Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Penampilan Fashion Paling Ikonis di Film dari Masa ke Masa

Penampilan di layar lebar yang memberikan banyak kenangan sepanjang masa.

Penampilan Fashion Paling Ikonis di Film dari Masa ke Masa

Dalam setiap film klasik Hollywood, Anda akan menemukan banyak gaun-gaun menawan yang dikenakan para aktris. Mulai dari gaun emas yang dikenakan Vanessa Bell Calloway dalam film Coming to America hingga gaun kuning Natalie Wood dalam film West Side Story, inilah berbagai penampilan dalam film yang ikonis dari masa ke masa.

1. Fay Wray dalam King Kong (1933)


Meski karakter yang diperankan Fay Wray berada dalam situasi yang menegangkan, gaun putih dengan tampilan neckline hati yang dikenakan sang aktris telah menjadi penampilan yang lekat dalam film King Kong lainnya. 

2. Jean Harlow dalam Dinner at Eight (1933)


Aktris ternama Hollywood, Jean Harlow, berperan sebagai Kitty Packard dalam Dinner at Eight ketika ia tampil memesona dengan gaun sutra dilengkapi dengan syal bulu. Mungkin penampilan ini juga dapat dikenakan Jean selepas memerankan Kitty.

3. Katharine Hepburn dalam Bringing Up Baby (1938)

Dalam sebuah film yang melibatkan Katharine Hepburn dan macan tutul sebagai hewan peliharaan, penampilan gaun emas berbahan lame yang dikenakan sang aktris bukanlah sebuah hal yang mengejutkan. Ia menambah penampilannya dengan kerudung tipis dilengkapi bordir berwarna emas yang akan selalu menjadi penampilan ikonis dari Bringing Up Baby.

4. Vivien Leigh dalam Gone with the Wind (1939)


Vivien Leigh mengenakan berbagai busana yang menakjubkan ketika memereka Scarlett O’Hara dalam film Gone with the Wind, tetapi siapa yang dapat melupakan gaun yang dibuat dari tirai milik Tara? Gaun hijau tua berbahan beludru ini menjadi salah satu penampilan terbaiknya dalam film ini.

5. Ingrid Bergman dalam Casablanca (1942)


Ingrid Bergman adalah gambaran perempuan cantik tahun 1940-an dalam film Casablanca. Namun, penampilan kasualnya mengenakan sepasang blus dan rok putih yang dilengkapi dengan bros terbuat dari berlian menjadi penampilannya yang paling berkesan. Lalu, dialog, “Here’s looking at you, kid.” Dialog yang ikonis.

6. Rita Hayworth dalam Gilda (1946)


Untuk memerankan sosok Gilda dalam film tahun 1940-an ini, Rita Hayworth mengenakan gaun hitam tanpa lengan berwarna hitam dilengkap dengan sarung tangan sepanjang siku. Film ini memperkenalkan nama Rita ke ranah baru, meski sang aktris selalu disandingkan dengan perannya dalam film sebelumnya.

7. Elizabeth Taylor dalam A Place in the Sun (1951)


Elizabeth Taylor dikenal dengan gaya busananya yang glamor, termasuk karakter yang ia perankan. Dalam adegan utamanya dalam A Place in the Sun dengan Montgomery Clift, sang aktris mencur perhatian dengan gaun berbahan tule tanpa lengan dilengkapi corak floral.

8. Marilyn Monroe dalam Gentlemen Prefer Blondes (1953)


Penampilannya dalam Gentlemen Prefer Blondes adalah salah satu dari banyak penampilan ikonis Marilyn. Ketika ia menyanyikan lagu Diamonds Are a Girl’s Best Friend dalam film, sang aktirs tampil dengan gaun berwarna merah muda cerah dilengkapi sarung tangan dengan warna yang sama.

9. Audrey Hepburn dalam Sabrina (1954)


Ketika karakter Audrey dalam film Sabrina kembali ke rumah yang ia tempati semasa kecil sebagai perempuan yang menawan, ia memberikan penampilan couture yang lebih modern, termasuk gaun bordir berwarna hitam dan putih yang memesona.

