Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Jadikan Gaun Pengantin Kasual Berikut Ini Sebagai Inspirasi

Tak ada salahnya menikah dengan gaun yang tampak kasual, beberapa gaun ini dapat menjadi solusi gaya saat menggelar pernikahan yang intim.

Jadikan Gaun Pengantin Kasual Berikut Ini Sebagai Inspirasi

Dikarenakan pandemi yang terjadi, banyak pernikahan harus tertunda namun banyak juga pihak yang tetap meneruskan pernikahan mereka di tengah pandemi namun dengan hanya mengundang orang-orang terdekat.

Pernikahan yang hanya mengundang sedikit tamu, bukan berarti pernikahan tersebut menjadi kurang meriah karena nyatanya sebelum pandemi terjadi sudah banyak pasangan yang memilih menggelar pernikahan secara intim.

Munculnya pandemi, membuat pernikahan yang berlangsung secara intim melonjak tajam sehingga banyak calon pengantin yang juga ingin menyelaraskan busana pengantin yang mereka kenakan dengan pernikahan intim yang akan mereka selenggarakan.

Bazaar yakin ada beberapa calon pengantin yang sedang mencari inspirasi gaun pengantin terbaik yang tampak lebih rileks serta selaras dengan konsep acara pernikahan yang intim.

Berikut beberapa rekomendasi gaya baju pernikahan yang tampak ringan dan simpel untuk dijadikan bagian dari konsep pernikahan berskala kecil dan pernikahan yang dilangsungkan di ruangan terbuka.

Rock & Roll Bride

Untuk para calon pengantin wanita yang menyukai gaya edgy, gaun pernikahan rancangan Vera Wang berikut dapat dijadikan pilihan gaun yang tak berlebihan namun mengandung unsur rebel sehingga pantas untuk Anda yang tidak ingin tampil terlalu feminin di hari pernikahan.

Gaun tersebut memiliki setiap komposisi gaun pengantin pada umumnya, yakni dari bentuknya yang cantik dilengkapi oleh ekor gaun memanjang hingga ke bagian belakang serta menggunakan bahan taffeta sebagai imbuhan tekstur. Yang membedakan gaun ini dengan gaun pada umumnya, jatuh kepada sematan pita hitam berukuran besar serta jahitan bordir yang menuliskan kata "love" sebagai ungkapan romantis dan tak terduga. Anda pun kemudian dapat memadukan gaun ini dengan sepatu boots yang disertai hak tinggi sebagai sentuhan gaun pengantin beraliran rock 'n roll.


Acler - Moda Operandi/ 2.800.000 rupiah



Architectural Dress

Gaun yang satu ini cocok untuk Anda penyuka arsitektur atau sesuatu yang memiliki proporsi sempurna layaknya sebuah bangunan, gaun rancangan Oscar De La Renta ini dibuat dengan garis desain yang bersih dan minimalis tanpa ada banyak distraksi.

Namun, kesempurnaan siluet dan setiap inci yang presisi menjadikan gaun ini tampak kuat meski tak dibalutkan oleh bebatuan atau bordir yang rumit. Imbuhan flora yang menjadi centerpiece di bagian depan gaun, tampak saling berdampingan dengan penuh harmoni sehingga gaun ini akan membuat siapapun yang mengenakannya tampak berkarisma dan menjadi pusat perhatian. Didesain dengan potongan rok yang mini, gaun ini dapat dijadikan alternatif saat akan melaksanakan pernikahan di luar ruangan.


Alex Perry - Net A Porter / 27.300.000 rupiah




Embroidery Tale

Bagi Anda penyuka detail bordir sekaligus gaun yang tidak terlalu memancarkan aura glamorama yang berlebihan, gaun rancangan Marchesa adalah contoh yang tepat untuk dijadikan pertimbangan. Setiap inci gaun yang disempurnakan dengan lengan bervolume tersebut, dibalutkan oleh teknik bordir yang rumit nan kompleks serta infusi warna merah muda yang manis di bagian bahu dan dada dalam format bunga mawar.

Gaun ini memang tampak sederhana, namun wujudnya yang menghembuskan napas romantis dan feminin melalui detail yang klasik akan menyulap para calon pengantin wanita menjadi tampak manis dan menawan.

