Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Intip 15 Thrift dan Vintage Store Lokal

Tampil memukau dengan mengenakan pakaian dari hasil thrifting!

Intip 15 Thrift dan Vintage Store Lokal

Memilih untuk menggunakan dan mengenakan kembali suatu barang ataupun busana yang sudah tidak terpakai lagi merupakan sebuah pilihan yang bijak nan tepat. Bagaimana tidak? Ketika memakainya kembali, itu berarti Anda turut membantu dalam memperpanjang usia dari barang-barang tersebut.

Saat ini, mungkin sebagian besar dari Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah thrifting maupun barang vintage? Thrifitng adalah istilah yang digunakan saat seseorang menggunakan kembali barang berkualitas yang masih layak pakai serta merupakan salah satu bentuk untuk menyelamatkan bumi dari berbagai macam masalah lingkungan yang kerap terjadi di setiap tahunnya, seperti misalnya penumpukan sampah.

Sementara itu, barang vintage digaungkan sebagai sebuah barang yang usianya sudah sangat lama namun masih berkualitas, yang mencakup sejumlah barang-barang langka, unik, dan masih terawat dengan baik. Adanya istilah thrifting dan vintage ini memicu munculnya beragam thrift dan vintage store, tidak hanya di Indonesia, melainkan seluruh dunia.

Berikut ini, Bazaar akan merekomendasikan sejumlah vintage dan thrift store lokal yang patut untuk Anda ketahui.

1. Djakarta Vintage Jewelry

Koleksi bros vintage dari Djakarta Vintage Jewelry

Menjadi salah satu destinasi untuk berbelanja koleksi perhiasan klasik dan juga vintage. 

2. CVJ Vintage & Modern Jewelry

Masih untuk Anda, si penggemar perhiasan vintage. CVJ Vintage & Modern Jewelry juga sering menjadi go-to para insan mode. 

3. Private Eyes

Telah menjadi destinasi untuk mencari beragam koleksi menarik dari sederet merek mewah, Private Eyes selalu menjadi tujuan bagi banyak orang untuk menemukan koleksi vintage karya desainer internasional. Koleksinya terbilang cukup lengkap. Mereka menawarkan beragam barang vintage yang mungkin jarang Anda temui di tempat lain, seperti misalnya gelang Hermès yang kini sudah tidak tersedia lagi di butik, barang-barang yang sudah tidak diproduksi lagi (discontinued), serta kemeja Comme Des Garçons yang pernah dipakai namun masih dalam kondisi yang sangat bagus layaknya Anda beli langsung di butik mereka.

Harga dari setiap barang yang ditawarkan cukup bervariatif, untuk barang yang masih tersedia, harganya dibanderol mulai dari 200.000 hingga 15.000.000 Rupiah.

4. Make Them Jealous

15 Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Instagram @make.them.jealous

Salah satu thrift store favorit adalah adalah Make Them Jealous. Dengan tagline ‘make them jealous of your outfit, mereka mampu menarik perhatian banyak orang dari berbagai kalangan, baik pria maupun wanita dengan konsepnya yang unik. Tak hanya menjual pakaian vintage, mereka juga menawarkan sejumlah pakaian hingga aksesori yang dikerjakan ulang (reworked).

Jika Anda ingin mengetahui harga dari setiap barang, Anda dapat mengirim pesan melalui direct message (DM) Instagram ke @make.them.jealous untuk sekadar menanyakan harga atau ketersediaan dari barang yang Anda inginkan.

5. You Poppin

15 Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Instagram @youpoppin

Berbasis di Jakarta, Indonesia, You Poppin memiliki prinsip untuk membuat sebuah pakaian yang nyaman dan sesuai untuk suasana hati yang bahkan belum pernah Anda rasakan sebelumnya. You Poppin lebih berfokus untuk menciptakan pakaian yang unik, di mana sebagian besar kemeja yang tersedia di sana terbuat dari taplak meja. Tentunya, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta dunia fashion, mengingat ini merupakan hal yang jarang dilakukan oleh online shop yang lainnya.

