Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rekomendasi 12 Blush-On untuk Kulit Sawo Matang serta Cara Mengetahui Tone Kulit Anda

Skin tone dan skin undertone itu berbeda, jangan sampai keliru!

Rekomendasi 12 Blush-On untuk Kulit Sawo Matang serta Cara Mengetahui Tone Kulit Anda

Pernahkah Anda mengalami kebingungan saat memilih warna kosmetik untuk wajah Anda? Hal itu biasa terjadi, karena belum mengenal warna kulit (skin tone) Anda atau yang lebih menentukan lagi yaitu warna dasar kulit (skin undertone). Kesalahan memilih warna pada bedak, concealer, bronzer, dan juga perona pipi, dapat mengubah tampak wajah Anda menjadi badut atau cakey. Warna riasan wajah merupakan salah satu hal yang sangat penting diperhatikan, selain penggunaan yang benar. Mereka harus dipastikan dapat menyatu halus dengan warna kulit alami Anda.

Ada beberapa teori yang perlu diperlajari untuk menghindarinya, terlebih bagi Anda para pemula yang memiliki peluang kesalahan lebih besar. Untuk mengetahui undertone kulit Anda, simak penjelasan di bawah ini yang telah Bazaar kurasi! 

PERBEDAAN SKIN TONE DAN SKIN UNDERTONE

Paparan sinar matahari akan menentukan warna kulit Anda, maka dari itu setiap kulit akan bervariasi tergantung pada berapa banyak waktu yang Anda habiskan di bawah paparan sinar matahari tanpa perlindungan. Itu berarti skin tone merupakan warna kulit yang bisa dilihat langsung atau dengan kasat mata, karena perubahannya akan terlihat jelas. Secara umum ada tiga kategori perbedaan yang dapat digunakan untuk menentukan warna kulit:

1. Terang atau fair skin: Warna kulit terang atau cerah cenderung secara historis berasal dari negara-negara Eropa Utara yang sering menghadapi salju atau awan, dan karena itu tidak membutuhkan banyak perlindungan melanin. Orang yang lebih pucat biasanya sangat sensitif terhadap sinar matahari dan lebih mudah terbakar dari pada mereka yang memiliki kulit lebih gelap. 

Courtesy of Instagram @xeesoxee
Courtesy of Instagram @xeesoxee

2. Sedang atau medium skin: Kulit sedang adalah ciri khas Eropa Selatan dan keturunan Asia Utara. Kadang-kadang disebut "zaitun", warna kulit ini adalah penampilan krem ​​​​yang netral, seimbang, dan cepat menemukan warna bedak yang tepat lebih mudah. 

Courtesy of Instagram @therealdisastr
Courtesy of Instagram @therealdisastr

3. Gelap atau dark skin: Kulit gelap biasanya berasal dari bagian dunia yang paling banyak terpapar radiasi ultraviolet, seperti Timur Tengah, India, dan Afrika. Seperti halnya mereka yang memiliki kulit sedang, Anda tidak luput dari kerusakan akibat sinar matahari jika Anda memiliki warna kulit ini, dan sebenarnya lebih rentan terhadap hiperpigmentasi.

Courtesy of Instagram @zendaya
Courtesy of Instagram @zendaya

Berbeda dengan skin undertone, warna dasar kulit yang ditentukan oleh genetik atau faktor keturunan. Maka sekalipun warna kulit berubah, warna dasar kulit tidak akan pernah berubah karena terkena paparan matahari secara terus menerus. Mempelajari cara menentukan warna dasar kulit untuk menemukan kosmetik yang tepat sangat bergantung pada kategori di bawah ini:

  • Dingin (cool): merah dan merah muda dengan kebiruan

Jika Anda menentukan warna kulit Anda dingin, pertimbangkan: eyeshadow berbasis biru, aksen bibir dalam warna merah, merah muda atau ungu, dan tingkatkan pigmen merah muda Anda dengan perona pipi kemerahan.

  • Hangat (warm): warna kuning, peachy, dan emas

Mereka yang memiliki kulit cokelat keemasan harus mencoba: eyeshadow untuk melengkapi cahaya kuning alami, menonjolkan pipi dengan perona koral, dan menemukan warna bibir merah yang lebih gelap.

  • Netral: zaitun atau warna campuran yang seimbang dari nuansa di atas

Jika Anda telah menentukan warna kulit Anda netral, Anda beruntung. Hampir semua kosmetik terlihat bagus di kulit Anda. Pertimbangkan untuk memakai warna yang melengkapi warna mata dan rambut Anda.

Bisa saja warna permukaan kulit Anda, atau hal pertama yang Anda lihat saat bercermin, mungkin tampak kemerahan, tetapi nada dasar Anda bisa keemasan atau kuning. Oleh karena itu, ketika menentukan warna kulit Anda untuk alas bedak, concealer atau jenis kosmetik lainnya, perhatikan juga warna dasarnya.

