Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Segala Informasi Tentang 5 Destinasi Super Prioritas yang Perlu Anda Ketahui

Kemenparekraf telah menyatakan destinasi ini merupakan bagian dari "10 Bali Baru".

Segala Informasi Tentang 5 Destinasi Super Prioritas yang Perlu Anda Ketahui

Mari mengenal 5 Destinasi Super Prioritas yang memperlihatkan keindahan alam Indonesia.

Pastinya kita semua membutuhkan yang namanya refreshing. Mungkin bahkan sebagian dari Anda telah merencanakan untuk liburan sejak awal Covid-19 telah merajalela. Baik yang memiliki minat berlibur ke pantai, gunung, kuliner, menjelajahi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi, ataupun kembali ke destinasi yang berulang kali telah didatangi.

Bagi Anda yang menyukai suasana pantai sekaligus keramaian, pastinya Bali merupakan kunjungan wajib setiap tahun, bukan? Tempat wisata yang indah, kuliner yang nikmat, dan banyaknya aktivitas hiburan yang sangat menyenangkan, selalu membuat Anda merasa kangen untuk mengunjunginya.

Namun, tanpa disadari banyaknya minat berlibur ke Bali, menutup mata Anda semua untuk mengeksplorasi keindahan alam Indonesia. Banyak sekali tempat selain Bali yang tidak kalah menakjubkan, bahkan lebih indah. Karena hal tersebut, Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menyelengarakan program "10 Bali Baru", berisikan Destinasi Super Prioritas yang nantinya tidak hanya akan menjadi daya tarik wisatawan, tetapi juga untuk menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif Tanah Air.

Untuk Anda yang belum pernah mengunjungi 5 Destinasi Super Prioritas ini, tenang saja, karena di bawah ini Bazaar telah mengumpulkan beberapa aktivitas dan rekomendasi penginapan yang dapat memaksimalkan pengalaman kunjungan Anda. 

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Courtesy of kemenparekraf.go.id
Courtesy of kemenparekraf.go.id

Pernahkah Anda mendengar cerita legenda mengenai seorang pemuda bernama Toba yang memancing ikan berwarna emas? Itulah kisah legendaris yang katanya merupakan "awal mula" terbentuknya nama Danau Toba. Danau ini diperkirakan terbentuk dari letusan gunung api supervolacano yang dapat mengeluarkan magma minimal 300 km kubik saat meletus 74 ribu tahun yang lalu, menurut Gunung Api Purba Toba. Hasil letusan tersebut menghasilkan daya tarik alam yang luar biasa di Sumatera Utara dengan panjang 100 km dan lebar 30 km, serta kedalaman berkisar pada 500 meter dan ketinggian permukaan sekitar 900 meter.

Kini, Danau Toba menjadi tempat sempurna untuk bersantai, menenangkan diri, dan melepas penat karena keindahannya yang memesona. Selain panorama danau yang luar biasa, Anda juga dapat melihat pemandangan bukit di sekitarnya. Tak hanya itu, Danau Toba juga sudah dinyatakan sebagai danau vulkanik terbesar di dunia dan terdapat 7 etnis budaya yang melingkari danau.

  • Aktivitas: bermain canoe di area danau, mengunjungi beberapa air terjun (seperti air terjun Sipiso-Piso dan Binangalom), menjelajahi sumber air panas, dan trekking (Pusuk Buhit), mempelajari budaya Sumatera Utara, mengunjungi pulau Samosir, dan mengunjungi desa-desa bersejarah.
  • Kuliner khas: Naniura, Mie Gomak, Sambal Tuktuk, Daun Ubi Tumbuk, dan Ikan Arsik.
  • Tempat inap: Taman Simalem Resort Lake Toba (estimated rate from: 1,200,000 rupiah per kamar semalam)

Courtesy of Taman Simalem Resort Lake Toba
Courtesy of Taman Simalem Resort Lake Toba

Courtesy of Taman Simalem Resort Lake Toba
Courtesy of Taman Simalem Resort Lake Toba

Courtesy of Taman Simalem Resort Lake Toba
Courtesy of Taman Simalem Resort Lake Toba

Terletak di atas awan dengan lahan seluas 206 hektar, Taman Simalem adalah tempat peristirahatan bagi ketenangan situasi hati. Ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, udara sejuk dan segar langsung membuat Anda merasa nyaman dan pemandangan Danau Toba dari kamar, akan membuat Anda merasakan relaksasi yang mendalam.