Selain itu, mereka juga menawarkan layanan perubahan ukuran untuk membantu Anda dalam mencapai kecocokan yang sempurna.

Karena membutuhkan biaya untuk menjahit dan mencari bahan yang cocok, harga pakaian yang tersedia di You Poppin terbilang sedikit mahal, namun uang yang Anda keluarkan akan sebanding dengan barang yang Anda dapatkan, mengingat mereka sangat mengedepankan kualitas. Kisaran harga dimulai dari 499.000 hingga 950.000 Rupiah per barangnya.

6. Papilion Archives

15 Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Instagram @papilion_archives

Sedang mencari busana karya desainer? Salah satu butik yang berlokasi di bilangan Kemang Raya, Jakarta, yakni Papilion Archives menyajikan pilihan kurasi karya musim lalu dari merek-merek desainer Papilion Duo. Di sini, Anda dapat menemukan arsip runway Dries van Noten dari dekade terakhir hingga merek ternama Comme des Garçons, di antara label desainer eklektik lainnya yang telah dibawa oleh Papilion Duo sejak didirikan pada tahun 2009.

Mengenai harga dari setiap pakaian ataupun aksesori, Anda dapat langsung menghubungi mereka melalui Instagram @papilion_archives untuk mendapatkan detail dan informasi lebih lanjut.

7. Vintage Vibes

15 Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Instagram @vintagevibesstore

Thrift sekaligus vintage store yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Tampak depan dari Vintage Vibes terlihat sangat mirip dengan lokasi yang ada di dalam video musik dari boy group asal Korea Selatan, BTS, yakni Dynamite.

Di sini, Anda dapat mencari berbagai macam jenis barang vintage, mulai dari merek menengah, hingga merek high-end brand.

Tak hanya itu. Jika Anda memiliki barang-barang yang sudah tidak terpakai, Anda dapat membawanya ke Vintage Vibes agar mereka dapat menjualnya, dan ketika barang tersebut sudah terjual, uangnya akan segera dicarikan kepada Anda.

8. Coo Thrift

15 Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Instagram @coothrift

Kali ini, kami akan merekomendasikan salah satu thrift store, khususnya bagi para pria yang menyukai gaya berpakaian ala Korea. Sebuah online thrift store yang berbasis di Depok, Jawa Barat, yakni Coo Thrift menawarkan beragam pakaian Korean style yang cocok untuk Anda pakai ketika bepergian kemana pun.

Seluruh barang yang tersedia sudah mereka rapihkan dengan cara disetrika dan dicuci sehingga Anda dapat langsung mengenakannya tanpa harus membersihkannya terlebih dahulu.

Terkait harga, Anda dapat langsung mengirim pesan ke Coo Thrift melalui direct message (DM) Instagram di @coothrift.

9. Primetime Jakarta

15 Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Instagram @primetime.jkt

Membeli, menjual, ataupun menukar, semuanya dapat Anda lakukan di Primetime Jakarta. Vintage store yang berlokasi di bilangan Jakarta ini adalah salah satu butik yang harus Anda kunjungi ketika Anda mencari berbagai macam barang vintage ataupun barang BNIB (brand new in box), terutama pakaian, sepatu, jaket, sweter, topi, dan masih banyak lagi yang tersedia.

Jika tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut atau ingin berbelanja, Anda dapat mengunjungi Instagram mereka di @primetime.jkt dan datang langsung ke butik mereka di STC Senayan, Lantai 1, Jakarta.

10. No Longer Minee

Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Instagram @nolongerminee

Seperti namanya, No Longer Minee menawarkan beragam barang vintage, mulai dari topi, kaus, kemeja, sweter, dan masih banyak lagi. Dalam upaya untuk menciptakan dunia yang lebih baik, thrift sekaligus vintage online store ini sangat mendukung tujuan berkelanjutan, terutama untuk meminimalisir dampak dari perubahan iklim yang seringkali disebabkan oleh pakaian maupun barang yang dibuang ke tempat sampah karena sudah tidak terpakai lagi.

