Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ketahui Manfaat Planking untuk Pria

Tidak ada lagi alasan untuk malas pergi ke gym!

Ketahui Manfaat Planking untuk Pria
(Foto: Courtesy of Pexels, Gustavo Fring)

Olahraga planking bukan sesuatu yang baru, namun mungkin banyak yang belum mengetahui manfaatnya. Selain praktis dan bisa dilakukan di mana saja, termasuk kediaman sendiri baik indoor atau outdoor, aktivitas ini juga memiliki banyak dampak positif bagi Anda yang melakukannya dengan benar dan secara rutin. Tak hanya secara fisik, namun mental.

Berikut beberapa manfaat utama dari planking yang dapat Anda peroleh.

  • Memperkuat Core 

Walaupun mungkin terlihat simpel, planking nyatanya sangat berguna untuk memperkuat otot inti, atau yang sering dijuluki core. Dengan teknik napas dan posisi yang benar, planking menjadi bentuk olahraga sempurna untuk mengembangkan dan memperkuat otot-otot core yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda, beberapanya menghindari cedera dan menopang tulang punggung.

Dengan ini, planking secara langsung meningkatkan stabilitas dan koordinasi tubuh Anda, alhasil meningkatkan performa Anda untuk olahraga lainnya agar lebih efisien dan optimal.

(Foto: Courtesy of Pexels, Anastasia Shuraeva)
  • Meningkatkan Metabolisme

Bukan sekadar membakar lemak dan kalori lebih cepat, aktivitas planking juga efektif dalam meningkatkan proses metabolisme secara keseluruhan, termasuk membersihkan racun-racun, meningkatkan penyerapan gizi, serta regulasi produksi hormon yang seimbang.

  • Menjaga Kesehatan Mental

Semua elemen dari poin sebelumnya tentu berkontribusi secara fisik, namun nyatanya juga mental. Dengan kadar gizi dan regulasi hormon yang baik dan teratur, Anda cenderung akan memiliki mood yang lebih baik. Dengan mood yang terjaga, Anda akan memiliki kejelasan pikiran dan sudut pandang yang lebih jelas, maka juga lebih mudah untuk berinteraksi dengan sekitar Anda serta memiliki cara pandang lebih luas dan jangka panjang. 

(Foto: Courtesy of Pexels, Ksenia Chernaya)
  • Memperbaiki Postur Tubuh

Dengan core yang kuat, postur tubuh Anda juga akan cenderung membaik. Aktivitas planking yang melibatkan otot-otot inti seperti panggul dan bahu akan menunjang otot-otot lainnya, alhasil postur tubuh yang tegak. Dengan postur tubuh yang baik, Anda tidak hanya terlihat lebih ramping dan jenjang, namun juga menjaga posisi tulang guna menunjang kinerja sistem pencernaan, pernapasan, dan sistem saraf yang optimal.

Not to mention meningkatkan rasa percaya diri Anda ketika berjalan dan menavigasi kesibukan sehari-hari.

  • Menjadi Solusi Sakit Punggung

Dampak postur tubuh yang baik juga akan meringankan nyeri punggung bagi Anda yang sering mengalaminya. Meng-engage otot-otot inti via planking nyatanya memiliki dampak positif pada tulang dan ligamen pada bagian punggung, menguatkannya agar tetap sejajar dan kuat, siap menopang beban dan aktivitas sehari-hari agar tidak mudah sakit atau cedera.

(Foto: Courtesy of Pexels, Airam Datoon)
  • Meningkatkan Vitalitas

Olahraga rutin dan benar secara general terbukti meningkatkan energi dan stamina Anda. Bagi kaum pria, memperkuat otot-otot inti juga akan berdampak positif untuk aktivitas intim. Selain performa tinggi, otot inti yang kuat juga menjauhkan pria dari cedera punggung yang sering terjadi saat melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi.