Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

26 Fakta tentang Lee Dong Wook, Pelopor Hubungan "Bromance" di Drama Korea

Menjadi salah satu pionir dari lahirnya hubungan bromance di drama Korea bersama dengan Gong Yoo, simak deretan fakta menarik yang layak untuk Anda ketahui tentang aktor penuh kharisma ini.

26 Fakta tentang Lee Dong Wook, Pelopor Hubungan
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Taiwan)

Siapa yang tak kenal dengan salah satu aktor senior Korea Selatan ini bernama Lee Dong Wook. Telah konsisten mewarnai layar kaca maupun layar lebar sejak memulai debutnya di industri hiburan pada tahun 1999, Lee Dong Wook memang berhasil menghipnotis para penonton berkat kharisma serta kepiawaiannya dalam berakting.

Bagi Anda yang sudah mengikuti perjalanan kariernya sejak berhasil mencuri hati para penonton di beberapa drama hits yang ia bintangi mulai dari School (1999) hingga My Girl (2005), maka Anda patut berbahagia karena telah menjadi penggemar setianya selama lebih dari dua dekade, namun bagi Anda yang baru mulai jatuh hati dengan pesonanya ketika memerankan karakter Grim Reaper dan hubungan bromance-nya bersama Gong Yoo di drama hits yang tayang tahun 2016 berjudul Goblin, maka Anda patut untuk mengetahui deretan fakta menarik tentang aktor berzodiak scorpio ini.

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea)
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea)

Untuk mengenalnya lebih dalam, berikut telah Bazaar rangkumkan 26 fakta menarik mengenai aktor yang juga kerap kali mewarnai sampul dari majalah Harper's Bazaar, Lee Dong Wook yang patut untuk Anda ketahui:

1. Lahir di kota Seoul pada tanggal 6 November 1981, Lee Dong Wook merupakan anak sulung dari empat bersaudara.

2. Berasal dari latar belakang keluarga kelas menengah, membuat Dong Wook sedari belia sudah terbiasa untuk memberi dukungan secara finansial kepada keluarga dan keempat adik-adiknya.

3. Dengan tinggi badan 183 cm, Lee Dong Wook masuk ke dalam kategori aktor Korea yang cukup tinggi.

4. Memiliki nama panggilan “Wookie” yang diberikan oleh para penggemar setianya karena citranya yang polos dan juga bibir merahnya yang memesona.

5. Menimba ilmu di Universitas Joongbu, Dong Wook memilih jurusan Broadcasting and Media Arts.

(Foto: Courtesy of KBS)
(Foto: Courtesy of KBS)

6. Memulai debutnya di industri hiburan pada tahun 1999 dalam sebuah drama spesial yang tayang di stasiun TV MBC. Ini membuka pintu peluang lain bagi Dong Wook muda sebab Produser dari drama tersebut akhirnya memutuskan untuk meng-casting Dong Wook di sebuah drama remaja dengan judul School 2. Namun baru di musim selanjutnya (School 3), akhirnya Dong Wook mulai dikenal oleh publik.

(Foto: Courtesy of IMDb)
(Foto: Courtesy of IMDb)

7. Namun kariernya baru benar-benar melesat drastis ketika dirinya membintangi drama hits yang tayang di tahun 2005 dengan judul My Girl bersama Lee Da Hae. Berkat drama ini, Dong Wook berhasil menjadi salah satu bintang Korean Wave.

8. Semenjak penampilan luar biasanya di drama My Girl, Lee Dong Wook pun tergolong konsisten aktif tampil di layar kaca. Beberapa judul serial drama yang ia bintangi antara lain Scent of a Woman (2011), Wild Romance (2012), Hotel King yang mana ia kembali dipertemukan dengan lawan mainnya, Lee Da Hae (2014), Blade Man (2014), hingga Bubble Gum (2015).

9. Tampaknya kemujuran kembali menghampiri Dong Wook, di tahun 2016 ia kembali berhasil mencuri hati para penikmat drama Korea ketika dirinya terlibat dalam proyek drama bertajuk Guardian: The Lonely and Great God atau yang lebih akrab dengan judul Goblin.

Di drama ini walaupun ia duduk di bangku pemeran pria kedua, namun ia mampu menunjukkan kharisma serta hubungan bromance yang luar biasa dengan aktor Gong Yoo ketika dirinya berperan sebagai karakter Grim Reaper. Bahkan saking spektakulernya chemistry yang ditampilkan antara Lee Dong Wook dan Gong Yoo, keduanya menjadi salah satu pionir dari lahirnya hubungan bromance di dalam perkembangan cerita drama Korea.

