Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari yang Dianjurkan Ahli, Apa Anda Sudah Terapkan?

Simak 10 langkah yang direkomendasikan untuk Anda terapkan dalam rutinitas kecantikan di pagi hari.

Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari yang Dianjurkan Ahli, Apa Anda Sudah Terapkan?
(Foto: Courtesy of domenicogelermo©123RF.com)

Setelah di artikel sebelumnya, kita sempat membahas secara terperinci mengenai rangkaian skincare beserta panduan langkah yang tepat untuk produk kecantikan yang diaplikasikan pada malam hari. Kini, Bazaar kembali mengajak Anda untuk mengevaluasi rangkaian perawatan yang Anda terapkan di pagi hari.

Tak jauh berbeda dengan apa yang Anda terapkan di malam hari beserta beberapa catatan penting seperti mengaplikasikan produk dengan tekstur yang paling ringan kemudian baru bertahap masuk ke yang lebih tebal (plus, jangan lupakan tabir surya Anda!), mari simak bersama langkah perawatan pagi hari seperti apa yang dianjurkan oleh banyak ahli kecantikan (walaupun sejatinya tidak ada rangkaian perawatan yang universal untuk semua orang karena kembali lagi rutinitas kecantikan seharusnya dibangun menurut kebutuhan serta tipe kulit setiap pribadi).

Lihat lagi yuk urutan pemakaian skincare di pagi hari yang tepat:

1. Cleanser

Untuk tahapan pertama ini, ada banyak saran yang diberikan oleh para ahli mengenai cara membersihkan kulit wajah Anda yang benar. Ada yang menyarankan untuk hanya membilas wajah dengan air dan tanpa melibatkan produk pembersih wajah, namun jika Anda merasa tak nyaman dengan metode tersebut, tak ada yang salah jika Anda menggunakan produk pembersih wajah yang lembut (dan tentunya yang sesuai dengan tipe kulit Anda) untuk mengangkat sisa-sisa produk dari rutinitas kecantikan Anda kemarin malam.

Namun satu hal penting yang perlu disimak, jika Anda menggunakan produk berbasis minyak di dalam rangkaian perawatan kulit malam hari, maka menggunakan produk pembersih berbasis minyak di pagi hari adalah suatu keharusan mutlak untuk mengangkat sisa-sisa produk tersebut secara efektif.

Rekomendasi Bazaar ketika menggunakan produk pembersih wajah berbahan minyak: biarkan beberapa saat produk yang telah Anda pulas ke seluruh area wajah sambil di pijat lembut tersebut agar produk dapat bekerja secara maksimal dan merangsang sirkulasi. Setelah itu, baru bilas dengan air hangat dan biarkan kulit tetap dalam keadaan lembap.

(Foto: Courtesy of DHC)
(Foto: Courtesy of DHC)

DHC Deep Cleansing Oil 150ml
269.000 rupiah

2. Toner

Langkah yang sering dilewatkan oleh kebanyakan orang karena dianggap keras dan dapat mengiritasi kulit, seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya ketika membahas mengenai rangkaian perawatan kecantikan di malam hari, kehadiran produk toner sangatlah penting dalam rangkaian rutinitas kecantikan karena kemampuannya untuk menyeimbangkan pH serta memberikan hidrasi yang dibutuhkan oleh kulit. Untuk itu, segera ikut sertakan produk toner yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit dalam rangkaian perawatan Anda.

(Foto: Courtesy of Chanel)
(Foto: Courtesy of Chanel)

Chanel Le Tonique Anti-Pollution Invigorating Toner
686.200 rupiah

3. Serum

Menjadi salah satu langkah terpenting dari rangkaian perawatan, karena di tahap inilah Anda “mengirim” bahan-bahan aktif ke wajah lewat penggunaan produk serum, oleh sebab itu pemakain produk serum dianjurkan sedekat mungkin dengan kulit sebelum ditumpuk dengan produk-produk skincare lainnya. 

Untuk pemilihan produk serum, Anda dianjurkan untuk memilih serum yang kaya antioksidan mengingat wajah Anda akan menghadapi banyak paparan eksternal yang berpotensi merusak kulit sepanjang hari seperti polusi, sinar UVA/UVB, dan juga blue-light dari perangkat elektronik yang digunakan. Dan kehadiran serum memastikan menjadi penghalau dari faktor eksternal yang mungkin mengancam performa kulit.

(Foto: Courtesy of La Mer)
(Foto: Courtesy of La Mer)

La Mer The Concentrate
4.720.000 rupiah

4. Krim mata

Produk krim mata memiliki kecenderungan tekstur yang lebih ringan dan lebih tipis ketimbang produk pelembab wajah, untuk itu pastikan untuk mengaplikasikannya sebelum mengoleskan produk berbasis krim maupun minyak. Saran Bazaar? Pilih produk krim mata yang memiliki aplikator berupa rollerball (dengan rollerball yang disimpan di kulkas sepanjang malam, ini akan membantu mengatasi masalah tampilan kantung mata).

(Foto: Courtesy of Dior)
(Foto: Courtesy of Dior)

Dior Prestige Le Concentré Yeux
3.431.000 rupiah

5. Spot treatments

Tak jauh berbeda dengan penggunaan produk serum yang dianjurkan untuk “sedekat mungkin dengan kulit”, untuk masalah pengaplikasiannya spot treatment yang seperti kita ketahui digunakan untuk menyasar masalah tertentu (misal: jerawat) yang sedang terjadi pada wajah, juga dianjurkan untuk sedekat mungkin dengan kulit agar dapat menembus kulit serta  melakukan tugasnya. 

