Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tulus Merilis Lagu Terbaru Berjudul Ingkar

Pandemi tidak menghalanginya untuk tetap berkarya.

Tulus Merilis Lagu Terbaru Berjudul Ingkar
Courtesy of TulusCompany

Menjadi seorang musisi pastinya ingin selalu mengeluarkan dan membuat kreasi-kreasi terbaru yang dapat menginspirasi orang banyak, begitulah yang dilakukan oleh penyanyi dan pencipta lagu Tulus.

Telah banyak meraih penghargaan bergengsi Tanah Air, terus menjadi motivasinya untuk memberikan yang terbaik. Pemilik nama lengkap Muhammad Tulus Rusydi yang menamatkan studinya di Universitas Katolik Parahyangan, baru-baru ini kembali merilis lagu terbarunya berjudul Ingkar. Bersama dengan Ari Renaldi, produser yang telah menghasilkan banyak karya luar biasa yang tak terlupakan bersama Tulus membangun aransemen dan berkolaborasi bersama Erwin Gutawa, komponis Indonesia yang legendaris.

Courtesy of TulusCompany
Courtesy of TulusCompany

Telah dirilis resmi pada tanggal 13 Agustus 2021, karya ini merupakan pembukaan sebelum melangkah ke bulan September tahun ini, yang akan menjadi tahun ke-sepuluh perjalanan musik Tulus. Lagu ini juga merupakan tanda bahwa proses karya album berikutnya yang telah dimulai. Karya ini juga dirilis bersama dengan video Tulus menyanyikan langsung lagu Ingkar, di depan sebuah instalasi seni. Berkolaborasi dengan Bandu Darmawan, seorang perupa multimedia. Kolaborasi yang sangat luas, di tengah ruang gerak yang sedang sempit.

Courtesy of TulusCompany
Courtesy of TulusCompany

Bersamaan dengan perilisan lagu ini, Tulus juga berbagi sedikit cerita perjalanan awal terciptanya Ingkar di unggahan akun Instagram miliknya. Pria kelahiran 20 Agustus 1987 itu menuliskan, "September 2019, Bang Yoseph Sitompul beride melodi lagu. Melodi yang kemudian memancing terciptanya lirik pada Oktober 2019. Lagu ini kemudian dibawa ke studio. Mengalami perubahan formasi, dan diolah sedemikian rupa oleh Bang Ari Renaldi. Kolaborasi pun berlanjut dengan dibangunnya aransemen orkestra oleh Om Erwin Gutawa pada 2021. Bangga dapat bekerja sama dengan semua. Sedang jarang bertemu, tapi syukurnya ide tidak ikut jarang bertamu. Hari ini, Ingkar, dirilis. Bila lagu ini bersuara di hati teman-teman, tentu saja seluruh talenta yang terlibat di dalam proses pembuatannya akan turut senang. Terima kasih. #TULUSIngkar." Dan saat ini lagu Ingkar sudah dapat Anda temukan di berbagai toko musik digital. 

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of TulusCompany)