Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

4 Tipe Jam Tangan yang Perlu Diketahui Setiap Pria

Mulai dari aktivitas olahraga hingga tampilan elegan untuk pesta.

4 Tipe Jam Tangan yang Perlu Diketahui Setiap Pria

Menjadi salah satu aksesori esensial bagi setiap pria, wujud jam tangan juga mencerminkan kepribadian serta prioritas dan gaya hidup setiap penggunanya. Simak 4 model jam tangan dengan keunikan dan keunggulannya masing-masing untuk menjadi pertimbangan Anda ketika berinvestasi dalam membeli jam tangan selanjutnya! 

Dress Watch

Patek Philippe Calatrava 6119R, Cartier Tank Must Extra Large, Omega De Ville Tresor

Seperti namanya, dress watch adalah wujud jam tangan yang biasa dipadankan dengan tampilan dressy cenderung formal atau black tie seperti suit dan tuxedo.

Secara general, dress watches memiliki tampilan klasik dengan dial yang cenderung subtil, case tipis dengan material prima seperti platinum, emas 18K, dan ornamentasi berlian. Dari segi desain dan warna, dress watches sangat beragam mulai dari yang minimalis hingga sarat intrikasi, dengan case bulat ataupun yang persegi panjang, dari palet kulit netral hitam dan cokelat hingga yang vibran seperti merah dan hijau.

Ada juga pemanfaatan kulit eksotis seperti crocodile dan lizard untuk tampilan leather band yang mewah dan elegan, pada umumnya di antara 18 hingga 22mm. Selain kualitas tertinggi, daya pikat dress watch adalah kemampuannya untuk menyesuaikan beragam tampilan pribadi. Dress watch juga dapat dikenakan dengan sepasang jeans dan T-shirt putih guna mengelevasi tampilan rileks dan kasual sehari-hari. 

Sport Watch 

Garmin Forerunner 955, TAG Heuer Connected Sport Edition, Montblanc Summit 3 Smartwatch

Wujud sport watch menjadi aksesori utama banyak pria yang memiliki gaya hidup aktif dan kesibukan tinggi. Esensi sebuah sport watch adalah fitur-fiturnya yang mengedepankan fitness tracking seperti jumlah langkah serta detak jantung saat beraktivitas olahraga mulai dari berlari, berenang, bersepeda, hingga hiking.

Untuk ini, mayoritas sport watch juga didesain dinamis dengan sentuhan atletis, dilengkapi dengan fitur water dan dirt proof untuk setiap aktivitas outdoor. That being said, banyak juga wujud jam tangan dengan fitur sport watch yang dikemas lebih luks atau street untuk disesuaikan dengan tampilan penggunanya yang lebih versatile.

Smart Watch 

Apple Apple Watch Series 8, Samsung Galaxy Watch Active 2 Smartwatch, Garmin Instinct Outdoor Watch

Dengan perkembangan teknologi, distingsi sport watch dengan smart watch semakin tipis. Bisa dibilang mayoritas sport watch kala kini memiliki fitur-fitur basic smart watch pada umumnya.

Namun jika sport watch memiliki esensi desain durable untuk beragam aktivitas serta fitur tracking, smart watch pada dasarnya mengutamakan unsur teknologi terdepan dan integrasi perangkat seluler lainnya guna praktikalitas optimal seperti menerima telepon, navigasi via GPS, ataupun membuat catatan, merekam suara, hingga mengirim pesan dan surel dari jam tangan Anda.

Dari segi estetis, wujud smart watch sangat beragam, mulai dari pemanfaatan material konvensional hingga yang sporty seperti karet silikon, aluminium, dan nylon.

Luxury Watch

Rolex Yacht-Master Titanium, Breitling Navitimer B01 Chronograph 43 Boeing 747, Tudor White Dial GMT

Wujud luxury watch bisa dibilang sangat beragam, dan memiliki keunikan masing-masing yang kerap menyorot sejarah dan latar belakangnya, mulai dari dunia penerbangan, balap, hingga militer.

Yang menjadi kebanggaan sosok jam tangan luxury adalah pemanfaatan material termewah dengan teknik kerja tangan presisi yang tidak terbandingkan, serta kesan ekslusifitas dan simbol status yang mendampingi penggunanya saat dibalut dengan lingkar luks model jam tangan ini.

Luxury watches juga menjadi sebuah aset investasi tinggi bagi pemiliknya, dikarenakan value nya yang akan tetap konsisten, atau bahkan menjulang tinggi, sebab ketersediaannya yang sangat terbatas dan tidak terus diproduksi. 

(Foto: Courtesy of Rolex, Breitling, Tudor, Apple, Samsung, Garmin, Tag Heuer, Mont Blanc, Patek Philippe, Cartier, Omega)