Alexis - Moda Operandi / 3.900.000 rupiah



Birds of A Feather Flock Together

Jangan takut untuk menyematkan sesuatu distingtif di gaun pernikahan atau memilih model pakaian yang belum banyak dikenakan oleh banyak orang. Pilih gaun pengantin seperti rancangan Ralph & Russo yang terdiri dari jumpsuit dengan kerah plunge yang dikeliling oleh aksentuasi bulu.

Busana pengantin seperti di atas, dapat menggantikan model busana pengantin dengan efek glamorama seperti pada umumnya. Detail bulu dan penggunaan bahan satin di jumpsuit tersebut, seketika menyeruakkan nuansa glamor khas era 1970'-an.


Monique Lhuillier - Moda Operandi / 32.200.000 rupiah



Mediterranean Wedding

Motif hieroglyphic yang dijahitkan dengan tangan serta disematkan bebatuan sebagai penambah tekstur gaun, membuat gaun ini tampak megah namun ringan secara bersamaan dikarenakan material tulle yang merupakan bahan dasar dari gaun ini. Bentuknya yang mengikuti lekukan tubuh dengan pas serta lengan dropping yang anggun, membuat gaun ini akan tampak sempurna dijadikan sebagai gaun pernikahan di tepi pantai atau di luar ruangan.


Safiyaa - Moda Operandi / 11.000.000 rupiah



Modest Bride

Untuk Anda yang mengenakan hijab, tampilan baju pernikahan beraliran modest seperti rancangan Elie Saab dapat diaplikasikan dengan mengenakan jumpsuit yang didominasi oleh tambahan cape serta celana wide leg sehingga seluruh lekuk tubuh dapat tertutup dengan sempurna dan tampilan hari spesial Anda juga akan tampak distingtif dan mewah.

Kenakan turban lalu injeksikan efek bordir di bagian atasan lalu gunakan kain sutra atau satin yang ringan dan berkualitas untuk tambahan jubah gaun sehingga setiap gerak Anda akan tampak megah dan menawan.


Vanessa Cocchiaro - Net-A-Porter / 7.400.000 rupiah



Glittery Effect

Tak ada salahnya mengupayakan tampilan pernikahan dengan gaya yang sensual dengan memamerkan lekuk tubuh, jadikan gaun lansiran Reem Acra yang berwujud gaun bustier dengan potongan rok mini serta tambahan ekor gaun yang manis dan membuat gaun tersebut tampak pantas untuk dikenakan di hari pernikahan.

Selain itu, nuansa glamorama pada gaun dipancarkan melalui taburan sequins yang akan semakin menjadikan sang pemakai sebagai pusat perhatian di hari istimewanya. Padankan gaun seperti ini dengan tambahan head piece dan stiletto berwarna putih atau sepatu hak tinggi model strap yang akan membuat kaki tampak jenjang.


Rodarte - Moda Operandi / 23.400.000 rupiah



French Fairytale Wedding

Bagi Anda yang lebih menyukai gaun tampak sederhana dan bersih dari berbagai detail dan ornamen, jangan ragu untuk mengenakan gaun seperti rancangan Monique Lhuillier yang menyerap energi konservatif dan klasik yang tak lekang waktu. Meski tampak sederhana, seketika gaun ini akan membuat Anda tampak seperti karakter seorang putri di negeri dongeng atau sosok di dalam lukisan klasik yang bersahaja.

Brock Collection - Moda Operandi / 6.500.000 rupiah



Modern Chic

Satu lagi busana pernikahan rancangan desainer Naeem Khan yang tentu akan menarik perhatian para penyuka gaya edgy dan chic, kemewahan dan nuansa edgy seketika diluapkan oleh padanan jumpsuit yang terbuat dari material bertekstur dan hamparan bebatuan di busana ini. Tambahan kerah di bagian leher dan efek plunge neck akan membuat Anda tampak tangguh di hari pernikahan Anda. Jangan lupa untuk memadankan baju pernikahan Anda dengan aksesori kalung mutiara tumpuk dan sematan batu berlian di telinga untuk mengelevasi tampilan pernikahan yang tak terduga ini.

Temperley London - Net-A-Porter / 14.100.000 rupiah


(Foto: Courtesy of Moda Operandi, Net-A-Porter, Instagram.com/@verawanggang, @naeemkhanbride, @reemacrawedding, @moniquelhuillier, @eliesaabworld, @zuhairmuradofficial, @ralphandrusso, @marchesafashion, @oscardelarenta)