Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Memberdayakan Perempuan, L'Oréal Paris Ajak Anda Semua untuk Tanggap dan Tangguh Melawan Pelecehan Seksual

Figur pemberdayaan perempuan sekaligus aktris Tanah Air, seperti Cinta Laura dan Adinia Wirasti juga ikut terlibat.

Memberdayakan Perempuan, L'Oréal Paris Ajak Anda Semua untuk Tanggap dan Tangguh Melawan Pelecehan Seksual
Courtesy of L'Oreal Indonesia

Pada masa pandemi ini, tidak disadari masih banyak sekali terjadinya pelecehan seksual di ruang publik. Melihat hal tersebut L’Oréal Paris, sebagai merek kecantikan terkenal di dunia ingin meneguhkan komitmen untuk memberdayakan perempuan di Indonesia melalui kampanye global terbaru mereka yaitu Stand Up Against Street Harassment. Bulan Maret lalu, kampanye ini telah diluncurkan dan disebarkan karena masih kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh orang-orang di luar sana.

Bekerja sama dengan Hollaback! Jakarta, L’Oréal Paris mengintervensi pelecehan seksual di ruang publik dengan mengikuti pelatihan 5D, yakni Dialihkan, Dilaporkan, Dokumentasikan, Ditegur, dan Ditenangkan. Menurut para ahli, pelatihan terbukti efektif, praktis, dan aman diterapkan baik untuk korban ataupun pengamat. Untuk menjalani kampanye ini, L'Oréal juga mengundang beberapa selebriti Indonesia yang dikenal sebagai aktivis pemberdayaan perempuan, salah satunya Cinta Laura Kiehl.

Courtesy of L'Oreal Indonesia
Courtesy of L'Oreal Paris Indonesia

Ia bergabung bersama dengan menjadi juru bicara dalam salah satu pelatihan, untuk mengajarkan bagaimana cara mendapatkan kembali harga diri Anda. Cinta juga memiliki kepercayaan bahwa "Setiap orang berharga! Dan kami memiliki hak untuk merasa aman dan nyaman untuk menjalani hidup kami dan mencapai impian kami. Bersama-sama kita bisa mengakhiri pelecehan di jalanan dan membuat anak perempuan dan perempuan merasa aman di ruang publik,” katanya. 

Sejalan dengan tema perayaan HUT Kemerdekaan RI yang ke-76 “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, komitmen L’Oréal Paris, agar dapat membantu perempuan Indonesia tumbuh menjadi lebih tangguh dalam melawan pelecehan seksual di ruang publik, karena kita begitu berharga. Begitu juga dengan salah satu aktris dan figur pemberdayaan perempuan Indonesia, Adinia Wirasti, juga mendukung kampanye ini, “Sebagai seorang perempuan saya sangat mendukung gerakan Stand Up Against Street Harassment dan metode pelatihan 5D yang terbukti praktis dan aman. Sudah saatnya #WeStandUp! untuk menghentikan aksi pelecehan seksual apalagi di ruang publik karena diam bukan pilihan. Kita semua harus peduli akan hal ini demi terciptanya ruang publik yang aman bagi semua orang, khususnya perempuan agar dapat terus melangkah dalam mengejar cita-cita dan mimpinya dengan rasa aman dimanapun, kapanpun,”

Courtesy of Instagram @adiniawrst
Courtesy of Instagram @adiniawrst

“Menurut survei global yang dilakukan oleh L’Oréal Paris bekerja sama dengan IPSOS di bulan Januari 2021, kami menemukan bahwa 1 dari 3 perempuan masih mengalami pelecehan seksual di ruang publik selama masa pandemi. Di Indonesia sendiri, menurut data dari Komnas Perempuan, hingga 3 Juli 2021 terdapat 1.902 kasus. Selama pandemi kita tak bisa memungkiri bahwa aktivitas masyarakat berubah dan berpindah tempat. Aktivitas di dunia maya meningkat, menjadikan media sosial menjadi ruang publik dan memungkinkan untuk terjadinya pelecehan seksual," ucap Maria Adina, Brand General Manager L’Oréal Paris Indonesia. 

L’Oréal Paris berambisi untuk melatih 1.000.000 orang secara global dengan metode 5D. Hingga saat ini, lebih dari 350.000 orang sudah mendapatkan pelatihan termasuk di Indonesia, dan berbagai upaya akan terus dilakukan untuk dapat meningkatkan angka pelatihan, sehingga pada akhirnya semua orang dapat ikut serta menurunkan insiden pelecehan seksual di ruang publik. Dapatkan informasi lebih lanjutnya di situs resmi kampanye di sini.

(Penulis: Gracia Sharon, Courtesy of Instagram @lorealindonesia, @adiniawrst)