Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ternyata, Tidak Semua Orang Membutuhkan Retinol untuk Perawatan Wajah

Kekuatan dari retinol inilah yang membuatnya populer, namun tidak semua jenis kulit bisa mempergunakannya.

Ternyata, Tidak Semua Orang Membutuhkan Retinol untuk Perawatan Wajah
Courtesy of Bazaar US

Jika Anda mendapatkan tips perawatan kulit hanya dari TikTok, Anda mungkin dituntun untuk percaya bahwa mengaplikasikan retinol juga hal yang wajib, sama dengan menyikat gigi dalam hal yang tidak dapat dinegosiasikan setiap hari (yang tentu saja berlaku untuk beberapa orang).

Jika kulit Anda mengelupas, merah, dan teriritasi, itu berarti produk yang bertenaga itu sedang bekerja dan Anda hanya perlu menjalani prosesnya. Di sisi lain adalah kepastian yang dijanjikan setelah memakai retinol akan membuat kulit mulus seperti bayi. Tapi mungkin ada lebih banyak cerita mengenai hal tersebut.

Meskipun benar bahwa proses retinisasi turunan vitamin A yang terkenal itu betul terjadi, dan efek samping yang tidak menyenangkan akan berhenti setelah empat minggu, karena kulit telah terbiasa. Namun seperti halnya kecantikan, satu ukuran tidak cocok untuk semua. Bagi sebagian orang, retinol (bahkan dalam produk yang dijual bebas) itu terlalu kuat.

Percakapan seputar retinol menjadi semakin sensasional dengan setiap jahitan, regram, dan retweet. Inilah yang kita semua (semoga) setujui yaitu retinol membantu pergantian sel, meningkatkan produksi kolagen, dan bertanggung jawab atas banyak keajaiban kulit termasuk bukan terbatas pada meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan, mengurangi hiperpigmentasi, menghaluskan tekstur, dan membantu menjaga kulit bersih dan bebas dari noda. Kami tahu itu tidak aman untuk digunakan selama kehamilan atau saat menyusui dan perhatikan aturan pakai jika harus digunakan pada Anda memiliki kulit sensitif.

Dari situlah kesamaan biasanya berakhir. Lima tahun lalu, para ahli mengatakan kepada BAZAAR.com bahwa “bahkan kulit sensitif pun dapat dilatih untuk menoleransi turunan vitamin A,” tetapi pendapat tentang masalah tersebut tampaknya berubah. Retinol mungkin bukan jawaban bagi mereka yang memiliki kulit reaktif dan/atau sensitif (pikirkan eksim atau rosacea) serta di antaranya, ada banyak.

"Saya tidak akan mengatakan Anda harus takut retinol, tapi Anda pasti harus memperlakukannya dengan bijak," kata Rajani Katta, seorang dokter kulit yang berbasis di Bellaire, Texas. “Retinol adalah bahan yang kuat dengan manfaat yang kuat, itulah sebabnya mengapa harus digunakan dengan hati-hati.”

Di bawah ini, BAZAAR berbicara dengan ahli perawatan kulit dan dokter kulit untuk mendapatkan keputusan akhir tentang apakah retinol tepat untuk Anda atau tidak.

NICHOLA JOSS, AHLI PERAWATAN WAJAH

“Retinol adalah tambahan yang bagus untuk rutinitas perawatan kulit Anda,” ujar Nichola Joss, yang telah bekerja dengan klien seperti Meghan Markle dan Kate Moss. "Tapi itu tidak penting untuk semua orang." Bagi mereka yang menggunakan retinol, Nichola merekomendasikan untuk menggunakannya sebagai perawatan kulit malam hari untuk mendapatkan hasil yang paling efektif, mulai dari persentase yang sangat rendah seperti yang disarankan oleh seorang profesional dan mencari referensi sebelum meningkatkan "dosisnya". “Pastikan Anda menggunakan sunscreen untuk melindungi kulit Anda di siang hari,” catatnya. Retinol mungkin tidak cocok untuk mereka yang memiliki kulit terlalu sensitif atau hipersensitif, mereka yang memiliki intoleransi makanan atau reaksi alergi tinggi, dan kulit bagi kalian yang masih muda, ucapnya. "Perhatian diperlukan saat menggunakan turunan vitamin A dan hanya boleh digunakan setelah saran dari spesialis kulit atau perawatan kulit Anda," kata Nichola.

PAUL JARROD FRANK, AHLI DERMATOLOGI

“Jika Anda menderita rosacea, psoriasis, atau rentan terhadap eksim, maka retinol tidak cocok untuk Anda,” kata Paul Jarrod Frank. “Jika Anda memiliki kulit sensitif, mulailah perlahan dan tingkatkan dengan toleransi.” Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, ia menyarankan untuk memulai dengan retinol yang lebih lembut dengan konsentrasi 0,025 persen, menggunakan hanya setetes ukuran kacang polong untuk seluruh wajah Anda setiap malam atau ketiga malam, dan kemudian meningkat dengan toleransi. “Kebutuhan itu subjektif,” katanya kepada BAZAAR.com. “Saya rasa tidak ada yang membutuhkannya, tetapi ada orang yang dapat mengambil manfaat darinya,” seperti mereka yang memiliki kulit berjerawat atau mereka yang peduli dengan tanda-tanda penuaan.

