Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengulik Obsesi Terbaru Iqbaal Ramadhan Terhadap Mobil Antik 

Dapatkan nostalgia tahun 1990-an melalui hobi barunya.

Mengulik Obsesi Terbaru Iqbaal Ramadhan Terhadap Mobil Antik 
Courtesy of Instagram @iqbaal.e

Siapa yang tidak mengenal Iqbaal Ramadhan? Musisi dan aktor Tanah Air yang telah memulai kariernya di dunia hiburan sejak berumur 11 tahun. Sukses menjadi salah satu anggota Coboy Junior dan bermain beberapa film yang raih pencapaian besar, kini dirinya tengah sibuk menjalani hobi barunya yaitu koleksi mobil antik. Pertama kali memperkenalkan hobinya, ia mengunggah foto dirinya bersama salah satu mobil antiknya pada akun Instagram pribadinya.

Mobil pertama Iqbaal merupakan Honda Civic Nouva yang telah dipasarkan pada tahun era '80-'90-an, di mana pada zamannya mobil tersebut menjadi salah satu mobil hatchback yang paling digemari oleh para penggemarnya. Kecintaannya terhadap mobil antik berwarna putih ini, membuat pemeran film Ali & Ratu Ratu Queens ini memberikan nama Geulis, yang dalam Bahasa Sunda, geulis berarti cantik. Ia memulai pengetahuannya secara lebih mendalam mengenai mobil tua sejak itu, hingga Iqbaal pun membuat video YouTube sedang menggantinya ban mobil sendiri.

Tak hanya mencoba untuk mempelajari lebih dalam, rekan baik dari Aldy Maldini ini, juga sempat memberikan sentuhan artistik pada bagian depan mobilnya, yakni lewat ilustrasi wajah yang dibantu seorang seniman Yogyakarta, Dedy Sufriadi. 

Dari perbincangannya bersama reviewer mobil Indonesia, Fitra Eri, Iqbaal mengakui bahwa dirinya memilih mobil tahun '90-an ini dikarenakan "keren", dan jika terlihat dari sisi desain masih relevan serta memiliki jiwa '90-an seperti dari musik, fashion, dan film. Sebelum membintangi film sekuel Dilan 1990, dirinya memang sudah menggemari mobil-mobil antik, dan melalui proses syuting Dilan yang tidak sedikit menggunakan beberapa pemain ekstra dengan mobil antik, membuat ia semakin menyukainya.

Ingin menambah koleksi mobilnya, pada Febuari 2021 ia membeli mobil antik lagi dengan penampilan yang cukup berbeda, yakni Toyota MR2 AW11 berwarna merah. Mobil ini merupakan salah satu generasi pertama yang diproduksi untuk serinya dan berasal langsung dari Jepang. Tampilan yang berbeda dan mencolok tidak hanya dikarenakan oleh perbedaan warna yang kontras. Beberapa rincian aksesori mobil tersebut juga berbeda, seperti lampu mobil yang berbentuk kotak, pelek mobil yang telah ia modifikasi dengan Toms Vesta Japan dan ban Yokohama Advan Fleva, spoiler atau sayap di belakang mobil, serta keseluruhan mobil yang berbentuk lebih bersegi dari sebelumnya.

Courtesy of Instagram @iqbaal.e
Courtesy of Instagram @iqbaal.e

Mobil dengan mesin 4AGE dengan kapasitas 1600cc, membuat tarikannya dapat tergolong cepat. Sehingga membuat pelantun lagu Kamu ini dalam waktu dekat hanya mengendarai untuk berkeliling Ibu Kota Jakarta di akhir pekan, mengingat PPKM juga yang sedang berlangsung.

Setelah mendapatkan dua mobil idamannya ini, Iqbaal memiliki harapan untuk mobil selanjutnya yaitu, Porsche 991 930 Turbo S. Sebuah mobil ikonis, yang pernah menjadi mobil yang diproduksi massal tercepat di Jerman pada tahun 1974-1989. Berbeda dengan kedua mobil yang dimiliki Iqbaal saat ini, 991 memiliki versi desain tubuh coupe dengan mesin 6-cylinder boxer engine.

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of Instagram @iqbaal.e)