No Longer Minee hadir untuk memberikan barang-barang vintage dan secondhand yang sudah dikurasi serta bertujuan untuk mengurangi penumpukan sampah dari pakaian bekas.

11. Persimmon Market

15 Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Instagram @persimmonmarket

Ingin memiliki pakaian dari merek mewah dalam harga yang cukup terjangkau? Anda dapat membeli dan menemuinya di Persimmon Market, entah itu barang dari beberapa merek menengah, misalnya Zara, H&M, dan Reebok, ataupun sederet merek mewah seperti Chanel, Louis Vuitton, Alexander Wang, serta masih banyak lagi.

Yang perlu Anda ketahui, Persimmon Market bersifat musiman (seasonal). Jadi, Anda perlu mengikuti sosial media mereka untuk mengetahui kabar lebih lanjut mengenai kapan mereka akan membuka pop-up market mereka.

12. Tinkerlust

15 Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Tinkerlust

Merupakan salah satu platform jual-beli terbesar di Indonesia, Tinkerlust selalu menawarkan koleksi barang-barang dari para selebriti, influencer, dan berbagai kalangan yang menjual pakaian ataupun aksesori mereka. Barang yang paling sering tersedia di sini di antaranya adalah tas, pakaian, dan aksesori karya desainer internasional seperti Prada, Dior, Jacquemus, YSL, serta yang lainnya.

Harga dari beberapa barang yang tersedia di situs web resmi mereka terbilang cukup variatif, tergantung apa pilihan Anda.

13. Rabbit Bag Habit

15 Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Instagram @rabbit.bag.habit

Pencinta tas, terutama yang suka mengoleksi tas Fendi, Gucci, Burberry, Prada, dan Dior akan sangat takjub ketika mereka berhasil menemukan Rabbit Bag Habit. Sebuah online shop yang hampir sebagian besar berfokus pada penjualan tas ini menawarkan berbagai macam tas dengan tipe dan harga yang cukup bervariasi.

Untuk kisaran harga tas yang dapat Anda beli di sini relatif murah, di mana Anda dapat menemukan salah satu tas yang tersedia, seperti Fendi Zuchinno Double Flap Brown Bag seharga 6.900.000 Rupiah saja, sedangkan jika Anda membeli tas Fendi di butiknya langsung, Anda perlu merogoh kocek sekitar kurang lebih 20.000.000+ Rupiah.

14. Hunt Street

Tampil memukau tak harus selalu dengan menggunakan barang baru, karena dengan memakai barang yang sudah tidak terpakai namun masih berkualitas, Anda tetap dapat tampil menawan.

Jika Anda mencari barang bermerek mewah, Hunt Street adalah pilihan yang tepat. Ibarat ‘surga’ bagi orang-orang yang suka mengoleksi barang-barang vintage ataupun mewah, Hunt Street selalu memberikan kepuasan tersendiri bagi Anda dengan pelayanan dan kualitas dari barang-barang yang tersedia di situs web resmi mereka.

Koleksi pakaian, tas, aksesori, sepatu, dan yang lainnya dapat Anda beli, jauh dari harga ritel / ketika Anda datang langsung ke sebuah butik bermerek mewah.

15. Love is in the Thrift

Thrift dan Vintage Store Lokal
Courtesy of Instagram @loveisinthethrift

Saat ini, masih banyak online shop yang kurang peduli terhadap kondisi lingkungan sekitar. Tetapi, Love is in the Thrift menjadi salah satu dari sekian banyak thrift store yang sangat memperhatikan hal tersebut. Mereka menyaring semua barang-barang yang mereka ambil, di mana mereka sangat mengutamakan pakaian yang berkelanjutan untuk mengurangi dampak lingkungan

(Penulis: Christanto Subrata; Layout: Bibel Beverly Briliana; Foto: Courtesy of Instagram @longtermstorage, @galagooddeal, @privateeyes22, @make.them.jealous, @youpoppin, @papilion_archives, @vintagevibesstore, @coothrift, @primetime.jkt, @nolongerminee, @persimmonmarket, @rabbit.bag.habit, @loveisinthethrift, Tinkerlust, Hunt Street)