Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inilah Tampilan Kaum Elite di Era '80-an

Spektrum baru Didi Budiardjo dalam menyorot masa puncak ketenaran mode.

Inilah Tampilan Kaum Elite di Era '80-an

Didi Budiardjo menyemarakkan kembali sensasi fashion era '80-an yang terinspirasi dari suasana istimewa Café de la Paix, di mana memori nostalgia sang desainer akan penampilan para sastrawan, sineas, musisi, hingga bintang film pada masa itu tampak begitu akbar.

Ia yang saat itu sedang mengusung studi mode di Ateliers Fleuri-Delaporte, menjadi saksi mata keindahan suasana dan cara berpakaian para kaum tersohor tersebut, juga kawasan (sekitar kafe), Boulevard des Capucines dan Place de l'Opera, memang merupakan titik temu mereka. Visualisasi dan pengalaman itu ia kerap kunjung lagi dan lagi kala di Paris, yakni kini turut diterjemahkan dalam rancangan koleksi 2023 berwarna kontras nan atraktif dengan elemen-elemen fenomenal khasnya.

Gaya personal tamu-tamu dari zaman sebelumnya membuahkan tema koleksi bertajuk Café Society, meliput pula gaya sejumlah ikon dunia sebagai kesatuan yang paripurna. Di antaranya adalah Lady Diana, Grace Jones, Karl Lagerfeld, dan Madonna.

Bisa dibilang besutan glamorama era ini belum terulik sepenuhnya oleh Didi Budiardjo. Maka muncullah siluet bahu tegas, lengan balon, bubble skirt, motif polkadot maupun floral bernuansa vivid.

Setiap langkah dinamis para model di atas landasan pacu pada ruangan show berlatarkan seperti arena disko, menampilkan piawai craftsmanship dan pilihan fabric yang mewah (termasuk vintage collection pribadi) perancang mode Tanah Air ini. 

Foto: Courtesy of Didi Budiardjo. Cover Layout: Tevia Putri