Courtesy of iordani@123RF.com
Courtesy of [email protected]

CARA MENGETAHUI SKIN TONE DAN SKIN UNDERTONE ANDA

1. Periksa warna pembuluh darah

Dengan cahaya alami, periksa tampilan pembuluh darah di bawah kulit Anda.

  • Pembuluh darah tampak biru atau ungu, Anda memiliki warna kulit dingin.
  • Pembuluh darah terlihat hijau atau biru kehijauan, Anda memiliki warna kulit yang hangat.
  • Pembuluh darah berwarna hijau atau biru, Anda mungkin memiliki warna kulit netral. Anda yang berkulit sawo matang mungkin masuk dalam kategori ini (termasuk sebagian besar orang Indonesia).

2. Perhatikan perubahan kulit yang terjadi ketika terkena panas matahari

Kulit yang mudah kecokelatan cenderung memiliki warna kulit sedang atau gelap (hangat), sedangkan mereka yang tidak mudah terbakar cenderung memiliki warna kulit yang sangat cerah (dingin). Namun, tidak menutup kemungkinan untuk Anda yang memiliki undertone dingin tidak bisa menjadi gelap.

3. Lihat wajah Anda dengan cahaya alami

Terkadang warna abu-abu bisa timbul saat Anda memakai riasan, itu berarti alas bedak Anda tidak melengkapi warna dasar Anda. Bersihkan wajah Anda secara menyeluruh dari riasan atau kotoran. Tunggu setidaknya 15 menit dan temukan pencahayaan alami, karena pencahayaan yang berbeda memengaruhi penampilan kulit Anda. Ambil cermin kecil dan pergilah ke bawah sinar matahari atau jendela yang cukup terang untuk menentukan warna alami Anda. Amati garis rahang, untuk menemukan warna permukaan Anda, karena tempat tersebut merupakan yang paling penting dari merias wajah.

4. Tes aksesori perak/emas

Jika perak melengkapi kulit Anda lebih baik dan fresh dari pada emas, kemungkinan Anda memiliki warna dasar dingin. Begitupun sebaliknya, jika Anda memiliki warna kulit yang hangat, emas kemungkinan akan terlihat lebih bagus. 

Courtesy of Michael Pondaag
Courtesy of Michael Pondaag

REKOMENDASI BLUSH ON UNTUK KULIT SAWO MATANG 

Berbicara dalam topik masyarakat di Indonesia, cukup banyak kesulitan dalam memilih perona pipi dengan kulit sawo matang. Setelah pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa, kulit sawo matang tergolong dalam warna kulit gelap dan dasar yang netral. Sehingga cocok dengan warna-warna seperti:

1. Fenty Beauty

Courtesy of Fenty Beauty
Courtesy of Fenty Beauty

Cheeks Out Freestyle Cream Blush in Rosé Latte

288,040 rupiah 

fentybeauty.com

2. Glossier

Courtesy of Glossier
Courtesy of Glossier

Cloud Paint in Beam

259,236 rupiah

glossier.com

3. Bobbi Brown

Courtesy of Bobbi Brown
Courtesy of Bobbi Brown

Pot Rouge for Lips & Cheeks in Pale Pink

525,000 rupiah 

sephora.co.id

4. Chanel

Courtesy of Chanel
Courtesy of Chanel

Les Beiges Stick Blush in Blush No 24

797,928 rupiah

chanel.com

5. Nars

Courtesy of Nars
Courtesy of Nars

Cheek Duo Claudette Collection (Limited Edition)

650,000 rupiah

sephora.co.id

6. Dior

Courtesy of Dior
Courtesy of Dior

Rouge Blush - Limited Edition in Coral Fight

647,777 rupiah

dior.com

7. BLP Beauty

Courtesy of By Lizzie Parra
Courtesy of BLP Beauty

Cheek Stain in Cherry Tart

129,000 rupiah

blpbeauty.com

8. Esqa Cosmetics

Courtesy of Esqa
Courtesy of Esqa Cosmetics

Blush in Honolulu

135,000 rupiah

esqacosmetics.com

9. Mineral Botanica

Courtesy of Mineral Botanica
Courtesy of Mineral Botanica

Blush On in Sugar Plum

49,900 rupiah

mineralbotanica.com

10. Benefit Cosmetics

Courtesy of Benefit Cosmetics
Courtesy of Benefit Cosmetics

Rockateur Blush

530,000 rupiah

sephora.co.id

11. Make Over

Courtesy of Make Over
Courtesy of Make Over for All

Blush On Single in Cruise Coral

95,000 rupiah

makeoverforall.com

12. Wardah Beauty

Courtesy of Wardah Beauty
Courtesy of Wardah Beauty

Wardah Exclusive Blush On in Rosy Pink

61,000 rupiah

wardahbeauty.com

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of Michael Pondaag [email protected], Fenty Beauty, Glossier, Bobbi Brown, Chanel, Nars, Dior, BLP, Esqa, Benefit Cosmetics, Make Over, Wardah Beauty)