Resor pegunungan ini dibangun untuk menciptakan cara baru dan unik untuk hidup secara holistik, dengan pertanian organik, kebun buah-buahan, perkebunan teh dan kopi, dan berbagai akomodasi yang memungkinkan pengunjung dengan alam. Tersedia juga beberapa fasilitas seperti flower nursery, paintball, mountain biking, lapangan golf, dan aktivitas seru lainnya.

tamansimalem.com

2. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Courtesy of thrithot@123RF.com
Courtesy of [email protected]

Destinasi satu ini merupakan tujuan idaman berlibur kebanyakan orang akhir-akhir ini, selain Bali. Labuan Bajo yang sangat dikenal dengan wisata Taman Nasional Komodo, ternyata kini telah menjadi Ibu kota Kabupaten Manggarai Barat dan dikembangkan menjadi Kota Labuan Bajo sendiri loh! Asal nama Labuan Bajo itu berasal dari kata Labuan yang miliki arti tempat berlabuh dan Bajo yang diambil dari nama suku Bajo yang merupakan suku dari Sulawesi yang bermukim di pesisir barat Flores. Labuan Bajo juga menjadi gerbang utama untuk menuju Pulau Komodo (satu-satunya habitat asli hewan purba, komodo, di dunia), sebuah tempat yang masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia, New 7 Wonders.

Kota dengan pemandangan memukau ini, akan memberikan Anda pengalaman menelusuri berbagai aktivitas alam yang tidak akan terlupakan. Salah satu yang paling dikenal adalah wisata kapal pinisi yang megah, untuk menjelajahi pulau-pulau yang saling berdekatan.

  • Aktivitas: bertemu komodo (di Pulau Komodo atau Pulau Rinca), trekking di Pulau Padar, menunggu senja dan atraksi ribuan kelelawar di Pulau Kalong, menelusuri keindahan Pink Beach, snorkeling, diving di Manta Point, berlayar naik kapal pinisi, dan menjelajahi Gua Batu Cermin.
  • Kuliner khas: Se'i, Jagung Bose, Nasi Kolo, dan berbagai hidangan laut.
  • Tempat inap: Loccal Collection Hotel (estimated rate from: 1,200,000 rupiah per kamar semalam)

Courtesy of Loccal Collection Hotel
Courtesy of Loccal Collection Hotel

Courtesy of Loccal Collection Hotel
Courtesy of Loccal Collection Hotel

Courtesy of Loccal Collection Hotel
Courtesy of Loccal Collection Hotel

Berlokasi indah di lereng bukit Labuan Bajo, Loccal Collection memberikan pemandangan panorama laut dan pulau-pulau sekitarnya yang tak tertandingi. Sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin berlabuh dan hanya ingin berdiam di tempat inap, menikmati keindahannya. Tak hanya menyediakan aktivitas perjalanan laut, hotel ini juga menyediakan paket jalan-jalan di darat untuk Anda dapat menemukan tempat unik lainnya seperti Bukti Amelia, Bukit Cinta, pasar malam Kampung Ujung, atau hanya bersantai di sekitar pelabuhan laut. 

loccalcollection.com

3. Candi Borobudur, Jawa Tengah

Courtesy of kemenparekraf.go.id
Courtesy of kemenparekraf.go.id

Jika Anda telah menempuh pendidikan sekolah dasar, pasti sudah tahu betul destinasi berikut. Candi Borobudur yang terletak di Yogyakarta, Jawa Tengah, merupakan Candi Buddha terbesar di dunia sejak 750 Masehi dan memiliki 2.672 relief sepanjang 4 km yang menjadikannya sebagai Relief Candi Terpanjang di Dunia. Kemegahannya menjadikan Candi Borobudur dinobatkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia pada 1991, menurut Kemenparekraf. Jika tidak menyukai pantai, danau, ataupun gunung, inilah pilihan destinasi terbaik Anda. Tips terbaik waktu kunjungan Anda berada di sekitar jam buka normal untuk melihat matahari terbit, dan pada jam khusus di sore hari untuk melihat matahari terbenam. Waktunya untuk foto-foto!

  • Aktivitas: bersepeda di sekitar Candi Borobudur, mengunjungi Candi sekitar (Pawon dan Mendut), arung jeram di Sungai Elo, mengunjungi Museum Karmawibangga (mempelajari sejarah dan budaya), menelusuri puncak Putuk Setumbu, berpetualang menggunakan mobil four-wheeled drive ke Gereja Ayam, dan mencoba kerajinan batik.
  • Kuliner khas: Kupat Tahu dan Wedang Kacang
  • Tempat inap: Amanjiwo (estimated rate from: 15,135,537 rupiah per kamar semalam)

Courtesy of Amanjiwo
Courtesy of Amanjiwo

Courtesy of Amanjiwo
Courtesy of Amanjiwo

Courtesy of Amanjiwo
Courtesy of Amanjiwo

Terinspirasi dari warisan tradisi Jawa Kuno, Amanjiwo memastikan seluruh konsepnya akan memberikan pengalaman terbaik tur Borobudur, sesi pribadi dengan pengobatan Jawa, meditasi, perawatan spa, dan masih banyak lagi. Dipanggil dengan sebutan "Jiwa yang Damai", Amanjiwo terletak di lokasi sempurna untuk Anda menjelajahi tempat-tempat bersejarah atau untuk sekadar bersantai. Melengkapi fasilitasnya dengan rotunda tinggi yang menuruni lereng bukit ke kolam renang yang megah.

