Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sejauh Mata Memandang Menghadirkan Pameran Kisah Punah Kita dan Sejauh Rumah Kita di Yogyakarta

Dua program dari Sejauh Mata Memandang berlangsung di ArtJog 2022 dan Rumah Simbah Studio.

Sejauh Mata Memandang Menghadirkan Pameran Kisah Punah Kita dan Sejauh Rumah Kita di Yogyakarta
"Kisah Punah Kita" dan "Sejauh Rumah Kita"

Sejak didirkan pada tahun 2014, Sejauh Mata Memandang sudah menggelar 14 pameran yang dilakukan lewat kolaborasi dengan banyak pihak. Kali ini, pameran yang diadakan dibuat bersambung dengan sebuah kegiatan lanjutan. Pameran instalasi yang pertama diselenggarakan di ArtJog 2022 bertajuk Kisah Punah Kita, dan sebagai kelanjutan dihadirkan Sejauh Rumah Kita yang berlokasi di Rumah Simbah Studio. 

ArtJog 2022 tahun ini mengusung tema kesadaran atau Expanding Awareness. Kesadaran yang tidak hanya terbatas pada kesadaran kritis manusia tentang berbagai permasalahan yang tengah terjadi. 

Sejauh Mata Memandang
ARTJOG

Ruang pameran kali ini menjadi sebuah pengingat akan betapa dekatnya kita dengan kepunahan, yang sebenarnya masih dapat dicegah dengan melakukan hal-hal nyata. Melalui instalasi seni Kisah Punah Kita, pengunjung diajak berinteraksi dengan berkaca. Dengan niat agar pengunjung sadar bahwa manusia juga merupakan spesies yang akan punah akibat ulahnya sendiri. 

Sejauh Mata Memandang
Kisah Punah Kita, Tampak Luar

Sejauh Mata Memandang
Kisah Punah Kita, Tampak Dalam

Sebagai poin tambahan, seni instalasi seni Kisah Punah Kita juga dibuat dengan memanfaatkan berbagai bahan sehari-hari kita sebagai medium untuk menyampaikan pesan. Selain itu, pengunjung juga diajak untuk berinteraksi lewat instalasi dengan menulis pesan dan kesan mereka menjadi spesies penyebab kepunahan di kain yang sudah disediakan. 

Sejauh Mata Memandang
Kisah Punah Kita, Dari Dalam Ruangan

Sejauh Mata Memandang
Kisah Punah Kita

Untuk mendukung pameran ini, diselenggarakan juga Sejauh Rumah Kita sebagai kelanjutan dari keterlibatan di Artjog 2022. 

Sejauh Rumah Kita adalah kegiatan lanjutan dari instalasi di ArtJog yang memberi jawaban atas pertanyaan ‘setelah sadar, kegiatan nyata apa yang bisa kita lakukan?" tutur Chitra Subyakto, Pendiri sekaligus Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang. 

Sejauh Mata Memandang
Sejauh Rumah Kita

Berlokasi di kota yang sama, tempat ini berfungsi sebagai tempat untuk belajar yang terbuka untuk masyarakat umum yang telah mendaftar sebelumnya. Acara workshop rutin dilakukan setiap hari Sabtu dengan materi beragam seputar slow living, praktik-praktik sederhana dalam menjaga lingkungan, serta berbagai tips yang akan dibagikan oleh pemateri dari berbagai komunitas di Yogyakarta. 

Sejauh Mata Memandang
Sejauh Rumah Kita

Sejauh Mata Memandang
Sejauh Rumah Kita

Bagi Anda yang penasaran, Pameran Kisah Punah Kita dibuka untuk umum dari tanggal 8 Juli hingga 4 September di Jogja National Museum (JNM), dan Sejauh Rumah Kita yang berada di Rumah Simbah Studio dibuka setiap harinya dari pukul 10.00 hingga 18.00 WIB. Ruangan pameran kali ini menjadi sebuah ajakan bagi para pengunjung untuk membuka mata dan melihat bagaimana sebuah pameran seni merupakan sebuah ruang pertukaran pengetahuan yang dilakukan penuh dengan kesadaran. 

(Penulis: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of Sejauh Mata Memandang)