Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Melihat Ubud Food Festival 2022, Acara Festival Kuliner Paling Terkemuka di Asia Tenggara!

Semua hidangan terbaik buatan para chef ternama akan disajikan dalam festival ini, di mana kuliner Indonesia menjadi sorotan utamanya.

Melihat Ubud Food Festival 2022, Acara Festival Kuliner Paling Terkemuka di Asia Tenggara!
(Foto: Courtesy of Ubud Food Festival)

Sejak tahun 2015, Ubud Food Festival telah hadir untuk memberikan suguhan hidangan-hidangan terbaik dari lintas budaya, dengan kuliner Indonesia sebagai sorotan utama. 

Menarik perhatian para pencinta makanan dari beberapa negara yang tersebar di seluruh dunia, Ubud Food Festival telah menjadi Festival kuliner terkemuka dalam lingkup Asia Tenggara, dan merupakan salah satu acara yang wajib Anda hadiri.

Ubud Food Festival 2022
(Foto: Courtesy of Ubud Food Festival)

Sebuah perayaan kuliner yang berlangsung dari 24-26 Juni 2022 di Ubud, Bali itu mencakup sejumlah acara istimewa seperti demo memasak, tur makanan, talkshow, lokakarya, pertunjukan musik, pertunjukan seni, film, pasar makanan, dan masih banyak lagi. Dikenal sebagai negara kepulauan yang memiliki berbagai suku, ras, agama, dan budaya, Festival ini diselenggarakan untuk merayakan keragaman dan kelezatan lanskap kuliner Indonesia.

Taman Kuliner

Menjadi pusat acara festival ini, di Taman Kuliner pengunjung akan melihat 80 bisnis kuliner yang menyajikan berbagai macam makanan dan minuman lezat. Sedangkan demo memasak dari para ikon kuliner seperti Petty Elliott, Lisa Sibagariang, dan William Salim memukau orang-orang yang menyaksikan mereka dengan memamerkan hidangan spesial di panggung Teater Kuliner.

Masterclass, sesi lokakarya

Di sini, para pencinta kuliner akan dimanjakan dengan hidangan klasik buatan para chef ternama seperti Fernando Sindu dengan oncom khasnya, dan Ayu Gatari dengan hidangan khas Bali Utara, yakni kelor. Selan itu, para pengunjung akan melihat bagaimana Chef Andrew Waish memperlihatkan kemahirannya dalam merebus salmon dengan teknik istimewanya.

Pojok Food For Thought

Seperti namanya, para pembicara akan berbagi pemikiran mereka mengenai segala hal yang berkaitan dengan tema Ubud Food Festival. Diskusi yang dibuka oleh sederet tokoh kuliner seperti William Wongso, Helianto Hilman, dan Ragil Wibowo yang menceritakan tentang makanan masa kecil yang paling bermakna bagi mereka, yang merefleksikan kecintaan mereka untuk memasak sejak kecil. Pengunjung juga akan bertemu dengan para pahlawan lingkungan, Made Janur Yasa dan AA Gede Agung Wedhatama, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Pemutaran film

Menampilkan serangkaian film dokumenter yang menyoroti serta merayakan sejarah kuliner Indonesia yang unik, pengunjung akan melakukan sebuah perjalanan budaya yang beragam, tanpa harus meninggalkan tempat duduk mereka. Film ‘Arak Made in Bali’ dari Now Bali!, seri Vision+ ‘Once Upon a Time in Chinatown’, hingga film yang kental akan nilai-nilai budaya Minangkabau, ‘Alam Takambang Jadi Guru’ akan ditampilkan untuk memberikan wawasan dan pengalaman yang menyenangkan ketika berkunjung ke festival ini.

Acara spesial Ubud Food Festival

Menjalin suatu relasi yang baru antara chef lokal dengan yang berada di luar Asia Tenggara, acara ini akan menampilkan sebuah kolaborasi dinamis dalam sederet restoran terkenal yang berlokasi di Ubud. 

Di restoran Donna, Ubud, para chef seperti Amy Baard, Melissa Palinkas, dan Maestro Liquid dari Filipina, Kalel Demetri akan menyajikan menu koktail dan hidangan yang lezat. 

Sementara itu, untuk hidangan makan malam mewah yang tak terlupakan, semuanya akan disajikan oleh Chef Andrew Walsh, Chef Nic Vanderbeeken, Maxie Millian, dan Dayu Chintya dalam kolaborasi restoran Apéritif x Cure.

Berkolaborasi secara eksklusif dengan Plataran Ubud Hotel & Spa, Chef Petty Elliott akan menyajikan hidangan tradisional khas Indonesia yang dikumpulkan dari relief Borobudur, Labuan Bajo, Sulawesi, dan Manado.

Ubud Food Festival 2022
(Foto: Courtesy of Ubud Food Festival)

Antusias yang luar biasa dari para pencinta kuliner serta orang-orang yang mendukung, menjadi penunjang dalam kesuksesan dari acara festival ini.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menghadiri Ubud Food Festival di masa yang akan datang? Ikuti @ubudfoodfest di platform Instagram agar Anda mengetahui informasi lebih lanjut terkait jadwal dan perkembangan dari acara festival ini.

(Penulis: Christanto Subrata; Foto: Courtesy of Ubud Food Festival)