Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Hadirnya Ekshibisi The World of Ghibli di Jakarta

Simak keseruan suasana pameran dari studio animasi yang telah sukses menelurkan sejumlah film ikonis dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

Hadirnya Ekshibisi The World of Ghibli di Jakarta

Lewat rangkaian film yang berperan besar dalam membentang imajinasi, Studio Ghibli berhasil meninggalkan impresi yang melekat pada hati pencinta film animasi, di Indonesia dan di berbagai belahan dunia.

Dari plot cerita mengharukan, karakter lucu nan menggemaskan, hingga pesan tersembunyi tentang makna hidup sesungguhnya. Selain itu, atensi publik pun terfokus pada intrikasi detail yang diusung di tiap-tiap filmnya.



Instalasi Ponyo


Realisasi dari karakter dan latar yang terdapat di dalam sejumlah film garapan studio asal Jepang tersebut akan diwujudkan dalam bentuk instalasi kreasi anak negeri, tentunya dengan supervisi dari pihak Studio Ghibli. 

Selain dapat melihat dari dekat, beberapa instalasi yang dipamerkan di grand ballroom The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place pun mengusung sejumlah fungsi sehingga menjadi hiburan interaktif untuk para pengunjung yang hadir. 

Instalasi yang terdapat meliputi My Neighbor Totoro, Spirited Away, Howl's Moving Castle, Kiki's Delivery Service, Princess Mononoke, Ponyo, Porco Rosso, dan Castle In The Sky.



Instalasi Porco Rosso


Meski sudah lama tidak menelurkan film baru, para penggemar setia dari Studio Ghibli ini terus mencari cara untuk melestarikan dan memperkenalkan studio film yang diprakarsai oleh Hayao Miyazaki itu kepada publik. Hal ini kemudian menjadi alasan utama dari diadakannya ekshibisi The World of Ghibli di Jakarta.

Pameran yang akan diadakan dari awal bulan Agustus hingga pertengahan September tersebut dilansir sebagai ekshibisi dengan skala terbesar yang pernah diadakan di Asia Tenggara, bahkan dunia. 


Instalasi Howl's Moving Castle



Instalasi Robot Laputa dari film Castle In The Sky



Instalasi dari film Castle In The Sky


Sebuah kolaborasi seni dengan lima seniman Tanah Air pun dicanangkan untuk membangun antusiasme penggemar Studio Ghibli di Indonesia yang telah mengantisipasi hadirnya acara ini sejak lama.

Dikurasi oleh Arian13, kelima seniman yang terdiri dari Rukmunal Hakim, Citra Marina, Mayumi Haryoto, Shane Tiara, dan Kemal Ezedine ini diminta untuk melukis tokoh Ghibli favorit mereka di atas mobil Toyota Sienta.



Totoro karya Citra Marina



Princess Mononoke karya Shane Tiara



Kiki's Delivery Service karya Rukmunal Hakim



Spirited Away karya Mayumi Haryoto



Ponyo karya Kemalezedine


(Foto: Harry Subastian & Courtesy of Ghibli)