Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Fakta Jang Ki Yong, yang Mengawali Karier Sebagai Seorang Model

Sudahkah mengenal wajah baru di industri hiburan korea selatan satu ini? Yuk cari tahu!

15 Fakta Jang Ki Yong, yang Mengawali Karier Sebagai Seorang Model
Courtesy of Instagram @juanxkui

Pastinya bagi Anda penggemar drama Korea, mulai sering mendengar nama dan wajah dari Jang Ki Young bukan? Oh tentu, sekarang dirinya telah memerankan beberapa tokoh utama di drama Korea yang menjadi topik hangat seperti Search: WWW, Born Again, dan yang terbaru My Roommate Is a Gumiho. Wajahnya yang rupawan telah banyak menghibur dan akan membuat Anda tergila-gila.

Namun, karena masih tergolong wajah baru di dunia hiburan Korea Selatan, mungkin Anda belum mengetahui bahwa dirinya memulai kariernya bukan sebagai aktor. Untuk mengenal dan mengetahui informasi Jang Ki Yong lebih dalam, mari simak beberapa fakta tentang dirinya, yang perlu Anda ketahui di bawah ini.

Courtesy of Instagram @juanxkui
Courtesy of Instagram @juanxkui

1. Jang Ki Yong lahir pada 7 Agustus 1992 di kota Ulsan, Korea Selatan. Itu berati, ia baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-29. Dan miliki zodiak Leo yang miliki karakteristik percaya diri dan shio Monyet yang humoris, benar tidak ya?

2. Memiliki tinggi ideal seorang model yaitu 187cm. Tidak heran dalam beberapa reality show dan K-drama, dirinya terlihat sangat tinggi.

3. Lulusan Seokyeong University dengan jurusan seni pertunjukan. Pendidikannya memang sudah mencakup keahlian dan keinginannya masuk dalam bidang akting dan merambah ke dunia model.

Courtesy of Instagram @juanxkui
Courtesy of Instagram @juanxkui

4. Memulai karier menjadi seorang model pada tahun 2012, dengan runway pertamanya di koleksi musim semi/panas General Idea 2012, Seoul Fashion Week. Tak hanya itu, karier modelnya juga masih berlangsung hingga sekarang, di mana ia sempat menjadi model iklan Guess Korea, Giordano, NEPA, Nivea Man Korea, Fahrenheit dan lainnya. Hingga di tahun 2020 dipercaya untuk menjadi wajah dari Lab Series, merek skincare pria milik The Estée Lauder Companies.

Courtesy of Instagram @juanxkui
Courtesy of Instagram @giordanokr

5. Debut akting pada tahun 2014, dengan judul K-drama pertama, It's Okay That's Love. Drama romansa dengan pemain utama Jo In-sung sebagai Jae-yeol dan Gong Hyo-jin sebagai Ji Hae-soo.

 6. Namanya mulai dikenal di drama My Mister, bersama IU. Walaupun hanya menjadi peran pendukung pada drama tersebut, ternyata proyek itu bukanlah pekerjaan pertamanya bersama IU. Jong ki Yong telah muncul dalam dua video musiknya yang berjudul The Red Shoes dan Friday. Tidak heran wajahnya sedikit tidak asing.

Courtesy of YouTube 1theK
Courtesy of YouTube 1theK

7. Melalui drama Come and Hug Me, dirinya mendapatkan penghargaan Best New Actors di ajang penghargaan bergengsi, Baeksang Arts Awards. Drama tersebut merupakan drama pertama dirinya menjadi tokoh utama di industri film.

8. Langsung dikontrak dengan enam judul secara berturut-turut. Sejak penghargaanya, mulai di tahun 2019 hingga saat ini ia sudah banyak memerankan tokoh utama drama seperti Kill It, Search: WWW, Born Again, My Roommate Is a Gumiho, dan yang akan segera tayang di November 2021, Now, We Are Breaking Up.

9. Menghadiri acara-acara merek mewah dunia, seperti Dior musim gugur/dingin 2019, yang juga dihadiri oleh beberapa selebriti Korea lain, salah satunya Jisoo Blackpink.

Courtesy of Instagram @fahrenheit.official
Courtesy of Instagram @fahrenheit.official

10. Akan melakukan wajib militer pada 23 Agustus mendatang. Sayang sekali bagi Anda yang baru saja mengikuti Jong Ki Yong, terpaksa harus menunggu dirinya selesai militer yang kemungkinan akan berlangsung selama kurang lebih dua tahun. Tapi jangan khawatir karena ia...

11. Sedang menjalani proses syuting Now, We Are Breaking Up bersama Song Hye Kyo. Sebelum melakukan wajib militer, ia sekarang sedang mempersiapkan syuting dramanya yang terbaru. Dengan perannya sebagai tokoh utama Yoon Jae-gook, drama ini akan menceritakan kisah cintanya dengan seorang wanita di dalam dunia industri fashion.

12. Sempat dikabarkan berkencan dengan lawan mainnya Lee Hye-ri di My Roommate Is a Gumiho. Karena kedekatannya yang dibagikan pada akun Instagram masing-masing, banyak 'pengikuti' keduanya berasumsi bahwa mereka tengah memiliki hubungan yang lebih dari rekan kerja. Namun, YG Entertaiment belum ada memberikan pernyataan apapun terhadap hubungan keduanya. Apalagi Hyeri sendiri juga menunjukkan ia masih berpacaran dengan Ryu Jun Yeol. Apakah nantinya Jang Ki Yong dan Song Hye Kyo juga akan dekat? 

Courtesy of Instagram @juanxkui
Courtesy of Instagram @juanxkui

13. Tidak hanya akting dan menjadi seorang model, Jang Ki Yong juga pandai bernyanyi. Ia beberapa kali telah bernyanyi untuk lagu OST drama yang ia bintangi seperti Your Eyes di The Liar and His Lover dan juga Pradise Tree di Come Hug Me.

14. Cemas berbicara sendiri dengan seseorang, ia mengaku dirinya adalah seorang introvert. Namun, sepertinya ia sudah memiliki solusi akan hal tersebut, karena sekarang ia telah menjadi sosok yang luar biasa di bidangnya.

15. Pernah jadi model untuk  Remake video musik PSY, Gentleman, sekaligus merupakan sebuah proyek pemotretan majalah Korea di tahun 2013. Terdiri dari beberapa klip dirinya bersama dengan rekan model lainnya, mengenakan pakaian jas berbeda sambil berdansa ala PSY. Di sinilah Anda bisa melihat sisi konyol Jang Ki Yong yang menggemaskan.

Courtesy of YouTube keumjaya
Courtesy of YouTube keumjaya

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of Instagram @juanxkui, @giordanokr, @fahrenheit.official, YouTube 1theK, keumjaya)