aman.com/amanjiwo

4. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Courtesy of kemenparekraf.go.id
Courtesy of kemenparekraf.go.id

Menjadi tuan rumah ajang balap dunia MotoGP 2021, Mandalika menjadi destinasi super prioritas berikutnya. Tak jauh dari Bali, kawasan wisata ini tertelak di kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan wilayah seluas sekitar 1,036 hektar menghadap ke Samudera Hindia, potensinya cukup menjanjikan untuk mengangkat sektor pariwisata di sana. Mandalika juga telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014. Sejarahnya, di balik keindahan Mandalika, ada tradisi unik yaitu Bau Nyale, yang dipercaya dibuat untuk mengenang pengorbanan Putri Mandalika pada zaman dahulu.

  • Aktivitas: menjalahi budaya Sasak di Desa Adat Sade, mengunjungi Pantai Kuta Lombok dan Pantai Tanjung Aan, mendaki Bukit Merese, belajar berselancar di Pantai Selong Belanak, dan pergi menonton ajang balap dunia MotoGp.
  • Kuliner khas: Ayam Taliwang, Sate Rembiga, Ayam Rarang, dan Ares.
  • Tempat inap: SIWA Cliffs Villas (price upon request)

Courtesy of SIWA Cliff Villas
Courtesy of SIWA Cliff Villas

Courtesy of SIWA Cliff Villas
Courtesy of SIWA Cliff Villas

Courtesy of SIWA Cliff Villas
Courtesy of SIWA Cliff Villas

Pemandangan laut mewah dan Gunung Rinjani yang dibangun secara berkelanjutan ini adalah bagian tujuan utama SIWA untuk menyambut Anda. Terletak tinggi di atas kota tepi laut Kuta, Lombok Selatan, menyajikan tampilan secara keseluruhan dari Mandalika. Memiliki lokasi strategis hanya dengan menempuh 15 menit perjalan mobil menuju Mandalika International Street Circuit dan dilengkapi dengan Clifftop Club, Restaurant, Fitness & Wellness, dan koleksi villa mewah dengan 2 atau 3 kamar tidur.

siwacliffs.com

5. Likupang, Sulawesi Utara

Courtesy of kemenparekraf.go.id
Courtesy of kemenparekraf.go.id

Dengan luas area 197,4 hektar, Likupang diprediksi akan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara hingga 162 ribu atau 16 persen melebihi target, pada 2025 mendatang. Berjarak 48 km dari Kota Manado, destinasi ini juga merupakan salah satu wisata bahari dengan panorama bawah laut yang indah. Pasir putih yang cantik dan laut biru jernih, sangat cocok bagi Anda pecinta laut. KEK Likupang direncanakan akan dibangun berbagai atraksi dan fasilitas menarik seperti Marina Club, Waterpark, Sailing Club, Retail Area, Sport Arena, Desa Wisata, Wallace International Conservation Resort and Marine Park.

  • Aktivitas: menelusuri keindahan Pulau Gangga, melihat panorama sunset di Pulau Lihaga, menjelajahi alam liar Hutan Mangrove Sarawet, mengunjungi Desa Bahoi, snorkeling, dan diving.
  • Kuliner khas: Bubur Tinutuan, Lalampa, Panada, dan Cakalang Fufu.
  • Tempat inap: Gangga Island Resort & Spa (estimated rate from: 5,448,800 rupiah per kamar semalam)

Courtesy of Gangga Island Resort & Spa
Courtesy of Gangga Island Resort & Spa

Courtesy of Gangga Island Resort & Spa
Courtesy of Gangga Island Resort & Spa

Courtesy of Gangga Island Resort & Spa
Courtesy of Gangga Island Resort & Spa

Terletak di dasar bukit yang tertutup perhutanan, dengan pantai pasir putih yang dikelilingi oleh taman pohon tropis. Dilengkapi dengan menawarkan berbagai aktivitas laut, dan juga beberapa tur lainnya seperti Tangkoko Tour, Highland Tour, dan Volcano Trekking. Setelah beraktivitas sepanjang hari, Anda dapat meluangkan waktu relaksasi dengan berbagai macam pilihan spa yang telah disediakan.

ganggaisland.com

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of Kemenparekraf, Taman Simalem Resort Lake Toba, Loccal Collection Hotel, Amanjiwo, SIWA Cliff Villas, Gangga Island Resort & Spa, [email protected], [email protected], [email protected], [email protected])