Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inspirasi OOTD untuk Merayakan Hari Ulang Tahun Indonesia

Persiapkan diri Anda untuk selebrasi HUT RI!

Inspirasi OOTD untuk Merayakan Hari Ulang Tahun Indonesia

Perayaan hari raya 17 Agustus akan segera tiba, tidak lengkap rasanya jika tidak berbusana merah di hari terpenting Tanah Air.

Tak terasa waktu berjalan sangat cepat di tengah pandemi ini, dan Indonesia akan merayakan ulang tahunnya kembali (kali ini yang ke-76). Sudah menjadi tradisi sebagai warga negara yang Bhinneka Tunggal Ika, kita pastinya akan bersama-sama merayakan hari terpenting ini, yang hanya muncul satu kali dalam setahun.

Merah putih merupakan bendera kebanggaan kita dan hal tersebut menjadi alasan mengapa lebih sempurna merayakannya dengan berbusana merah. Namun, mengingat dunia sedang dilanda virus Covid-19 dan khususnya Jakarta dan beberapa daerah lainnya sedang menjalani PPKM, pastinya Anda tidak memiliki waktu cukup untuk datang ke toko pakaian dan memilih dengan leluasa.

Oleh karena itu, Bazaar telah mengumpulkan beberapa padu padan busana merah, kreasi selebriti Tanah Air yang dapat Anda curi untuk ide atau inspirasi. Dan sebagian besar mungkin sudah Anda miliki, di lemari pakaian Anda.

Simak tampilannya di bawah ini!

1. Blazer & Pleated Skirt

Courtesy of Instagram @tatjanasaphira
Courtesy of Instagram @tatjanasaphira

Bagi Anda yang menyukai tampilan smart look, padu padan ini cocok untuk Anda. Satu set blazer dan rok lipit bermotif kotak dan dipadukan dengan dalaman santai serta ikat pinggang untuk melengkapinya. Untuk menambah semangat merah putih, Anda bisa menggantikan dalaman kaos ataupun bandaeu berwarna putih untuk tampilan yang lebih chic. Tak hanya itu, jangan lupa riasan wajah dan aksesori merah untuk lebih meriah.

2. Collar Dress

Courtesy of Instagram @isyanasarasvati
Courtesy of Instagram @isyanasarasvati

Pilihan busana gaun kotak-kotak berkerah, akan membuat Anda terlihat menghabiskan waktu lebih untuk tampil, namun tidak pada nyatanya. Anda hanya perlu memadukannya dengan sepasang sabuk dan sepatu bot serasi, serta mengambil aksesori merah untuk hiasan kepala yang sesuai dengan selera fashion sendiri.

3. Flowy Dress

Courtesy of Instagram @lunamaya
Courtesy of Instagram @lunamaya

Merasa gaun sebelumnya terlalu ekstra? Anda dapat memilih model ini. Dengan bahan bermotif merah putih yang tipis dan flowy, akan membuat hari terasa lebih santai dengan tetap merayakan 17 Agustus. Jika diperlukan, Anda dapat menambahkan dalaman berlengan untuk menyesuaikan kenyamanan. Untuk melengkapi tampilan, kenakan sandal laced up agar tampilan terlihat lebih feminin. 

4. Long Outer

Courtesy of Instagram @yurayunita
Courtesy of Instagram @yurayunita

Masih seputar bahan flowy, yang satu ini dapat dipadukan dengan dalaman favorit Anda. Ambil atasan dan celana berwarna putih, lalu hanya dengan luaran panjang berwarna merah, Anda sudah siap untuk mengguncang hari raya kemerdekaan.

5. Workout Outfits

Courtesy of Instagram @kelly_tandiono
Courtesy of Instagram @kelly_tandiono

Merayakan hari kemerdekaan tidak hanya terpaku dengan acara semi-formal (mungkin formal) makan bersama di rumah atau upacara. Untuk yang menyukai olahraga dan tidak memiliki acara, Anda dapat menggunakan busana ini, seperti mungkin berkeliling naik sepeda, jogging di komplek perumahan pribadi, ataupun hanya bersantai menonton di kamar, karena busana ini akan membuat Anda sangat nyaman.

6. Local Craft Fabric

Courtesy of Instagram @claurakiehl
Courtesy of Instagram @claurakiehl

Jika Anda bosan dengan busana dominasi merah, Anda dapat berkreasi dengan menggunakan kain kerajinan lokal Indonesia. Seperti salah satu contohnya yang dikenakan oleh Cinta Laura saat ia berkunjung ke Sumba. Walaupun tidak didominasi dengan warna merah, namun busana ini tetap dapat menyuarakan kebanggaan kita sebagai warga negara Indonesia dengan begitu banyaknya suku dan budaya.

7. Kebaya Modern

Courtesy of Instagram @raisa6690
Courtesy of Instagram @raisa6690

Kebaya merupakan salah satu busana yang selalu dikenakan oleh wanita pada zamannya. Sekarang, dengan perkembangan zaman sudah banyak sekali modernisasi dalam pakaian termasuk kebaya. Menggunakan busana ini akan membuat tampilan Anda sangat elegan bak Putri Solo. 

8. Casual Oversized

Courtesy of Instagram @agnezmo
Courtesy of Instagram @agnezmo

Di tengah masa pandemi ini, pastinya bagi Anda yang memiliki selera fashion tomboi, sangat malas untuk berpenampilan dengan gaun ataupun kebaya. Oleh karena itu, untuk tetap memiliki jiwa persatuan dalam merayakan 17 Agustus, Anda dapat mengambil jaket oversized favorit, celana jeans (warna biru), topi beanie, dan sepatu yang dominan warna merah ataupun putih. 

9. Scarf

Courtesy of Instagram @putrimarino
Courtesy of Instagram @putrimarino

Syal leher adalah penolong. Terkadang mungkin sebagian dari Anda, tidak memiliki koleksi baju berwarna merah di lemari pakaian. Namun, Anda tetap bisa memberikan sentuhan merah pada tampilan, dengan mengambil syal kesayangan. Hanya dengan melingkarinya pada leher, Anda tidak akan merasa tertinggal. 

10. Mask

Courtesy of Instagram @najwashihab
Courtesy of Instagram @najwashihab

Ini adalah hal terpenting pada masa pandemi. Anda tidak perlu berbusana ekstra jika tidak menginginkannya. Menggunakan pakaian yang nyaman untuk diri sendiri yang penting tetap memakai masker bernuansa merah putih, sudah cukup membuktikan bahwa diri Anda peduli akan bangsa ini dan tetap ikut serta merayakan hari besar Tanah Air.

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Tevia Andriani, Foto: Courtesy of Instagram @tatjanasaphira, @isyanasarasvati, @lunamaya, @yurayunita, @kelly_tandiono, @claurakiehl, @raisa6690, @agnezmo, @putrimarino, @najwashihab)