Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pameran Seni yang Patut Anda Kunjungi di Jakarta!

Sebuah inspirasi untuk mengisi hari-hari Anda.

Pameran Seni yang Patut Anda Kunjungi di Jakarta!

Berbagai hal menarik dapat Anda lakukan untuk mengisi hari-hari kerja dan juga akhir pekan, sempat terpikir untuk ke museum atau pameran seni, kah? Banyak yang memilih untuk mengisi waktu lowong ini untuk dihabiskan bersama keluarga dan sahabat. Biasanya aktivitas itu berlangsung di tempat wisata, mall, kafe, atau pun restoran mewah. Kini saatnya untuk Anda mencoba sesuatu yang baru, seperti bermain ke dunia seni. 

Berikut rekomendasi Bazaar pameran seni yang sedang berlangsung di bilangan Jakarta yang bisa Anda datangi.

Ragam Flora Indonesia 3, “Botanical Art: Evoking the Beauty of Science

Pameran Seni
Courtesy of Galeri Nasional Indonesia

Mengusung tema keanekaragaman flora di Indonesia, pameran seni beraliran botani-sains ini adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi untuk melihat karya-karya indah dari berbagai macam jenis tumbuhan, dan tentunya menambah wawasan. Meskipun penikmat seni di Indonesia terbilang cukup banyak, nyatanya banyak orang yang masih kurang melihat dan mengapresiasi seni botani.

Baru-baru ini, perkumpulan seniman botani Indonesia, yakni Indonesian Society of Botanical Artists (IDSBA) menggelar sebuah pameran bertajuk “Botanical Art: Evoking the Beauty of Science” di Gedung D dari Galeri Nasional Indonesia, mulai dari 7 Juli hingga 8 Agustus 2022.

Di pameran ini Anda dapat melihat sebanyak 57 karya seni dan ilustrasi botani yang dikurasi dengan subjek tetumbuhan asli Indonesia. Seluruh karya yang Anda lihat merupakan ketelatenan 37 seniman Indonesia, dan selebihnya mancanegara. Ini merupakan sebuah kesempatan unik untuk Anda memperluas pengetahuan tentang tumbuhan. 

Senyum Army x UNICEF Indonesia, ‘Remedy

Pameran Seni
Courtesy of Senyum Army

Merayakan anniversary ke-9 dari boy group veteran Korea Selatan, yakni BTS, Senyum Army menggelar sebuah pameran bertajuk Remedy.

Mengingat para penggemar tidak lagi dapat memberikan hadiah mereka secara langsung kepada pihak agensi, komunitas itu memeriahkan hari jadi dari grup tersebut dengan berkolaborasi dengan UNICEF Indonesia untuk menggelar sebuah penggalangan dana melalui pameran seni yang diselenggarakan di kota Jakarta dan Bandung.

Sama halnya dengan singkatan dari boy group asal negeri Ginseng itu, tajuk dari program kolaborasi mereka adalah BTS (Back to School), di mana keduanya bekerja sama untuk mengembalikan anak-anak yang sempat putus sekolah.

Digelar di Plaza Indonesia dari 6 Juni hingga 4 Agustus 2022, berbagai macam instalasi terkait dengan grup yang terdiri dari tujuh personil tersebut. Mulai dari perjalanan konser mereka, sejumlah set layaknya dalam video musik, hingga sampel sepatu karya Yuul Yie yang dikenakan oleh para anggota BTS saat konser Permission to Dance di Las Vegas beberapa waktu yang lalu.

Pameran Seni
Courtesy of Senyum Army

PajangKarya KamiSketsa GalNas, ‘Konsistensi Tarik Garis Bambang Harsono

Pameran Seni
Courtesy of Galeri Nasional Indonesia

Menghadirkan karya-karya dari para pegiat sketsa sekaligus salah satu peserta KamiSketsa GalNas, yakni Bambang Harsono, pameran ini menampilkan 15 sketsa terbaik miliknya. 

