Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rekomendasi Film Indonesia yang Perlihatkan Keindahan Indonesia dari Sabang Hingga Merauke

Tanpa berpergian di tengah masa pandemi ini, Anda tetap bisa melihat betapa indahnya Indonesia melalui film-film ini lho!

Rekomendasi Film Indonesia yang Perlihatkan Keindahan Indonesia dari Sabang Hingga Merauke

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun Indonesia ke-76 yang akan datang, lebih seru jika kita menunggu hari tersebut dengan menonton film-film Tanah Air yang memperlihatkan betapa menakjubkannya alam yang kita miliki.

Seringkali pastinya dari Anda, memiliki keinginan untuk berpergian ke luar negeri dan tidak menyadari bahwa banyak orang luar negeri justru ingin berkunjung ke negara kita. Oleh karena itu, mari simak beberapa film yang telah dikurasi Bazaar dan simpan destinasi Anda untuk tujuan perjalanan liburan di hari nanti!

1. 5cm

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Hubungan persahabatan yang telah bersama kembali setelah selama tiga bulan berpisah karena merasa "jenuh" terhadap hubungan mereka. Kehidupan mereka berlima, tentunya mengubah mereka untuk menjalani kehidupan di depan lebih baik dari sebelumnya. Untuk merayakan pertemuan mereka berlima kembali, lima sahabat ini merencanakan perjalanan impian mereka yang penuh tantangan. Sebuah perjalanan yang sangat asik serta berkesempatan untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih di puncak gunung tertinggi Jawa, yaitu Gunung Mahameru, pada tanggal 17 Agustus. Setiap rintangan yang ada mereka lewati demi menggapai impian. Lihat trailer disini.

2. KING

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Mimpi seorang anak bernama Guntur, untuk meraih keinginan dan cita-citanya menjadi seorang juara bulu tangkis sejati. Ayahnya merupakan seorang komentator bulu tangkis antar desa yang juga bekerja sebagai pengumpul bulu angsa, untuk dijadikan bahan pembuatan shuttlecock. Film yang melakukan proses syuting di daerah seperti Kawah Ijen, Wonosobo, Bondowoso, dan Situbondo ini, pada akhirnya telah mendapatkan beberapa penghargaan Festival Film Bandung dan Festival Film Indonesia. Lihat trailer disini.

3. Banda The Dark Forgotten Trail

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Sebuah film dokumenter panjang yang menceritakan perseteruan bangsa-bangsa akibat rempah-rempah pada abad pertengahan, di mana saat itu segenggam "pala" di anggap lebih berharga dari satu peti emas. Pembantaian massal dan perbudakan juga terjadi pertama kali di Nusantara tepatnya di Kepulauan Banda. Selain memperlihatkan semangat kebangsaan dan identitas, film ini juga memperlihatkan budaya dan alam Kepulauan Banda. Lihat trailer disini.

4. A Perfect Fit

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Film terbaru dari Netflix ini, menceritakan dua orang individu yaitu Saski dan Rio yang terjebak dalam rasa saling suka sebelum keduanya menyadari hal tersebut. Namun, banyak konflik yang menerpanya saat Rio berusaha memenangkan hati Saski, seperti perselisihan antara tradisi dan modernitas yang berperan penting dalam kehidupan Saski. Mereka hanya bisa menjalankannya dan tidak bisa merubah apa yang telah terjadi. Anda akan disuguhi dengan pemandangan cantik khas Pulau Dewata, dan juga potongan-potongan adegan yang memperlihatkan kebudayaan Bali dan Makasar. Lihat trailer disini.

