Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inspirasi Fashion Y2K yang Jadi Tidak Kuno dan Tidak Akan Membosankan

Mari kita mengenang kembali akhir tahun 1990-an dan awal tahun 2000.

Inspirasi Fashion Y2K yang Jadi Tidak Kuno dan Tidak Akan Membosankan

Bagi yang lahir pada tahun akhir 1990-an sampai awal 2000, pasti sudah pernah merasakan langsung mengenakan busana fashion berkonsep Y2K.

Untuk Anda yang mengerti siklus perputaran tren fashion, tentu menyadari bahwa hal ini akan terjadi, dan bahkan sebagian besar para fashionista sudah pernah menerapkannya. Itu berarti, tren fashion tersebut cukup menjanjikan serta mampu membuat tampilan menjadi unik dan chic dikarenakan memberikan aksen vintage atau antik. Y2K dapat diartikan sebagai The Year 2000, yang sebenarnya sebelum ini tidak digunakan sebagai bahasa di dunia fashion.

Sehingga secara tidak langsung fashion Y2K adalah sederet busana yang pada zamannya digemari dan sangat sering dikenakan pada era tersebut. Namun, tidak semua dari tren ini masih benar-benar mengikuti persis sehingga tampak kuno. Faktanya, banyak dari barang-barang tersebut sudah dikreasikan kembali untuk menyesuaikan zaman ini.

Mari simak kumpulan inspirasi di bawah ini, apa saja tren fashion Y2K yang paling sering terlihat sampai sekarang.

1. Kalung Chocker

Courtesy of Instagram @lunamaya
Courtesy of Instagram @lunamaya

Pada zamannya, kalung yang menempel pada leher ini dikenal dengan warna khas hitam dengan rantai, atau sekadar benang nylon yang dikepang. Jika Anda mengenakannya dulu, Anda akan digolongkan sebagai orang yang memiliki selera fashion gothic. Namun, seiring berjalannya waktu, tren yang cukup banyak dikenakan sekarang sudah di kreasikan ulang dengan bahan-bahan yang lebih menarik. Seperti yang dikenakan Luna, kalung tersebut terlihat lebih manis dan elegan dengan sentuhan batu kristal yang berkilau.

2. Bahan Fur

 

Courtesy of Instagram @kendalljenner
Courtesy of Instagram @kendalljenner

Bahan fur yang dimaksud adalah seperti tas yang dikenakan Kendall. Pada masanya tren ini muncul bukan untuk tas, melainkan rok panjang atau gaun . Dengan bulu-bulunya yang panjang membuat tampilan busana menjadi unik di tahun 1990-an (ada juga digunakan untuk dililitkan di leher lho). Sekarang bahan ini terlihat lebih banyak digunakan untuk tas dan sedikit aksentuasi pada busana.

3. Bandana

Courtesy of Instagram @olivialazuardy
Courtesy of Instagram @olivialazuardy

Dari bermotif hingga polos, aksesori kepala ini sedang sangat menjadi incaran tampilan para penggemar fashion. Banyak juga dari ajang peragaan busana seperti Paris Fashion Week, telah menerapkan tampilan ini pada runway-nya. Mulai dari Dior, Alexander Wang, hingga Hermès. Tampilan ini juga cukup terkenal saat Jennifer Lopez mengenakannya dan mendokumentasi momen itu bersama P Diddy pada ajang karpet merah Video Music Awards. Jadi, sudah dapat dipastikan jika Anda mengenakan aksesori rambut ini, Anda tidak akan merasa tertinggal.

4. Body Chain

Courtesy of Instagram @jennierubyjane
Courtesy of Instagram @jennierubyjane

Mulai dari Christina Aguilera, Britney Spears, hingga Rihanna, pernah mengenakan tren ikonis ini. Aksesori yang mengelilingi lingkar tubuh Anda ini, sangat memberikan kesan seksi pada tampilan. Beberapa variasi telah tersedia sesuai selera, bahkan salah satunya yang sangat tipis dengan sedikit manik-manik seperti yang dikenakan Jennie. Jika tidak ingin mengeluarkan uang lebih, Anda juga dapat menggunakan ikat pinggang berbentuk unik untuk dijadikan body chain.