SHANI DARDEN, AHLI ESTETIKA

Jika ahli kecantikan dikaitkan dengan retinol, kemungkinan besar yang terpikirkan adalah Shani Darden yang berbasis di LA, pencipta Retinol Reform favorit para penggemar kecantikan, yang menyebut bahan itu "standar emas untuk anti-penuaan." “Retinol adalah salah satu favorit saya,” katanya kepada BAZAAR.com. “Ini adalah multitasker terbaik.” Shani yang telah merawat Kim Kardashian dan Jessica Alba, mengatakan bahwa sementara klien dengan rosacea ringan telah merespon dengan baik Retinol Reform-nya, “tidak semua jenis kulit dapat mentolerir retinol.” Shani secara khusus menunjuk mereka yang memiliki kulit sangat sensitif atau rawan rosacea sebagai mereka yang mungkin tidak dapat menggunakan retinol. "Tapi ada perawatan lain di luar sana yang bisa Anda gantikan," ucap Shani. “Jadi, meskipun saya ingin semua orang menggunakan retinol, namun nyatanya hal itu tidak realistis untuk semua orang dan tidak menjadi masalah.”

PATRICIA WEXLER, AHLI DERMATOLOGI

“Tidak semua orang membutuhkan retinol,” kata Patricia Wexler. “Ada banyak agen terapi lain yang meningkatkan kolagen dan elastin, meningkatkan asam hialuronat, dan anti-inflamasi serta mengurangi kerusakan kolagen yang ada.” Beberapa poin yang diberikan Patricia adalah resveratrol, inhibitor MMP, vitamin E dan C, dan asam ferulat. Jika Anda menggunakan retinol, beberapa favoritnya adalah skinbetter AlphaRet, SkinMedica Retinol Complex 0.25, dan The Ordinary 0.2% in Squalane, yang katanya “ideal untuk kulit sensitif.”

SONYA DAKAR, AHLI PERAWATAN WAJAH

Sonya Dakar yang berbasis di Beverly Hills, yang menangani Gwyneth Paltrow dan Sofia Vergara, telah melihat perawatan kulit berkembang secara substansial selama 30 tahun terakhir. “Semakin banyak perusahaan yang membuka gerbang untuk retinol,” katanya. “Haleluya! Ini sangat penting untuk semua orang.” Sonya mengatakan bahwa retinol adalah salah satu bahan yang paling penting untuk memperlambat proses penuaan pada orang dewasa dan membantu menghilangkan bekas jerawat pada remaja. Produknya yaitu Retinu, diciptakan setelah penelitian dan pengembangan yang cermat. "Secara umum, retinol adalah bahan yang sangat sangat luar biasa bagi manusia." Ia berdiri begitu kokoh dengan produknya dan mengatakan bahwa itu dapat digunakan tujuh hari seminggu. "Jump in the water," katanya. "Saya ada di belakang Anda."

JEANINE DOWNIE, AHLI DERMATOLOGI

“Semua orang bisa mendapatkan manfaat dari retinol, tetapi itu tidak bekerja untuk beberapa pasien, karena mereka memiliki eksim atau psoriasis yang mendasarinya,” kata Jeanine Downie. "Selain itu, jika Anda merokok, vape, atau merokok ganja, Anda bisa mengeringkan kulit Anda secara signifikan dan kemudian menempatkan retinol di atasnya akan sangat berlebihan dan menyebabkan tingkat iritasi yang lebih besar."

DR. BARBARA STURM, AHLI PERAWATAN KULIT

“Sebagai seorang dokter, saya percaya segala sesuatu yang menyentuh kulit Anda seharusnya menyembuhkan dari pada mengobarkannya,” kata dokter estetika Jerman Barbara Sturm. “Jadi saya tidak merekomendasikan bahan anti-penuaan agresif seperti retinol, yang merangsang sitokin pro-inflamasi, menyebabkan hipersensitivitas terhadap matahari dan faktor lingkungan, tidak aman untuk menyusui atau kehamilan, dan umumnya menyebabkan kemerahan, kekeringan, rasa terbakar, mengelupas, serta dermatitis. ”Barbara, yang telah bekerja dengan Irina Shayk dan Hailey Bieber, mengatakan bahwa retinol populer karena memiliki efek, "tetapi saya tidak percaya manfaatnya sepadan dengan biayanya." Ia menambahkan, “Saran saya adalah, jika Anda memilih untuk menggunakan retinol atau retinoid, selalu lakukan di bawah pengawasan dokter dibandingkan bereksperimen di rumah.”

HOWARD MURAD, AHLI DERMATOLOGI

“Retinol bersifat preventif dan korektif, membantu Anda meminimalkan tanda-tanda penuaan yang dapat Anda lihat dan yang belum terlihat,” kata Howard Murad. "Jadi, sebagai derm, saya akan merekomendasikannya, tetapi itu semua tergantung pada kulit dan preferensi Anda." Ini adalah percakapan penting untuk dilakukan dengan dokter kulit Anda sendiri, catatnya. "Ide yang baik untuk Anda bertanya kepada dokter kulit Anda apakah produk berbasis retinol tepat untuk Anda dan, jika demikian, seberapa sering menggunakannya.”

(Penulis: Rachel Burchfield; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)