(Foto: Courtesy of Mario Badescu)
(Foto: Courtesy of Mario Badescu)

Mario Badescu Drying Lotion
415.000 rupiah

6. Pelembap

Kehadiran pelembap mungkin dapat dikatakan menjadi langkah terpenting, bukan hanya untuk memberikan suplai hidrasi yang diperlukan oleh kulit, namun moisturizer juga bekerja untuk menyegel hidrasi secara bersamaan, itulah sebabnya formula dalam produk pelembap cenderung lebih berat ketimbang produk-produk lainnya. 

(Foto: Courtesy of Bobbi Brown)
(Foto: Courtesy of Bobbi Brown)

Bobbi Brown Vitamin Encriched Face Base Primer
885.000 rupiah

7. Face Oil

Rekomendasi paling umum untuk penggunaan produk minyak wajah adalah untuk menerapkannya kedua terakhir sebelum penggunaan tabir surya di pagi hari. Hal ini terjadi karena minyak yang memiliki sifat oklusif (berarti dapat membantu mengunci kelembapan kulit). Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk tidak mengaplikasikannya dengan jumlah yang terlalu banyak, gunakan hanya sekitar dua hingga tiga tetes minyak dan tepuk-tepuk ringan di seluruh area wajah.

(Foto: Courtesy of Bio Beauty Lab)
(Foto: Courtesy of Bio Beauty Lab)

Bio Beauty Lab Luxurious Oil Serum
320.000 rupiah

8. Tabir surya

Menjadi langkah puncak dari seluruh rangkaian perawatan area wajah, penggunaan tabir surya memang benar-benar tak bisa disepelekan. Berbeda dengan produk-produk di tujuh langkah sebelumnya yang memiliki tugas untuk berpenetrasi ke dalam kulit, fungsi tabir surya justru sebaliknya, bukan untuk menembus ke dalam kulit wajah, tetapi hadir untuk melindungi wajah dan bertindak sebagai penghalau terhadap serangan dari luar. 

Dan untuk melindungi kulit wajah secara maksimal, para ahli merekomendasikan untuk memilih produk tabir surya dengan kemampuan proteksi minimal SPF 30. Selain itu penting untuk diingat bahwa kehadiran produk tabir surya juga tak boleh Anda lupakan walaupun mungkin sekarang Anda banyak beraktivitas dari dalam rumah akibat pandemi. Tak hanya berfungsi untuk melindungi wajah dari paparan eksternal, penggunaan produk tabir surya juga dapat berfungsi melindungi wajah dari paparan sinar biru dari perangkat elektronik. 

(Foto: Courtesy of Bioderma)
(Foto: Courtesy of Bioderma)

Bioderma Photoderm Max Fluid SPF100 PA++++
319.000 rupiah
Kemudian, tak hanya area wajah saja yang perlu Anda perhatikan dan rawat, nyatanya bagian tubuh Anda yang lain juga perlu diberikan perawatan yang sama sama luar biasanya, berikut adalah beberapa langkah perawatan yang dapat Anda terapkan di pagi hari untuk mendukung performa Anda menjalani aktivitas di sepanjang hari


9. Body treatment

Jika Anda melakukan rangkaian perawatan wajah dengan benar, maka Anda tentu sudah tak asing lagi mengenai semua manfaat dari produk antioksidan dan retinoid yang dapat menyelamatkan kulit. Antioksidan, seperti vitamin C dapat mencegah efek perusak sel dari polusi, asap, dan sinar matahari.

Untuk itu, hal yang sama juga tak boleh Anda kecualikan dari perawatan tubuh yang biasa hadir dalam konsentrasi yang lebih rendah sesuai dengan kebutuhan tubuh.

(Foto: Courtesy of Dew It)
(Foto: Courtesy of Dew It)

Dew It On The Go Body Polish
225.000 rupiah

10. Deodoran

Tahukah Anda sebenarnya keringat kita pada dasarnya tidak berbau? Ya, seperti yang ditemukan oleh Huffington Post dalam artikel mereka tentang deodoran, keringat itu sendiri sebenarnya hampir tidak berbau. Namun bau badan dapat terjadi ketika bakteri tubuh “bertemu” dengan salah satu dari dua jenis kelenjar keringat yang disebut kelenjar apokrin, yang biasanya berada di area yang banyak rambut, seperti ketiak, selangkangan, atau di kulit kepala. Bau tersebut adalah hasil dari percampuran antara bakteri tersebut. Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan produk deodoran yang mengandung beberapa kandungan antibakteri, yang mampu membunuh bakteri penyebab bau dan membuat Anda tetap bersih.

(Foto: Courtesy of Sensatia Botanicals)
(Foto: Courtesy of Sensatia Botanicals)

Sensatia Botanicals Molucca Spice Natural Deodorant
125.000 rupiah

Baca juga:

Apakah Rutinitas Skincare Malam Anda Sudah Benar? Mari Simak & Perbaiki Langkah Perawatan Kecantikan Pada Malam Hari

(Foto: Courtesy of domenicogelermo©123RF.com)