Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

16 Serum Antioksidan Terbaik untuk Semua Jenis Kulit!

Bisa bantu mencerahkan kulit dan mencegah penuaan dini.

16 Serum Antioksidan Terbaik untuk Semua Jenis Kulit!

Dari sinar UV hingga polusi udara, serta kebiasaan dan gaya hidup yang buruk, semuanya dapat menyebabkan pembentukan radikal bebas yang akhirnya bisa mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Untungnya, ada serum yang mengandung antioksidan terbaik yang dapat membantu mengembalikan kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Tetapi, apa itu antioksidan untuk wajah? Menurut James Y. Wang, MD, dokter kulit bersertifikat, antioksidan adalah molekul yang mampu menetralkan efek radikal bebas, yang bisa Anda dapatkan secara alami dari metabolisme dan makanan, atau secara buatan dari produk skincare

Anda mungkin sudah mengenal tentang beberapa jenis antioksidan paling populer dalam perawatan kulit, ini termasuk niacinamide, vitamin C, vitamin E, dan retinol (vitamin A). Faktanya, menurut Harvard University's T.H. Chan School of Public Health, ada ratusan bahkan ribuan jenis antioksidan di luar sana. 

Antioksidan bekerja dengan membantu menenangkan peradangan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif dan radikal bebas, sekaligus menguatkan skin barrier agar tetap sehat dan mampu melindungi kulit dari kerusakan. 

Dengan mengaplikasikan serum antioksidan untuk wajah, itu dapat membantu memperbaiki dan mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. 

Berikut beberapa serum antioksidan terbaik rekomendasi Bazaar untuk semua jenis kulit.

1. Lancôme Advanced Genifique Sensitive Dual Concentrate

(sephora.co.id)


Tidak hanya satu, tetapi dua jenis antioksidan di dalam serum Advanced Genifique Sensitive Dual Concentrate dari Lancome, yakni vitamin E dan ferulic acid. Keduanya dapat membantu memperbaiki kulit dan melindungi kulit dari penuaan dini dan masalah kulit lainnya yang disebabkan oleh stres oksidatif dan radikal bebas, seperti kulit kering dan pori-pori besar. 


2. Mario Badescu Vitamin C Serum

(sephora.co.id)


Serum antioksidan dari Mario Badescu mengandung dua bentuk paling efektif dari vitamin C: asam askorbat dan 3-0-etil-asam askorbat, keduanya merupakan bentuk vitamin C yang distabilkan sehingga lebih aman dan tidak mengiritasi kulit.

Serum ini dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi seperti sun spots, sekaligus mencerahkan kulit. 


3. Fresh Black Tea Age-Delay Firming Serum

(sephora.com)


Anda mungkin pernah mendengar bahwa teh dikemas penuh dengan antioksidan, dan itulah yang menjadikannya bahan sempurna untuk serum anti-penuaan dan membantu mengurangi garis-garis halus, sekaligus mencerahkan kulit. 


4. Tatcha Violet-C Brightening Serum

 
(tatcha.com)


Tak hanya mengandung beberapa bentuk aktif vitamin C, Tatcha Violet-C Brightening Serum juga mengandung berbagai fitoekstrak kaya antioksidan.

Serum ini dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan dan memudarkan dark spots, serta melembutkan dan menghaluskan kulit agar lebih cerah merata dan glowing, berkat tambahan bahan hyaluronic acid dan gliserin di dalamnya. Dan, serum antioksidan ini juga fragrance-free jadi aman untuk digunakan semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. 


5. Chanel Le Lift Serum

(chanel.com)

Bisa dikatakan Le Lift Serum dari Chanel ini adalah salah satu serum antioksidan terbaik, karena formulanya diperkaya dengan campuran PFA peppermint hitam, konsentrat alfaalfa, dan vitamin C yang kuat. Serum ini sangat manjur untuk memberikan efek mengencangkan dan menghaluskan kulit, serta mampu melindungi kulit stres oksidatif dan radikal bebas yang bisa memengaruhi skin barrier, menurunkan sensitivitas dan kelembapan kulit, serta mempercepat penuaan dini. Satu lagi yang terpenting, serum antioksidan ini juga sangat aman untuk digunakan semua jenis kulit, bahkan kulit sensitif.

6.Dior Capture Youth Plump Filler Age Delay Plumping Serum


(dior.com)

Ini adalah serum konsetrat pertama yang dikemas dengan hyaluronic acid yang dapat membuat kulit lebih plumper, kenyal, fuller, dan lembap. Serum dari Dior ini juga dilengkapi dengan 87% bahan natural dan iris extract yang kaya akan antioksidan, yang bisa memberikan tampilan kulit yang lebih muda. Untuk hasil yang lebih maksimal, kombinasikan Dior Capture Youth Plump Filler Age Delay Plumping Serum dengan Dior Capture Youth Age Delay Advanced Creme.


7. L’Occitane Immortelle Divine Serum


(loccitane.com)

L’Occitane Immortelle Divine Serum merupakan serum wajah yang dikemas dengan Immortelle Super Extract, antioksidan kuat dan anti-aging properties, yang mampu mengatasi 5 tanda penuaaan dengan lebih efektif, yakni dapat mengatasi kerutan, mengencangkan kulit, meratakan tekstur kulit, meningkatkan volume dan mencerahkan kulit. Serum ini juga dapat memberikan efek lembap dan plumper pada kulit. L’Occitane Immortelle Divine Serum memiliki aroma yang menenangkan dengan tekstur oil yang ringan, tidak greasy, dan mudah menyerap ke dalam kulit. 


