Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Metafora dan Fantasi di Presentasi Koleksi Sebastian Gunawan Signature 2023/2024

Kala desainer Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese menggabungkan detail glamorama kehidupan menjadi satu kesatuan koleksi yang menawan.

Metafora dan Fantasi di Presentasi Koleksi Sebastian Gunawan Signature 2023/2024

Setiap tahunnya, Sebastian Gunawan dan Cristina Panarese tak pernah lelah menghubungkan setiap inspirasi-inspirasi yang mereka lihat menjadi satu kesatuan koleksi busana yang didedikasikan untuk para wanita. Benang merah yang kerap mereka jadikan pendekatan untuk karya-karya rancangan mereka adalah unsur glamorama. Kali ini, keduanya mengambil inspirasi dari detail-detail di kehidupan mereka, pemikiran-pemikiran yang disusun menjadi metafora akan suatu kejadian lantas mereka terjemahkan untuk disambungkan menjadi siluet-siluet gaun yang kemudian mereka persembahkan di koleksi Sebastian Gunawan Signature 2023/2024 bertajuk "Metaphor".

Mengambil tempat di Grand Ballroom Hotel Mulia Jakarta, Sebastian Gunawan Signature membuka presentasinya dengan sebuah ansambel two pieces berupa atasan dan rok boxy bertekstur yang didesain dengan proporsi tegas dengan permainan ilusi volume ekstra besar pada pinggul.

Kemudian diikuti dengan gaun bustier dari material yang sama dengan siluet geometrik yang modern dan clean.

Untuk koleksi Metaphor, Sebastian dan Cristina menyajikan deretan gaun-gaun malam dan gaun cocktail yang tentunya setiap incinya telah melalui proses savoir faire khas Sebastian Gunawan Signature yang apik. Permainan material seperti silk crepe, taffeta, ada juga jacquard, hingga tulle dipersembahkan dalam formasi gaun-gaun dengan leher high neck, V, hingga kerah sabrina yang feminin. Ada pula gaun dengan detail untaian fringe, salah satunya terdapat pada gaun hitam dengan bagian torso yang meliputi teknik cut out.

Hal baru yang menonjol pada koleksi ini terlihat kala para model memperagakan busana motif tartan yang didesain menjadi gaun malam model bustier hingga ansambel hybrid yang menunjukkan setelan jas dan celana yang ditumpuk oleh rok siluet lonceng mengembang dengan motif tartan.

Spektrum warna cerah dengan imbuhan motif floral kemudian hadir dengan injeksi hiasan bulu yang feminin dalam bentuk gaun panjang. Motif vibran lainnya dituangkan pada gaun cocktail model strapless dengan semburat rona oranye yang hangat. Setiap ansambel di koleksi ini menghadirkan unsur dramatis yang subtil dan elegan. Ada banyak permainan kerah dan eksplorasi atasan yang memamerkan bagian kulit diimbangi dengan eksplorasi garis leher dengan bahu tertutup seperti cape, jaket, atau atasan berlengan puff yang romantis.

Unsur koleksi yang vibran dan banyak memainkan spektrum warna kali ini, semakin menekankan optimisme Sebastian Gunawan Signature untuk terus menjadikan para wanita yang mengenakan rancangannya agar selalu melihat sisi cerah di setiap kejadian di kehidupan mereka. Seluruhnya diharmonisasikan lewat busana ciptaannya yang indah dan elegan. Berikut adalah beberapa ansambel terbaik di koleksi ini yang mencuri perhatian BAZAAR.

(FOTO: Courtesy of Sebastian Gunawan)