5. Laskar Pelangi

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Pasti sebagian besar dari Anda sudah mengetahui film legendaris ini. Laskar Pelangi menceritakan tentang sebuah gedung sekolah yang sangat kurang layak digunakan berlokasi di desa Gantong, Pulau Belitung. Sekolah bernama SD Muhammadiyah ini adalah satu-satunya tempat untuk anak-anak di desa itu bersekolah. Namun, sayangnya SD ini terancam ditutup dan memberikan syarat bahwa harus ada minimal 10 orang anak, agar sekolah ini tidak ditutup. Seluruh orang yang terlibat dalam sekolah tersebut kemudian berusaha untuk membuat hal tersebut terwujud dengan cara lain. Lihat trailer disini.

6. Romeo + Rinjani

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Kisah romansa Romeo dan sang kekasih Raline, yang tengah mengalami gangguan dengan adanya sosok wanita bernama Sharon. Romeo yang merupakan seorang fotografer freelance sedang menjalankan tugasnya untuk menyelesaikan kontrak kerjanya mengambil foto di Gunung Rinjani. Tak disangka, dirinya ternyata dijebak oleh Sharon dengan jeratan perangkap binatang sehingga harus bermalam pada sebuah pohon di sekitarnya. Lihat trailer disini.

7. Susah Sinyal

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Cerita sebuah Ibu dan anak, Ellen dan Kiara, yang tidak begitu harmonis pergi berlibur ke Sumba karena sebuah masalah baru yang muncul. Setelah liburan tersebut sedikit membantu kedekatan dari keduanya, kasus besar langsung datang yang membuat Kiara marah besar dan kabur. Ellen pun berusaha menyusul dan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Lihat trailer disini.

8. Ada Apa Dengan Cinta 2

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Sosok wanita bernama Cinta yang memiliki suatu hubungan spesial di tahun 2006 dengan seorang pria bernama Rangga, yang selesai tanpa penjelasan yang jelas. Pada suatu waktu Cinta memutuskan untuk pergi berlibur ke Yogyakarta bertemu tiga sahabatnya, sambil menikmati suasana Kota Gudeg tersebut. Namun, secara tak terduga dua sahabat Cinta yaitu Karmen dan Milly tidak sengaja melihat keberadaan Rangga di jalanan Yogyakarta. Pada awalnya Cinta bertekad untuk tidak menemuinya, tetapi takdir berkata lain. Lihat trailer disini.

9. Negeri Dongeng

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Merupakan film dokumenter yang mengisahkan tujuh tokoh muda Indonesia yang melakukan pendakian ke tujuh puncak gunung tertinggi di Nusantara antara lain, Gunung Kerinci, Gunung Semeru, Gunung Bukit Raya, Gunung Rinjani, Gunung Latimojong, Gunung Binaia, dan Gunung Jayawijaya. Menggambarkan akan budaya kebersamaan, gotong royong, toleransi, empati, dan juga semangat anak bangsa dalam perjalanan mendaki. Lihat trailer disini.

10. Trinity Traveler

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Kisah perjalanan seseorang yang memiliki hobi travelling bernama Trinity, yang bertekad untuk mencari jodoh ketika seluruh keinginannya sudah terpenuhi. Sebagai traveler, Trinity juga menuliskan seluruh pengalaman menjelajahnya di sebuah blog miliknya. Setelah dirinya memutuskan untuk mengunjungi berbagai negara bersama sepupu dan kedua temannya. Ia justru dihadapi dengan pilihan antara pekerjaan, hobi, serta kisah cintanya dengan Paul, seorang fotografer dan traveler yang ia temui di perjalanan. Lihat trailer disini.

11. Di Timur Matahari

Courtesy of IMDb
Courtesy of IMDb

Film ini menceritakan sebuah desa di Papua, yang mengunggu kehadiran seorang guru untuk dapat mengajar para anak-anak di desa tersebut. Namun, sebuah kejadian mengubah semua itu semua saat salah satu Ayah dari anak bernama Mazmur terbunuh oleh Joseph, Ayah dari anak lainnya. Pertikaian antar desa mulai dan akan melaksanakan hukum adata, di mana Joseph harus membayar denda atau menerima balas dendam dari pihak korban. Lihat trailer disini.

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of IMDb)