Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tips Sukses untuk Para Desainer Fashion Pemula

Bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan fashion, berikut sejumlah tips untuk Anda.

Tips Sukses untuk Para Desainer Fashion Pemula

Bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan formal desain fashion di berbagai wadah edukasi, berikut beberapa tips yang tepat agar Anda bisa berhasil di industri fashion baik tanah air ataupun internasional.


Punya kemampuan yang baik

Sebagai desainer pemula jangan takut untuk mencoba. Baik secara produksi, tema ataupun marketing, karena hampir semua desainer atau brand yang sukses saat ini melewati fase trial and error. Yang paling penting adalah meningkatkan kemampuan dalam desain, pemilihan bahan, dan pengerjaan bisa membuat Anda selangkah maju mencapai kesuksesan.


Perbanyak teman, rekan, dan kolega

Sepertnya tips ini penting bukan hanya untuk seorang desainer fashion namun semua bidang karier. Bagi desainer fashion, kedekatan terhadap klien, awak media, fashion stylist, public figure, buyer, supplier, dan sesama desainer menjadi bagian yang perlu diperhatikan.

Tanpa pendekatan pada pekerja-pekerja tersebut, sebaik apapun hasil karya Anda tentu akan sulit diterima khalayak. Sebagai contohnya, desainer Indonesia seperti Biyan dan Tex Saverio yang hasil rancangannya digunakan pesohor Indonesia seperti Dian Sastro, Adinia Wirasti, dan Bunga Citra Lestari.

Dian Sastrowardoyo dan Adinia Wirasti mengenakan busana Biyan.

Bunga Citra Lestari mengenakan busana Tex Saverio

Atau langsung bermain di pasar internasional seperti Peggy Hartanto dan Jeffry Tan yang busananya sudah digunakan oleh Zendaya, Michelle Williams, Chanel Iman, dan masih banyak lagi

Zendaya mengenakan busana karya Jeffry Tan

Busana Peggy Hartono yang dikenal akan karakter cutting-nya.

 

Punya ciri khas yang akan terus dikenang

Keberhasilan sebuah brand ataupun seorang desainer akan terus dikenang jika mempunyai ciri khas yang membuat khalayak ingat dengan rancangannya.

Contohya gaya street look seperti Demna Gvasalia dari Vetements,

 

futuristis dan edgy ala Nicolas Ghesquiere dari Louis Vuitton,

 

gaya kekinian dengan warisan budaya yang kental seperti koleksi Dries Van Noten,

 

atau minimalis seperti rancangan Raf Simons yang kini hadir di Calvin Klein.

 

Menjunjung originalitas

Dengan tema yang tepat, garis rancang yang sesuai dan mood koleksi yang memesona pasti akan membuahkan hasil yang baik. Sebisa mungkin untuk membuat semua items dari koleksi Anda merupakan buah karya yang Anda pikirkan matang.

Haram hukumnya untuk menjadi pengikut atau menduplikasi items atau produk dari brand yang sedang ternama atau sedang laku dipasaran. Mengapa? Karena sebagai seorang yang mengaku desainer fashion, tentu harga diri dan nama baik menempel pada produk yang Anda buat. Jika plagiat terjadi, tentu khalayak merasa Anda bukanlah seorang desainer yang baik.

 

(Foto: Dok. Instagram, Daniele Oberrauch/Imaxtree.com, Andrea Adriani/Imaxtree.com, Alessandro Lucioni/Imaxtree.com)