Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Titi Radjo Padmaja Mengajak Anda untuk Berkontemplasi Lewat Musik

Hubungan renungan dan self-love dari kejujuran Titi Radjo Padmaja.

Titi Radjo Padmaja Mengajak Anda untuk Berkontemplasi Lewat Musik
Cuplikan Klip Titi Radjo Padmaja - Leave and Goodbye

Titi Radjo Padmaja baru saja melansir single terbarunya, setelah lama terakhir kalinya ia merilis karya di industri musik Indonesia. Dari berbagai karya yang ia simpan dan hasilkan selama ini, ia akhirnya menjatuhkan pilihan untuk membagikan lagu yang bertajuk Leave and Goodbye. “Dari berbagai lagu yang saya buat selama ini, dan hanya berakhir saya simpan untuk diri saya sendiri. Akhirnya saya memilih lagu ini untuk saya bagikan, karena saya merasa lagu ini memiliki relevansi paling pas untuk saya saat ini,” ungkapnya.

Artwork Titi Radjo Padmaja - Leave and Goodbye
Artwork Titi Radjo Padmaja - Leave and Goodbye
 

Tak banyak yang familier dengan kiprah Titi di dunia tarik suara, apalagi ia terkenal sebagai musisi yang mendalami instrumen drum. Sebelumnya Titi aktif menjadi komposer musik, pengisi latar musik (film scorer) seperti dalam Laskar Pelangi, sekaligus aktris yang telah merintis karier sejak usia belia. 

Video klip Leave and Goodbye diproduksi oleh Davy Linggar
Video klip Leave and Goodbye diproduksi oleh Davy Linggar

Lagu baru Titi yang berjudul Leave and Goodbye mengisahkan tentang proses seseorang saat meninggalkan sesuatu yang ia cintai di tengah kehidupan yang dinamis. Di dalam lagu ini, Titi mengajak para pendengar untuk masuk ke dalam dunia perenungannya, sebab ia menganggap selalu akan ada hal indah lainnya yang kerap ditemukan sesaat setelah seseorang merelakan sesuatu dengan lapang dada. 

Suasana perjalanan melukiskan kontemplasi dalam Leave & Goodbye
Suasana perjalanan melukiskan kontemplasi dalam Leave and Goodbye
 

Leave and Goodbye dalam konteks ini adalah meninggalkan sesuatu, seseorang, barang, pekerjaan yang kita cintai. Jadi, misalnya kenapa kita menginggalkannya karena ingin refleksi diri. Karena kalau misalnya kita berdua dengan orang yang kita cintai atau barang yang kita cintai, kita begitu fokus dengan mereka sehingga terbagi. Jadi ada kebutuhan untuk meninggalkan barang atau orang tersebut untuk fokus kepada diri sendiri. Supaya kita tidak sibuk dengan fokus ke sesuatu yang kita cintai terus, sampai lupa kepada diri sendiri,” jelas musisi tersebut. Di dalam perenungan Titi, ia juga menyadari bahwa cinta itu mempunyai banyak bentuk, sekali pun dalam bentuk meninggalkan, merelakan, dan mengikhlaskan.

 

Lagu ini sangal personal bagi Titi, terutama karena ia membuatnya dengan kejujuran dan insting personal. Di dalam lagu ini, ia tak hanya berperan sebagai pelantun lagu, tetapi ini juga pertama kalinya ia merangkap seorang diri menjadi produser dan komposer. Dalam hal penulisan lirik, Titi tidak hanya menuliskan seorang diri, melainkan ia memercayai Petra Sihombing untuk turut serta dalam penulisan lirik dalam karyanya. 

Salah satu scene dalam klip Leave and Goodbye
Salah satu scene dalam klip Leave and Goodbye
 

Dalam karya kontemplatif yang dirangkai dengan jujur oleh Titi Radjo Padmaja, pergi tak harus berarti benci, tetapi mencintai dan menemukan diri.

 

Foto: Courtesy of Titi Radjo Padmaja