10. Grace Kelly dalam Rear Window (1954)


Karakter Grace Kelly sebagai sosialita dalam film arahan Alfred Hitchcock, Rear Window, Lisa Carol Fremont, tampil dengan rangkaian penampilan yang menawan. Namun, penampilannya dalam gaun malam karya Edith Head menjadi gaya ikonisnya dalam film ini. Dalam balutan warna hitam dan putih berlengan pendek dengan garis leher berbentuk V, gaun ini melingkari area pinggang dan memberikan kesan tule pada bagian rok.

11. Dorothy Dandridge dalam Carmen Jones (1954)


Ketika memerankan seorang bintang dalam film Carmen Jones, Dorothy Dandridge menjadi aktris berdarah Afrika-Amerika yang mendapatkan nominasi dalam Academy Award sebagai Aktris Terbaik. Namun 60 tahun kemudian, penampilan cantiknya dalam balutan pakaian hitam dan merah di film berhasil memberikan kesan.

12. Marilyn Monroe dalam The Seven Year Itch (1955)


Mungkin sutradara The Seven Year Itch, Billy Wilder menyadari bahwa ketika ia meminta Marilyn untuk bergaya di lantai kereta bawah tanah, gambar ini akan menjadi salah satu ikonis dalam dunia budaya populer. Marilyn, dengan ekspresi ceria, membiarkan angin meniup gaun putihnya dan filmnya menjadi salah satu film tersukses.

13. Grace Kelly dalam To Catch a Thief (1955)


Meski memerankan seorang perempuan kaya yang tengah berlibur di bagian Selatan Prancis, Grave Kelly berhasil tampil menawan dengan balutan gaun putih berbahan sutra dilengkapi kalung berlian yang menggoda siapa saja untuk memilikinya.

14. Leslie Caron dalam Gigi (1958)


Leslie Caron memberikan sentuhan baru dalam film Gigi yang berhasil membawa pulang piala Oscar pada 1958. Leslie mengenakan gaun off-the-shoulder berbahan sutra dilengkapi bulu hitam di dua sisi gaun. Busana karya desainer Cecil Beaton berhasil menarik perhatian publik sama seperti penampilan musikal di dalamnya.

15. Natalie Wood dalam West Side Story (1961)


Natalie Wood tampil sederhana dalam balutan gaun kuning ketika memerankan Maria dalam West Side Story menjadi bukti bahwa sebuah penampilan tidak selalu harus menambahkan banyak detail untuk memberikan kesan. Gaun ini selalu menjadi gambaran suasana pernikahan Maria dan Tony di dalam film ini.

16. Audrey Hepburn dalam Breakfast at Tiffany’s (1961)


Momen ketika Audrey Hepburn tampil dibalut gaun hitam dan perhiasan mutiara, penampilannya menjadi sebuah ikon klasik. Meski sang aktirs memakai serangkaian penampilan menawan dalam film, kombinasi modern ini menjadi simbol yang berkaitan dengan karakternya, Holly Golightly.

17. Elizabeth Taylor dalam Cleopatra (1963)


Banyak hal yang diingat tentang Cleopatra. Mulai dari kisah cinta Elizabeth Taylor dan lawan mainnya Richard Burton hingga detail set dalam film, serta anggaran yang besar dalam pembuatannya. Namun satu hal yang tidak dapat dlupakan adalah rangkaian kostum yang didesain untuk Elizabeth, khususnya hiasan kepala yang terbuat dari emas 24 karat dan jubah yang ia kenakan ketika mengunjungi Roma.

18. Audrey Hepburn dalam My Fair Lady (1964)


Penampilan menawan Audrey Hepburn lainnya adalah gaun Eliza Doolitte – juga didesain oleh Cecil Beaton – dilengkapi dengan detail renda dalam film My Fair Lady. Mulai dari kerah tingginya hingga detail pita, sulit untuk tidak bernyanyi ketika melihat gaun satu ini.

19. Julie Andrews dalam The Sound of Music (1965)


Meski karakter Julie Andrews, Fräulein Maria, berubah total di sebagian film, penampilan sederhananya dengan gaun hitam berlengan panjang dan celemek bercorak garis tetap sebuah ikon klasik.

20. Sharon dalam Valley of the Dolls (1967)


Dalam satu peran ikonis Sharon Tate, sang aktirs memerankan sosok Jennifer North dalam Valley of the Dolls. Ia banyak mengenakan pakaian tidur dalam film, tetapi gaun berwarna hijau mudanya dalam foto promosi film tersebut menjadi penampilannya yang paling menonjol.

