Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

ArtJog MMXXII: Pameran Seni yang Digelar untuk Meningkatkan Kesadaran dan Kepedulian

Bentuk apresiasi untuk para seniman serta meningkatkan kesadaran dan kepedulian akan makna dari suatu karya seni.

ArtJog MMXXII: Pameran Seni yang Digelar untuk Meningkatkan Kesadaran dan Kepedulian
Courtesy of ARTJOG

Pembukaan dari sejumlah destinasi seni yang tersebar di seluruh Indonesia membuat 2022 menjadi tahun yang sangat menyenangkan bagi para pencinta seni. Baru-baru ini, pameran tahunan yang ditunggu-tunggu, yakni ArtJog, kembali lagi. ArtJog MMXXII yang bertajuk "Expanding Awareness” resmi digelar di bilangan Yogyakarta, tepatnya di Jogja National Museum (JNM).

Dikuratori oleh Agung Hujatnikajennong, pameran seni ini akan menampilkan sekitar kurang lebih 61 karya dari para seniman, baik individu ataupun kelompok lintas generasi, termasuk anak-anak dan penyandang disabilitas (difabel), serta mengusung tema besar perluasan kesadaran, yang berarti bahwa mereka sangat mengedepankan inklusivitas.

ARTJOG MMXXII

ARTJOG MMXXII

Perwakilan seniman ArtJog, Dolorosa Sinaga, mengatakan bahwa tema besar yang mereka usung tahun ini tak hanya tentang ‘perluasan kesadaran’, melainkan juga mengenai ‘perluasan kepedulian’. Ia juga menambahkan bahwa pameran seni tersebut nantinya dapat bermanfaat dan memiliki dampak sosial yang bersifat masif.

Menjadi hari yang tak terlupakan, saat acara pembukaan ArtJog, terdapat 12 seniman yang masuk ke dalam nominasi Young Artist Award, di mana eksplorasi medium, cara memaknai peristiwa dan benda-benda, pencarian dan penangguhan identitas diri, tegangan antara subjek dan objek, serta persinggungan dengan berbagai disiplin di luar seni atau praktik non-seni yang telah mengubah cara pandang atau klaim terkait arti dari ‘seni’ menjadi kriteria penilaian, namun, di sisi lain, yang paling utama adalah mengenai kesesuaian tema, eksplorasi medium, serta kebaruan dalam hal teknis dan penyajian.

Berdasarkan pertimbangan yang telah dilakukan oleh para veteran di dunia kesenian seperti Hendro Wiyanto, Titarubi, dan tim kurator ArtJog MMXXII, terpilih tiga seniman muda yang berhasil mendapatkan penghargaan untuk karya terbaik, di antaranya adalah:

  • Dizkra Afifah (Bandung) – The Principal within the Hollow, The Bardo, dan Living Revelation Series
  • Rizka Azizah Hayati (Yogyakarta) – Magical Crocodile
  • Timoteus Anggawan Kusno (Yogyakarta) – Ghost Light

ARTJOG MMXXII

Sebagai wadah untuk memberikan apresiasi kepada para seniman, pameran ini telah mengkurasi setiap karya yang ditampilkan untuk menyuguhkan karya-karya terbaik nan unik guna memanjakan mata Anda dengan nilai-nilai estetika yang terkandung dalam sebuah karya seni.

Berbagai aktivitas menarik seperti Exhibition Tour, Meet the Artist, Weekly Performance, dan Lokakarya dapat Anda nikmati dalam pameran yang berdurasi lebih dari delapan minggu ini.

Jika Anda berencana menghabiskan waktu di Yogyakarta dalam waktu dekat, jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan dengan berkunjung ke ARTJOG MMXXII: Expanding Awareness, mulai dari 7 Juli hingga 14 September 2022.

(Penulis: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of ARTJOG)