5. Tas Baguette

Courtesy of Instagram @ayladimitri
Courtesy of Instagram @ayladimitri

Jika Anda sedang berjalan di tempat perbelanjaan atau tempat-tempat dengan lingkungan yang berkelas, pasti Anda  akan melihat tas model ini. Ya, betul sekali, tas jinjing ini menjadi salah satu tren yang sedang sangat marak sekali digunakan oleh para penggemar fashion. Bentuknya yang mungil membuat tampilan sederhana namun tetap up to date. Tas ini kebanyakan memiliki model persegi panjang dengan tali kulit, itu membuat para perancang busana mencari ide untuk membuat baguette ini menjadi lebih menarik. Salah satunya, Louis Vuiton, ia membuat tas baguette berbentuk tabung dengan rantai serta penutup tas yang lebih aman.

6. Gaun Bermotif

Courtesy of Instagram @dualipa
Courtesy of Instagram @dualipa

Sebelum adanya tren Y2K, bagi para Gen Z pastinya yang sering melihat Ibunya mengenakan daster bermotif untuk di rumah, tidak akan tertarik untuk menggunakannya. Tetapi sekejap, sekarang semuanya seakan-akan mencarinya. Motif atau pola merupakan sesuatu pada zamannya, hampir semua aktris tampil dengan busana bermotif. Dan sepertinya hal tersebut sekarang terulang kembali dan membuat dunia fashion menjadi lebih berwarna dan seru.

7. Aksesori Manik-Manik

Courtesy of Instagram @alikaislamadina
Courtesy of Instagram @alikaislamadina

Kembali pada aksesori masa kecil. Anda semua para wanita, pastinya pernah menggunakan atau bahkan membuat aksesori ini saat kalian masih kecil kan? Jangan berbohong! Karena Anda bisa terlihat keren lagi sekarang dengan kalung, gelang, anting, tali gantung ponsel, dan lainnya, yang pernah Anda miliki sekaligus mengenang kembali masa kecil Anda. Ini juga dapat menjadi salah satu aktivitas yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang di rumah aja, sehingga nanti jika sudah waktunya untuk keluar rumah, Anda sudah siap terlihat menawan dengan aksesori baru.

8. Celana Panjang Kaki Lebar

Courtesy of Instagram @evacelia
Courtesy of Instagram @evacelia

Semua orang pada jamannya pasti memiliki setidaknya satu pasang celana panjang model ini dengan bahan kain, jeans, dan lainnya. Celana ini sekilas memberikan tampilan mom looks bagi Anda yang mengenakannya, tetapi itulah yang dicari bagi para penggunanya. Dengan tampilannya yang sangat vintage, celana ini juga membuat kaki Anda terlihat lebih ramping.  

9. Topi Bucket

Courtesy of Instagram @bellahadid
Courtesy of Instagram @bellahadid

Untuk tren satu ini, pastinya Anda sudah tahu sendiri, karena sebenarnya topi ini tidak pernah hilang dari dunia fashion. Topi yang bulat yang miliki proteksi lingkaran yang kecil ataupun besar (lebar), tetap disebut dengan topi bucket. Jadi, tren ini sebenarnya sudah ada dimana-mana, Anda bisa menemukannya di taman olahraga, pantai, atau pusat perbelanjaan sekalipun. Sangat praktis dan sederhana tapi tetap akan memberikan sebuah tampilan untuk Anda.

10. Sandal Flatform

Courtesy of Instagram @nazlaalifa
Courtesy of Instagram @nazlaalifa

Bosan dengan sandal jepit Anda? Gantikanlah dengan sandal flatform ini. Pada dasarnya, semua sandal memang memiliki alas yang datar, tetapi sandal ini akan terasa lebih nyaman digunakannya jika harus dibandingkan dengan sandal jepit. Dengan sendal yang mencengkram kaki Anda dari banyak sisi, membuat setiap langkah menjadi terasa mulus. Tak hanya itu, menggunakan sandal ini juga dapat membuat tampilan Anda stabil karena akan menjadi feminin namun sedikit tomboi. 

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Tevia Putri, Foto: Courtesy of Instagram @lunamaya, @kendalljenner, @olivialazuardy, @jennierubyjane, @ayladimitri, @dualipa, @alikaislamadina, @evacelia, @bellahadid, @nazlaalifa)