21. Diana Ross dalam Mahogany (1975)


Diana Ross mengenakan rangkaian gaun yang menawan selama membintangi seorang desainer dan model Tracy dalam film Mahogany. Namun, gaun berwarna oranye berbahan sutra dilengkapi dengan bordir dan detail lainnya yang membuat penampilannya ikonis dari masa ke masa.

22. Carrie Fisher dalam Star Wars Episode IV: A New Hope (1977)


Meski gaun Princess Leia satu ini adalah sebuah kostum dibandingkan gaun couture, dengan bahannya yang lemas, lengan yang lebar, dan bagian leher didesain tinggi, penampilannya ini berhasil menjadi tren pada 1970-an, dan memiliki tempat dalam sejarah perkembangan budaya populer.

23. Olivia Newton-John dalam Grease (1978)


Meski bukan rok poodle dan kardigan dalam film Grease, Olivia Newton-John juga mengenakan gaun kuning muda bertali dalam adegan tari hand jive yang terkenal dalam film ini dan gaun ini tetap dapat dipakai pada masa ini.

24. Michelle Pfeiffer dalam Scarface (1983)


Michelle Pfeiffer tampil glamor dengan mengenakan beragam gaun Halston-esque ketika memerankan Elvira Hancock dalam film Scarface. Gaun biru kehijauannya dengan garis lenher yang dalam termasuk dalam penampilan ikonisnya. Busana karaya Patricia Norris yang menghadirkan penampilan sederhana telah menjadi inspirasi mode sejak perilisan film ini di tahun 1983.

25. Jennifer Grey dalam Dirty Dancing (1987)


Mereka berlatih selama musim panas dan penampilannya tidak mengecewakan, ditambah gaun merah muda dipasangkan dengan penampilan serba hitam dari Patrick Swayze – hampir mencuri perhatian. Jadi, apa yang dapat dipelajari? 1) Tidak ada orang yang dapat memojokkan Baby, dan 2) Pilihan gaya Baby perlu banyak dikenal.

26. Vanessa Bell Calloway dalam Coming to America (1988)


Penampilan Vanessa Bell Calloway pada awal film Coming to America sebagai seorang istri atas perjodohannya dengan karakter yang diperankan Eddie Murphy adalah momen yang tidak terlupakan. Mungkin salah satu alasannya adalah gaun mewahnya yang berwarna hitam dengan detail bordir renda berwarna emas.

27. Julia Roberts dalam Pretty Woman (1990)


Banyak sekali momen modis yang muncul dalam film Pretty Woman sehingga penampilan terbaik diberikan kepada momen glamor Vivian dalam balutan gaun off-the-shoulder dengan warna merah terang yang ia kenakan untuk menyaksikan opera.

28. Whitney Houston dalam The Bodyguard (1992)


Apresiasi bagi Whitney Houston yang berhasil memberikan kesan mendalam dengan penampilannya mengenakan gaun halter berwarna hitam. Tentu, dengan menggunakan aksesori untuk memberikan efek, ditambah dengan suara sang penyanyi yang luar biasa, tetapi gaun ini dapat menjadi salah satu gambar glamor kelas tinggi.

29. Alicia Silverstone dalam Clueless (1995)


Gaun yang dikenakan Cher saat kencannya dengan Christian dalam film Clueless menjadi tren minimalis sepanjang dekade. Jaket tipis putih yang juga ia kenakan dengan gaun. Mungkin terkesan membosankan? Tentu tidak!

30. Bette Midler, Goldie Hawn, dan Diane Keaton dalam The First Wives Club (1996)


Mungkin jas putih yang dikenakan ketiga perempuan pada adegan terakhir dalam First Wives Club meninggalkan kesan atau rangkaian tari yang dilakukan. Apapun alasannya, penampilan ketiga aktris ini (termasuk perhiasan mutiara mereka) akan selalu menjadi catatan sejarah.

31. Kate Winslet dalam Titanic (1997)


Gaun yang dikenakan Rose tampak sangat menawan ketika menghadiri makan malam sama seperti momen ketika ia berdansa. Kesuksesan film menjadi salah satu alasan gaun ini menjadi ikonis.

32. Reese Witherspoon dalam Legally Blonde (2001)


Mulai dari resumenya dengan aroma mawar hingga busananya yang serba merah muda, kehadiran Elle Woods menjadi pengingat bahwa merah muda adalah warna yang sempurna. Gaun merah muda terang yang ia kenakan pada rekaman audisinya untuk Harvard Law menjadi penampilan klasik, tetapi seluruh busana dalam film sangatlah berkesan.