8. Elemis Pro-Collagen Rose Micro Serum 


(elemis.com)

Ini adalah salah satu serum antioksidan favorit Bazaar, karena formulanya yang unik, mengandung lebih dari 7.000 rose micro-droplets. Itu menawarkan manfaat maksimal untuk hidrasi yang lebih optimal. Dilengkali pula dengan alga merah, hyaluronic acid, dan ekstrak Rose Centifolia yang kaya akan antioksidan kuat  untuk melindungi dan memperkuat skin barrier, sekaligus mengencangkan dan menghaluskan kulit. 

9. L’Oréal Paris Instant Glowing Face Serum


(loreal-paris.co.id)

Glycolic acid dapat bertindak sebagaii antioksidan yang mampu mengurangi pigmentasi, memperbaiki tekstur kulit, meratakan warna kulit, dan membuat wajah terlihat lebih glowing. L’Oréal Paris Instant Glowing Face Serum dikemas dengan kandungan 1% konsentrasi Brightening Glycolic Acid yang telah terbukti secara dermatologis dapat membantu mencerahkan wajah kusam, menyamarkan noda hitam, dan membuat wajah lebih glowing. Dan, harga serum ini juga sangat affordable!

10. Clé de Peau Beauté The Serum

(cledepeau-beaute.com)

Bazaar sangat menyukai The Serum dari Clé de Peau Beauté, karena bentuknya yang sangat cantik dan mewah. Serum ini dikembangkan dengan teknologi tercanggih dan bahan terbaik untuk meningkatkan kemampuan intuitif kulit dalam memperbaiki dan menjaga agar kulit selalu tampak awet muda. Dibuat dengan campuran alga merah, kuning, dan hijau, yang dapat membantu mengaktifkan kekuatan regeneratif kulit dan membantu menstimulasi kemampuan kulit untuk wajah lebih glowing


11. Shiseido Ultimune Power Infusing Concentrate 3.0


(sephora.co.id)

Tidak hanya satu, tetapi empat jenis antioksidan dalam satu serum Ultimune Power Infusing Concentrate dari Shiseido, yakni reishi mushroom, iris root extract, fermented roselle extract, dan heartleaf extract. Keempat antioksidan ini telah terbukti mampu memperkuat skin barrier kulit, menghidrasi kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Itu akan membuat kulit lebih sehat dan kuat, serta terlihat lebih halus, kenyal, dan bercahaya. 

12. La Roche-Posay Anthelios AOX Daily Antioxidant Serum

(skinelite.com)


Ini adalah serum antioksidan untuk wajah pertama yang menggabungkan antara kandungan vitamin C dan E dengan sunscreen SPF 50.

La Roche-Posay Anthelios AOX Daily Antioxidant Serum menawarkan perlindungan lanjutan yang dapat membantu mengurangi garis-garis halus, bintik-bintik hitam, meratakan tekstur kulit secara nyata, sekaligus melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. 


13. Sunday Riley C.E.O. 15% Vitamin C Brightening Serum

(sephora.co.id)

Serum antioksidan dengan kandungan 15% vitamin C ini mampu mengatasi masalah kulit kusam, dark spots, dan warna kulit tidak merata, sekaligus mengurangi tanda-tanda penuaan.

Mengaplikasikan serum antioksidan dari Sunday Riley ini akan membuat kulit Anda tampak lebih cerah, kencang, lembap, dan lebih plumpy. Plus, kandungan ekstrak Saccharide Isomerate dalam serum ini juga mampu mengurangi tampilan pori-pori dan memperkuat skin barrier. Serum ini benar-benar bisa meningkatkan vitalitas kulit Anda. 


14. Paula's Choice Resist Super Antioxidant Serum

 
(paulaschoice.sg)


Jika Anda mencari serum dengan manfaat yang mampu mencerahkan, melembapkan, mengencangkan, dan meratakan warna kulit, Paula's Choice Resist Super Antioxidant Serum bisa jadi pilihan terbaik buat Anda. 

Serum yang mengandung antioksidan kuat ini diformulasikan dengan campuran intensif antara vitamin C, vitamin E, dan coenzyme Q10, yang mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat stres oksidatif dan radikal bebas, serta menenangkan kulit dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi. Ditambah, serum ini juga mengandung ceramide untuk memberi kelembapan ekstra dan menguatkan skin barrier.


15. Votre Peau Vitamin C Serum


(watson.co.id)

Serum ini dilengkapi dengan tiga bahan aktif utama, yaitu 10% vitamin C (ethyl ascorbic acid), 2% salicylic acid, dan vitamin E. Vitamin C dan E yang terkandung dalam serum ini merupakan antioksidan kuat dan anti-aging properties yang bermanfaat untuk menjaga meremajakan kulit dan mencerahkannya. Sementara kandungan salicylic acid dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori secara mendalam untuk kulit yang tampak lebih bercahaya. 


16. YSL Beauty Pure Shots Light Up Serum


(yslbeauty.co.id)

Satu lagi serum antioksidan terbaik favorit Bazaar, yaitu YSL Beauty Pure Shots Light Up Serum. Kandungan utama serum ini adalah vitamin Cg dan marshmallow flower, dua jenis antioksidan kuat. Formula antioksidannya dapat bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan oksidatif, mengurangi tanda-tanda penuaan, melembapka kulit, menenangkan iritasi pada kulit, menyamarkan bintik hitam, dan mencerahkan warna kulit. Pure Shots Light Up Serum hadir dalam kemasan ramah lingkungan untuk mengurangi limbah. 

(Photo teaser by cottonbro studio on Pexels)