Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

4 Aktivitas Seni hingga Wellness untuk Mengisi Hari-hari Anda di Jakarta

Dari pameran seni, hingga sesi kebugaran.

4 Aktivitas Seni hingga Wellness untuk Mengisi Hari-hari Anda di Jakarta
Courtesy of Instagram @museumoftoys

Tak terasa sudah tiba di pertengahan tahun ini. Hari-hari menuju endemi semakin terasa. Mungkin ada beberapa dari Anda yang sempat mengalami stres, frustrasi ketika menjalankan aktivitas sehari-hari, atau bahkan burned-out karena masalah pekerjaan.

Berikut ini, Bazaar memiliki sejumlah rekomendasi aktivitas menarik untuk menyegarkan pikiran Anda, terutama pada akhir pekan.

Art Toys Carnival "Break Time Buddies"

Rekomendasi aktivitas menarik di Jakarta
Courtesy of Instagram @museumoftoys

Berkolaborasi dengan Hublife, Museum of Toys menggelar Art Toys Carnival, sebuah pameran bertajuk "Break Time Buddies" yang berlangsung sejak 24 Juni hingga 31 Juli 2022 mendatang. Menampilkan instalasi, ruang menarik, dan  yang memanjakan mata dapat Anda lihat di pameran ini, mulai dari Spectrum Room + Art Glow in the Dark Room (sebuah ruang di mana Anda dapat menemui tembok yang menyala dalam kegelapan), Fools Fools Fools Paradise (terdapat tembok berwarna warni), Muka Tembok yang menakjubkan, Art Toys: The Habitat Namue, 50 Bearbrick 1000% Collection, dan beberapa karya Art Toys dari Fools Paradise yang ikonis serta memiliki cerita unik pada setiap karakternya.

Tak hanya itu, Anda juga dapat mengabadikan momen bersama kerabat terdekat dengan mengunjungi photobooth, melihat ataupun membeli berbagai macam koleksi menarik di Pop Up Store, dan mengikuti games yang mereka sediakan.

Untuk dapat menikmati hal-hal menarik dari pameran ini, Anda hanya cukup membeli produk minuman dari Splashy Drink yang dibanderol sekitar 50.000 Rupiah dan Anda akan langsung bisa merasakan pengalaman seru nan tak terlupakan.

Plaza Indonesia Wellness Festival

Rekomendasi aktivitas menarik di Jakarta
Courtesy of Plaza Indonesia

Menghabiskan akhir pekan dengan berkunjung ke sebuah pameran seni, ataupun berbagai jenis objek wisata lainnya memang terbilang menarik. Namun, apakah sempat terlintas di benak Anda untuk mengisi akhir pekan dengan mengikuti festival kebugaran? Jika belum, mungkin Anda dapat mencoba untuk mengikuti perhelatan kebugaran pertama yang diselenggarakan oleh Plaza Indonesia, yakni Plaza Indonesia Wellness Festival.

Berlangsung dari 16 hingga 31 Juli 2022, Anda dapat mengikuti serangkaian aktivitas multifaset di berbagai lokasi dari Plaza Indonesia, misalnya seperti Healing Class dan Workshop bersama para praktisi dan kolaborator.

Dalam rangkaian program Healing Class, para pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan untuk kesehatan dan kebugaran, di antaranya seperti:

  • Clarity and Balance bersama The Golden Space Indonesia.
  • Pilates
  • Fleksibiliti, dan Body Balance bersama Celebrity Fitness.
  • Pilates bersama Xavier.
  • Meditasi dan Mindful Living bersama Niat Living oleh Suhaila Nordin.
  • Mindful Movement bersama MyndfulAct.
  • Bach Flower dan Breathwork bersama Karmen Kantaatmadja.
  • Bach Flower dan Essential Oil Teraphy bersama Kilo Alta oleh Askarina Daniswari.
  • Yoga.
  • Tibetan Bowl Meditation.
  • Yin Sound Bath bersama Deece Dewayani.
  • Reiki Healing dan Annimal Communication bersama Aldini Pratiwi.

