Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghilangkan Blackhead di Wajah

Bebaskan wajah dari penghuni berkepanjangan yang tak pernah diundang!

7 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghilangkan Blackhead di Wajah
(Foto: Courtesy of dimid86©123RF.com)

Sudah bukan rahasia lagi jika kehadiran blackhead atau komedo di wajah dapat menggangu penampilan (dan terkadang dapat memicu amarah setiap kali kita berkaca). 

Sebagai salah satu jenis jerawat yang paling umum, meskipun orang dengan tipe kulit berminyak memang biasanya lebih rentan dan lebih besar kemungkinan muncul komedo, namun pada dasarnya siapa pun dan apapun tipe kulitnya pasti pernah bergelut dengan "tamu tak diundang" ini.

Baca juga: Tahukah Anda Cara Efektif Menghilangkan Komedo di Dagu?

Untuk mengetahui cara memberantas permasalahan kulit ini secara menyeluruh, di bawah ini Bazaar telah merangkum segala hal yang perlu Anda ketahui mengenai blackhead atau komedo.

Faktor apa yang dapat menyebabkan munculnya komedo?

Menurut temuan para ahli, komedo dapat muncul karena adanya penumpukan sebum, minyak, sel-sel kulit mati yang menempel di folikel rambut.

Berbeda dengan komedo putih (yang akan membuat pori-pori tertutup), komedo justru sebaliknya, akan membuat permukaan pori-pori Anda terbuka, yang akhirnya menciptakan oksidasi dengan warna gelap seperti yang kita lihat.

7 cara & hal yang dapat Anda lakukan sekaligus perhatikan untuk mengusir blackhead:

1. Cuci wajah dengan produk cleanser berkandungan asam salisilat

Alih-alih memilih kandungan lain seperti benzoil peroksida untuk produk cleanser, carilah produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat sebab menurut penelitian, asam jenis ini adalah formula paling ampuh untuk memberantas komedo (baik hitam maupun putih). Selain itu, asam salisilat juga mampu sangat cocok bagi Anda dengan produksi minyak berlebih dan juga untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

Meskipun Anda sangat dianjurkan untuk menerapkan metode double cleanse (terutama di malam hari untuk memastikan seluruh kotoran, sisa riasan di wajah dapat terangkat secara sempurna), namun rekomendasi Bazaar (terutama bagi Anda para pemula), cobalah menggunakan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat hanya sekali sehari sebagai langkah awal sekaligus menguji apakah kulit Anda cocok atau tidak dengan kandungan ini.

(Foto: Courtesy of Caudalie)
(Foto: Courtesy of Caudalie)

Caudalie Vinopure Purifying Gel Cleanser
397.000 rupiah

2. Hadirkan kandungan retinoid pada rangkaian perawatan wajah

Menurut temuan para peneliti, kandungan retinoid tak hanya dapat membantu mengangkat komedo dan membersihkan pori-pori tersumbat tetapi juga dapat membantu mempercepat laju regenerasi kulit.

Meskipun ada banyak mitos retinoid yang beredar di masyarakat (yang kebanyakan bersifat negatif), namun juga kandungan retinoid digunakan secara tepat, ini dapat mentransformasi kondisi kulit Anda sepenuhnya, yang termasuk membantu mencegah komedo muncul di kemudian hari, hingga dapat menjadi anti-aging yang luar biasa.

(Foto: Courtesy of White Lab)
(Foto: Courtesy of White Lab)

White Lab Granactive Retinoid Intensive Care Serum
99.750 rupiah

Baca juga: Sebagai Anti Aging, Ini Manfaat Retinol Untuk Wajah

3. Aplikasikan masker tipe clay mask

Masker dengan bahan dasar tanah liat memang teruji mampu membantu mengekstraksi minyak dan racun dari dalam kulit. Bagi pemilik tipe kulit berminyak, Anda tentu sudah tak asing dengan tipe masker yang satu ini. Menjadi andalan dan favorit banyak orang untuk mengurangi produksi sebum, beberapa produk masker tanah liat juga mengandung sulfur. Sulfur sendiri merupakan bahan lain yang berfungsi untuk memecah sel-sel kulit mati yang biasanya berujung  membentuk komedo.