(Foto: Courtesy of IMDb)
(Foto: Courtesy of IMDb)

10. Tak hanya menyajikan penampilan fantastis bersama dengan Gong Yoo yang begitu dicintai oleh para penonton Korea, kisah cinta yang tergolong cukup tragis dengan lawan mainnya, Yoo In Na di Goblin mampu mendorong para fans untuk menginisiasikan sebuah petisi untuk mempertemukan Lee Dong Wook dan Yoo In Na di drama baru. Dan akhirnya impian semua penggemar dapat terwujud di tahun 2019 ketika pasangan ini kembali dipertemukan dalam sebuah drama rom-com berjudul Touch Your Heart yang berhasil mengobati rasa rindu sekaligus luka para penonton setia Goblin.

11. Telah menjalani kewajibannya sebagai warga negara yang taat, Lee Dong Wook resmi mengikuti wajib militer pada Agustus 2009 dan melaksanakan tugasnya di bawah Layanan Hubungan Masyarakat Pertahanan Nasional. Ia pun menyelesaikan masa pengabdiannya di bulan Juni 2011.

12. Tahukah Anda bahwa jalinan hubungan bromance antara Gong Yoo dan Lee Dong Wook sebetulnya telah terjalin jauh sebelum keduanya dipertemukan dalam drama Goblin? Ya, rupanya keduanya telah bertemu ketika sedang menjalani masa wajib militer.

“Sebelum saya keluar dari militer, Lee Dong Wook adalah penerus saya selama dua bulan,” cerita Gong Yoo. “Dan saya senang ketika mengetahui bahwa kita kembali dipertemukan dalam sebuah produksi drama bersama,” sambungnya. 

Bahkan rumornya, kedua aktor tersebut akan pergi ke salon rambut yang sama dan memiliki hubungan yang sangat dekat seperti seorang saudara kandung.

13. Setelah membesarkan namanya di dunia pertelevisian Korea, misi besarnya selanjutnya adalah untuk menjelajah ke ranah layar lebar. Pada tahun 2006 ia memulai debutnya sebagai pemeran pendukung dalam film horor bertajuk Arang yang berhasil mendapat respons positif.

(Foto: Courtesy of The Beauty Inside)
(Foto: Courtesy of The Beauty Inside)

14. Beberapa karyanya dalam film layar lebar yang berhasil membekas di hati para penonton seperti ketika dirinya tampil di proyek film The Beauty Inside yang rilis tahun 2015. Penampilannya yang spektakuler dalam kisah cinta tragis ini dengan cepat membuatnya menjadi youth icon di Korea Selatan.

15. Pada tahun 2010, Dong Wook resmi melakukan debut sebagai sutradara lewat proyek musik video milik penyanyi Zozo bersama dengan Park Ji Heon dengan judul Dandelion. Turut membintangi musik video tersebut, lihat hasil karyanya di sini .

16. Dalam sebuah wawancara, Lee Dong Wook pernah mengaku bahwa cita-cita awalnya adalah ingin menjadi seorang guru dan bukan aktor seperti jalan hidupnya sekarang ini. “Ketika saya masih muda, saya ingin mengajar sastra Korea karena itu adalah mata pelajaran favorit saya.”

(Foto: Courtesy of Soompi)
(Foto: Courtesy of Soompi)

17. Tak cepat berpuas diri dengan pencapaiannya di dunia akting, walaupun Dong Wook sudah pernah mengecap manisnya dunia variety show ketika dirinya dipercaya untuk menggantikan Kang Ho Dong dan Lee Seung Gi di acara Strong Heart pada tahun 2012, nyatanya dalam sebuah wawancara, ia pernah mengutarakan bahwa ia bercita-cita untuk memiliki acara talkshow dengan namanya sendiri.

Dan akhirnya impiannya tersebut tercapai di tahun 2019. Memandu acara bincang-bincangnya sendiri yang sekaligus dalam rangka merayakan 20 tahun dirinya berkarya di industri hiburan dengan judul Wook Talk. Acara talk show ini turut dimeriahkan oleh deretan tamu bergengsi mulai dari komedian Lee Soo Geun, penyanyi BoA, hingga sahabat prianya, Gong Yoo.

(Foto: Courtesy of Instagram @supermom_sujin)
(Foto: Courtesy of Instagram @supermom_sujin)

18. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Lee Dong Wook sangat menyukai anak-anak. Hal ini terbukti ketika dirinya menjadi bintang tamu di acara Return of the Superman dan mendatangi rumah keluarga Lee Dong Gook.