Bernuansa monokrom yang digambar dengan hanya menggunakan spidol, sketsa-sketsa itu memiliki kompleksitas tinggi dan menggambarkan suasana keseharian di berbagai tempat yang menyoroti sejumlah elemen interaktif antara manusia dengan lingkungannya.

Dikuratori oleh Teguh Margono dan Zamrud Setya Negara, Anda dapat mengunjungi pameran seni ini dari 7 Juli hingga 28 Juli 2022 di Bilik KamiSketsa Galeri Nasional Indonesia.

Pameran Seni Kontemporer Agus Suwage, ‘The Theater of Me

Pameran Seni
Courtesy of Museum MACAN

Berlangsung cukup lama, jangan lewatkan kesempatan untuk menghadiri pameran seni kontemporer bertajuk ‘The Theater of Me’ yang digelar dari 4 Juni hingga 15 Oktober 2022 di Museum MACAN. Dalam pameran ini, Anda akan dibuat takjub oleh berbagai macam karya seni yang menceritakan perjalanan dari seorang seniman terkemuka di Indonesia, Agus Suwage, selama ia berkarier di dunia kesenian sekitar 30 tahun lamanya.

Menampilkan 80 karya dari Agus Suwage yang terdiri dari instalasi, patung, lukisan, serta gambar miliknya dari tahun 90-an hingga kini, karya seniman tersebut mengambil beberapa tema menarik, seperti budaya perpaduan antara budaya dan politik secara luas, melalui narasi yang bersifat intim dan personal.

Jika berniat membawa buah hati ke pameran ini, Anda tak perlu khawatir karena mereka memiliki sejumlah aktivitas menarik, seperti Melirik Lirik Orkes Tunggal, dan kegiatan menginstruksikan anak-anak untuk membuat serta menghias mainan dari barang-barang yang tersedia di rumah.

Pameran Tunggal Vicky Tanzil, ‘2014-2020 via 2022

Pameran Seni
Courtesy of Andry Pangestu

Pameran Seni
Courtesy of Andry Pangestu

Merayakan tujuh tahun berkaryanya di industri fotografi dan kesenian, seorang fotografer terkemuka kota Jakarta, sekaligus friends of Bazaar, Vicky Tanzil, menggelar sebuah pameran tunggal bertajuk ‘2014-2020 via 2022’ sejak 26 Juni dan  berlangsung hingga 10 Juli 2022 di Kala Karya, bilangan Kalijaga.

Pameran yang dikuratori oleh Stacia Hadiutomo ini akan menampilkan serangkaian foto hasil jepretan Vicky Tanzil yang belum pernah dipublikasi dan memberikan pesan tersirat melalui karya-karyanya, yang ia ambil menggunakan kamera profesional dan sebuah ponsel genggam.

Distrik Seni x Sarinah, ‘Berdikari

Pameran Seni
Courtesy of Distrik Seni

Kehadiran dari pameran seni hasil kolaborasi antara Distrik Seni dan Sarinah yang bertajuk ‘Berdikari’ merupakan sebuah wadah bagi para seniman untuk menyalurkan serta memperlihatkan hasil karyanya kepada para penikmat seni di Indonesia.

Pameran yang terinspirasi dari angan-angan Sukarno dalam prinsipnya untuk membuat Indonesia dapat ‘berdiri di kaki sendiri’ ini juga berupaya untuk menjawab kebutuhan ruang pemberdayaan dalam ekosistem seni rupa, khususnya di bilangan Jakarta.

Pameran Seni
Courtesy of Distrik Seni

Berlangsung dari 2 Juni hingga 22 Agustus, pameran seni kontemporer ini dapat menjadi salah satu destinasi terbaik untuk memanjakan mata Anda.

Segera luangkan waktu untuk berkunjung ke sejumlah pameran seni rekomendasi Bazaar di atas untuk melihat estetika dari sebuah karya seni dan menghabiskan waktu liburan akhir pekan Anda!

(Penulis: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of Galeri Nasional Indonesia, Senyum Army, Andry Pangestu, Museum MACAN, Distrik Seni)