Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Atasi Masalah Kecemasan di Tengah Pandemi dengan 4 Pose Yoga Sederhana yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

Terapkan langkah-langkah berikut ini untuk atasi masalah kecemasan yang sangat dekat di masa pandemi ini.

Atasi Masalah Kecemasan di Tengah Pandemi dengan 4 Pose Yoga Sederhana yang Dapat Anda Lakukan di Rumah
(Foto: Courtesy of Instagram @penyogastar)

Dalam episode dari seri Brunch with Dave Hendrik terbaru yang mengudara hari ini, Rabu, 21 Juli 2021, Dave mengundang salah satu sosok celebrity yoga instructor, Fajar Putra atau yang dikenal juga dengan nama panggung Penyogastar untuk membahas mengenai “Yoga untuk Mengatasi Rasa Cemas”. Di tengah perbincangan yang sangat penuh inspirasi dan wawasan baru, sang instruktur pun membagikan secara istimewa kepada para penonton setia dari seri Brunch with Dave Hendrik empaat pose yoga sederhana yang dapat diterapkan secara mudah di rumah untuk mengatasi masalah kecemasan yang mungkin sedang Anda alami akibat pandemi. Mari simak langkahnya di bawah ini:

(Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia)

"Ini sangat simple, kalau tidak punya matras, di lantai menggunakan handuk juga bisa, atau karpet, di mana saja bahkan di kursi sekalipun," ujar Fajar.

1. Mulai dengan menarik nafas

Duduk bersila atau di kursi tegak dan mulai Ujjayi Breath. Tarik napas yang dalam, lalu exhale lepaskan sebanyak 5 kali pengulangan. Coba terapkan tarik nafas 4 hitungan, lalu waktu exhale 6 hitungan karena exhale selalu lebih panjang dari inhale supaya ketika inhale lagi, inhale-nya lebih banyak dan paru-paru kita akan terisi oksigen lebih banyak.

2. Twisting

(Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia)

Kemudian gerakan pertama yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah kecemasan ini adalah gerakan twisting. Jadi kita putar tubuh dan lihat ke arah belakang. Bagi Anda yang duduk di kursi, Anda dapat memegang sandaran. Badannya tegak lihat kebelakang, bayangkan ada yang menarik tulang belakang, dan stay, jangan lupa juga menggunakan nafasnya, inhale serta exhale-nya sebanyak lima hitungan. Kemudian kembali perlahan ke posisi semula, lalu switch to the other side dan ulangi metode yang sama.

3. Eagle hands

Setelah itu, masuk ke pose eagle hands, yaitu dengan menaruh tangan sebelah kiri di bawah, lalu taruh tangan kanan di atasnya sampai siku bisa saling tiban. Sekarang kalau bisa lagi, putar sampai punggung tangan yang satu bertemu dengan punggung tangan yang lainnya. Jika masih bisa challenge lagi, telapak tangan yang satu bertemu dengan telapak tangan lainnya. Lalu, jika posisi siku turun ke arah bawah, angkat sejajar hingga bahu. Setelah Anda nyaman pada posisi, inhale seraya melihat ke arah atas dan bawa siku semakin naik, stretch, dan open your heart, let it shine, and keep breathing hingga lima hitungan. Setelah selesai, ulangi untuk posisi tangan yang berlawanan. 

4. Side stretch

Sebagai langkah terakhir yang sayangnya jarang dilakukan oleh orang-orang. Bawa tangan serta tubuh ke arah samping, hal ini penting karena energi kita sering tersendat di bagian samping karena kita terlalu sering duduk sehingga jarang memanjangkan bagian samping tubuh yang dapat mengakibatkan sakit pinggang. Setelah membawa bagian tangan dan tubuh ke arah samping, bawa siku sejauh mungkin ke arah matras, lalu nafas sebanyak 8 hitungan. Jika lutut Anda terangkat, Anda dapat mengangkat sedikit siku yang menempel di bagian matras. Jika ingin challenge, Anda dapat melihat ke arah atas dan buka bagian dada, bayangkan bernafas lebih dalam dan buka lagi bagian dada dan open your heart. Setelah selesai, ulangi langkah yang serupa untuk bagian tubuh yang lainnya. 

Langkah terakhir, tinggal luruskan tangannya ke belakang menggunakan finger tips atau yang berada di kursi bisa memegang sandaran dan back bend. Karena jika di yoga kita percaya untuk mengatasi rasa tidak nyaman di hati, kita buka hatinya. Hanya melihat ke belakang lalu open your chest, look up, dan pertahankan posisi tersebut selama 5 hitungan.

Nantikan video perbincangan lengkap Dave Hendrik dengan Penyogastar dalam episode Brunch with Dave Hendrik yang akan tayang segera di kanal YouTube Harper's Bazaar Indonesia.

(Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia, @penyogastar)