33. Jennifer Lopez dalam Maid in Manhattan (2002)


Setelah seseorang salah mengenalinya sebagai salah satu tamu hotel, karakter yang diperankan Jennifer Lopez tampil mewah dalam balutan gaun malam dengan neckline hati dalam film yang dikenang dari masa ke masa.

34. Kate Hudson dalam How to Lose a Guy in 10 Days (2003)


Dengan atau tanpa Isadora Diamond – sebuah perhiasan yang didesain oleh Harry Winston di dunia nyata – gaun satin berwarna kuning yang dikenakan Kate Hudson tampil memukau. Tidak hanya dikenakan saat adegan puncak dari film, tetapi juga muncul dari poster promosi film ini. Gaun ini didesain oleh penata busana dalam film How to Lose a Guy in 10 Days, Karen Patch dan menjadi penampilan yang ikonis.

35. Anne Hathaway dalam The Devil Wears Prada (2006)


Sepanjang film The Devil Wears Prada, terlihat perubahan sosok Andrea Sachs, seorang yang tidak menyukai fashion hingga seorang bon vivant yang mengenakan sepatu bot dari Chanel. Namun penampilannya dalam gaun sutra hitam karya Valentino yang ia pakai saat menghadiri acara Runway menjadi penampilannya yang terbaik dari film ini.

36. Kirsten Dunst dalam Marie Antoinette (2006)


Ketika Sofia Coppola menyatakan akan memproduksi kembali sejarah Raja Louis XVI dan Marie Antoinette, ia mengajak penata kostum Milena Canonero untuk menata seluruh busana yang akan dikenakan Marie Antoinette. Milena yang pernah memenangkan piala Oscar atas karyanya, berhasil memukau para penonton dengan detail kostum dalam setiap adegan,tetapi tidak ada yang lebih ikonis daripada gaun yang dikenakan Marie Antoinette dalam adegan pesta dansa.

37. Anika Noni Rose, Beyoncé Knowles, dan Jennifer Hudson dalam Dreamgirls (2006)


Dreamgirls adalah sebuah film yang terinspirasi dari cerita grup vokal The Supremes dengan label rekaman mereka, Motown. Dengan menghadirkan gaya film di tahun 1960-an, ketiga perempuan mengenakan gaun dengan model seperti putri duyung yang menjadikan cerita film seperti penampilan asli dari The Supremes.

38. Keira Knightley dalam Atonement (2007)


Setelah lebih dari satu dekade setelah Atonement dirilis, gaun hijau yang dikenakan Keira Knightley menjadi salah satu penampilan yang tidak terlupakan. Gaun yang didesain Jacquelin Durran menampilkan gaya tahun 1930-an dan warna terangnya memberikan kesan dramatis yang juga menggambarkan cerita dalam adegan ini.

39. Sarah Jessica Parker dalam Sex and the City (2007)


Setelah lebih dari tiga tahun sejak Carri Bradshaw di Paris, Sarah Jessica Parker kembali dengan gaun karya Manolo Blahnik untuk mengingat karakter populer yang pernah ia perankan. Pakaian yang dikenakan saat adegan pembuka – kini menjadi salah satu perpaduan kontras antara gaun dan jaket hijau ditambahkan sabuk hitam dengan detail tajam, menampilkan gaya Carrie yang terbaik.

40. Sarah Jessica Parker dalam Sex and the City 2 (2010)


Sarah Jessica Parker kembali mengulang memori seperti yang ia lakukan ketika mengenakan gaun ikonis dari Sex and the City, kini ia hadir dengan penampilan ikonis Carrie Bradshaw dalam film Sex and the City 2 yang terbalut gaun dengan gambar koran karya John Galliano.

41. Constance Wu dalam Crazy Rich Asians (2018)


Karakter yang diperankan Constance Wu kembali mengingatkan publik dengan gaun Cinderella ketika ia mengenakan gaun karya Marchesa dalam adegan pernikahan di Crazy Rich Asians. Gaun ini telah didonasikan oleh sang desainer kepada Smithsonian Institution untuk menjaga kelestariannya.

(Penulis: Charlotte Chilton; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Disasur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)