis Cukup Sudah pada album pertama yang mengawali kariernya. Sekarang begitu banyak kenangan-kenangan indah karyanya yang masih sering didengar termasuk yang satu ini.

Baca juga:

Tulus Merilis Lagu Terbaru Berjudul Ingkar

Apakah Raisa Sedang Rekaman Lagu Baru? Yuk, Lihat Kebenarannya

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of Ruth Sahanaya, Iwa K, Potret, KLA Project, Ebiet G Ade, Titiek Puspa, Anggun, Rossa, M.E, Padi, Dewa 19, Glenn Fredly, Slank, Sheila on 7)