Sementara itu, terkait workshop, Plaza Indonesia berkolaborasi dengan Heart of People, di mana mereka menyelanggarakan sejumlah program menarik untuk Anda ikuti, yakni Relaxing Abstract Art, Therapeutic Nail Art, serta Art Journaling.

Menawarkan pengalaman multisensori yang memberikan efek relaksasi bagi para pengunjung, perhelatan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi mereka, terutama untuk meningkatkan wawasan, dan mencapai keseimbangan dalam kehidupan.

Atsiri diSarinah

Rekomendasi aktivitas menarik di Jakarta
Courtesy of Instagram @atsirisarinah

Resmi digelar sejak Juni kemarin, sebuah museum mini, Atsiri diSarinah memberikan pengalaman berbeda dengan konsep warna warni yang memberikan nilai estetika tersendiri dalam setiap sudut dari tempat ini.

Setelah Anda menyelesaikan online personality quiz, salah satu aktivitas yang menarik perhatian Bazaar adalah ketika Anda ditemani dan dibawa host AdS menuju ke Aroma Persona Room bersama empat pengunuung lainnya (maksimal lima orang per sesi selama kurang lebih 15 menit, di mana Anda akan mendapat sebuah Kode QR untuk di-scan yang nantinya akan menampilkan warna aura Anda.

Hanya dengan 45.000 Rupiah, Anda sudah dapat menikmati keindahan dari berbagai macam ruang dan instalasi yang ditampilkan.

Pameran Tunggal Joko Kisworo, “Begja, Bahagia Melalui Katarsis”

Rekomendasi aktivitas menarik di Jakarta
Courtesy of Galeri Nasional Indonesia

Sebagai wadah untuk menyalurkan karya-karya terbaik dari para seniman Tanah Air, Galeri Nasional Indonesia terus menyelenggarakan pameran dengan mengusung tema-tema yang menarik. Kini, mereka menggelar sebuah pameran tunggal yang didedikasikan untuk seorang seniman veteran Indonesia, Joko Kisworo.

Dikuratori oleh Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana, M.Si, dan Aisul Yanto, pameran tunggal “Begja, Bahagia Melalui Katarsis” ini menampilkan sekitar kurang lebih belasan ribu karya-karya terbaik dari Joko Kisworo dalam kertas berukuran besar, yakni 6 x 3 m dengan media akrilik pada kanvas, serta 70 jenis karya yang dibuat menggunakan material akrilik dan tinta cina di kertas berukuran 13,5 x 36,5 cm, yang menjadi bagian dari 2.400-an karya sang seniman yang berhasil diselamatkan dari tragedi banjir Jakarta tahun 2015 silam.

Telah menghasilkan sekitar kurang lebih puluhan ribu karya, Joko Kisworo, pameran tunggal-nya, yang digelar di Galeri Nasional Indonesia merupakan salah satu pencapaian yang patut Anda apresiasi dan tanggapi secara positif atas katarsis kebahagiannya dalam menjalani kehidupan (begja) sebagai seorang seniman. Meskipun coretan dalam setiap karyanya berupa pola abstrak, itu memiliki nilai seni yang dapat membuat Anda tidak dapat mengalihkan pandangan dari objek tersebut.

Rekomendasi aktivitas menarik di Jakarta
Courtesy of Galeri Nasional Indonesia

Tak perlu lagi jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk mendapatkan pengalaman multisensori yang menyegarkan pikiran karena keempat destinasi tersebut tidak kalah menariknya, serta berada di area yang mudah untuk dijangkau, yakni di kota Metropolitan.

(Penulis: Christanto Subrata; Layout: Bibel Beverly Briliana; Foto: Courtesy of Instagram @museumoftoys, @atsirisarinah, Plaza Indonesia, Galeri Nasional Indonesia)