Untuk meraih hasil yang lebih maksimal, gunakan clay mask seminggu sekali selain dibarengi dengan perawatan eksfoliasi sekali atau dua kali dalam seminggu.

(Foto: Courtesy of Innisfree)
(Foto: Courtesy of Innisfree)

Innisfree S. Volcanic P.Clay Mask_2X
190.000 rupiah

Baca juga: Simak Fakta Seputar Clay Mask yang Perlu Diketahui

4. Lakukan eksfoliasi dengan menggunakan kandungan AHA/BHA

Melakukan eksfoliasi secara teratur dapat membantu menghilangkan jumlah sel kulit mati yang yang seperti kita ketahui dapat meminimalisir kemungkinan pori-pori tersumbat. 

Rekomendasi Bazaar untuk eksfoliasi, gunakan produk yang mengandung alpha hydroxy acid dan asam salisilat (AHA dan BHA) karena keduanya bekerja untuk mengikir lapisan atas kulit Anda. Secara teori, kedua kandungan ini dapat menekan kemungkinan munculnya kerutan dan bintik-bintik penuaan, seraya membersihkan pori-pori dan membuat kulit Anda tampak lebih lembut.

(Foto: Courtesy of Cosrx)
(Foto: Courtesy of Cosrx)

Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner
200.000 rupiah

5. Jangan lupakan vitamin C

Memang, bahan-bahan seperti asam salisilat dan benzoil peroksida bekerja secara efektif untuk menangani masalah jerawat dan pori-pori yang tersumbat. Namun ada bahan pencerah lain yang tak kalah luar biasanya kemampuannya untuk membersihkan komedo (sekaligus mencerahkan kulit) yaitu vitamin C.

Menurut seorang ahli kecantikan favorit para selebriti, Renée Rouleau seperti yang dikutip dari situs glamour.com, “Komedo merupakan minyak yang muncul ke permukaan dan teroksidasi karena kontak dengan udara terbuka. Dan oksidasi inilah yang akhirnya menyebabkan komedo menjadi hitam. Maka dari itu, untuk melawan proses ini dan menjaga minyak agar tidak teroksidasi begitu cepat, gunakan antioksidan seperti vitamin C,” paparnya.

(Foto: Courtesy of Dior)
(Foto: Courtesy of Dior)

Dior Capture Youth Glow Booster Age-Defying Illuminating Serum
1.630.000 rupiah

6. Pastikan Anda menggunakan produk yang non-comedogenic

Sekalipun Anda telah menggunakan pembersih wajah, masker, dan eksfoliator yang dikategorikan oleh masyarakat adalah yang terbaik dengan harga fantastis, itu semua tidak akan ada artinya jika Anda tidak memilih produk yang non-comedogenic (artinya yang tidak memicu timbulnya komedo). Dan kabar buruknya, tidak semua produk kecantikan di luar sana sudah terverifikasi non-comedogenic, jadi Anda harus membaca label produk terlebih dahulu dengan cermat sebelum membelinya.

(Foto: Courtesy of Chanel)
(Foto: Courtesy of Chanel)

Chanel Les Beiges Foundation non-comedogenic
1.037.900 rupiah

7. Jangan pernah tidur tanpa menghapus riasan

Walaupun terdengar sepele, ini menjadi langkah penting yang harus selalu Anda ingat: Jangan pernah naik ke tempat tidur tanpa menghapus riasan Anda. 

Seberapa lelahnya Anda setelah menjalani segudang aktivitas sepanjang hari, pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih sebelum akhirnya mengistirahatkan tubuh karena jika Anda tak melakukan “titah” ini dan membiarkan riasan menempel pada kulit wajah Anda semalaman, produk riasan yang mengklaim dirinya non-comedogenic pun tetap dapat menyumbat pori-pori. 

(Foto: Courtesy of Bioderma)
(Foto: Courtesy of Bioderma)

Bioderma Sebium H2O Micellar Water
377.300 rupiah

Baca juga: 12 Produk yang Dapat Membantu Menghilangkan Komedo

(Foto: Courtesy of dimid86©123RF.com))