Terlihat bagaimana Lee Dong Wook sangat menghayati dan alami dalam menjalankan perannya sebagai seorang paman bagi si dua kembar Jae Si dan Jae Ah serta Seol Ah dan Soo Ah, dan si bungsu Si An.

19. Untuk itu, Dong Wook mengaku bahwa di masa depan jika ia sudah memulai rumah tangga, ia ingin setidaknya memiliki tiga anak baik berjenis kelamin perempuan maupun laki-laki.

20. Dalam sebuah wawancara, tanpa keraguan Dong Wook menjawab bahwa ia ingin tetap menjadi seorang aktor ketika ditanya ingin menjadi apa jika diberi kesempatan untuk terlahir kembali.

 

(Foto: Courtesy of Instagram @leedongwook_official)
(Foto: Courtesy of Instagram @leedongwook_official)

21. Aktif menyapa para penggemarnya di media sosial. Lee Dong Wook memiliki akun Instagram dengan jumlah pengikut mencapai 11 juta dengan nama username @leedongwook_official.

(Foto: Courtesy of Instagram @leedongwook_official)
(Foto: Courtesy of Instagram @leedongwook_official)

22. Sebagai salah satu aktor papan atas Korea, Lee Dong Wook juga termasuk sosok yang mencintai dunia fashion. Buktinya, ia pernah  terbang ke Paris untuk menyaksikan presentasi dari koleksi Spring / Summer 2018 milik rumah mode Givenchy. Pada kesempatan tersebut, ia juga terlihat sangat ramah dan sabar saat menyapa para penggemarnya yang menyambut dirinya di pintu gerbang acara.

Baca juga: 15 Aktor Korea Fashionable yang Akrab dengan Label Premium

(Foto: Courtesy of Instagram @leedongwook_official)
(Foto: Courtesy of Instagram @leedongwook_official)

23. Selain Givenchy, ia pun kerap kali terlihat menghadiri acara pembukaan hingga pemotretan untuk label mode papan atas lainnya yaitu Fendi.

Baca juga: Kharisma Lee Dong Wook dalam Balutan Jas Two-Tone Saat Hadiri Acara Fendi

24. Meskipun statusnya saat ini masih lajang (setidaknya hingga artikel ini ditayangkan pada tahun 2021), sepanjang kariernya sebagai figur publik, ia pun pernah beberapa kali dikabarkan berkencan dengan banyak lawan mainnya mulai dari Kim Hyun Joo (di mana keduanya bertemu ketika membintangi drama The Partner), Lee Da Hae (lawan mainnya di My Girls dan Hotel King), hingga Jessica Jung (member girl group SNSD).

(Foto: Courtesy of Instagram @leedongwook_official & @skuukzky)
(Foto: Courtesy of Instagram @leedongwook_official & @skuukzky)

25. Namun hubungan percintaannya yang benar-benar resmi dipublikasikan kepada publik adalah ketika ia menjalin asmara dengan penyanyi dan aktris ternama Bae Suzy. Sempat mengutarakan bahwa Lee Dong Wook merupakan tipe pria idealnya di sebuah wawancara pada tahun 2012, namun keduanya mengaku baru membawa hubungan mereka ke tingkat selanjutnya enam tahun setelahnya yaitu tepatnya di tahun 2018.

Namun sayangnya kisah cinta mereka tidak terlalu didukung oleh penggemar keduanya. Pasalnya, keduanya memiliki perbedaan usia yang cukup besar yaitu 13 tahun. Hanya berselang 4 bulan setelah meresmikan hubungan, keduanya mengumumkan bahwa mereka telah resmi berpisah.

(Foto: Courtesy of Instagram @leedongwook_official)
(Foto: Courtesy of Instagram @leedongwook_official)

26. Setelah tahun lalu sukses membintangi drama dengan judul Tale of the Nine Tailed yang berhasil mengukuhkan namanya kembali di jagat hiburan Korea, tahun ini selain sedang bergabung dalam variety show dengan tajuk Sea of Hope bersama dengan rekan mainnya di drama Goblin, Lee Go Eun, Lee Dong Wook juga akan kembali menyapa para penggemar setianya lewat proyek drama terbaru berjudul Bad and Crazy bersama dengan aktris Han Ji Eun yang rencananya akan tayang pada bulan November 2021.

(Foto: Courtesy of IMDb, KBS, Soompi, Beauty Inside, Courtesy of Instagram @leedongwook_official, @skuukzky, @supermom_sujin)