Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tak Disangka, 7 Drama Korea Ini Ternyata Terinspirasi Dari Kisah Nyata

Ternyata, cerita dalam beberapa drama korea berikut ini terinspirasi dari kisah nyata, lho!

Tak Disangka, 7 Drama Korea Ini Ternyata Terinspirasi Dari Kisah Nyata

Tak hanya telah berhasil mengambil hati masyarakat Korea Selatan saja, drama Korea juga telah berhasil mengambil hati masyarakat Indonesia, terlebih di masa pandemi. ‘Demam Drakor’ begitu disebutnya. Bukan tanpa alasan, ini karena drama Korea kerap menyuguhkan ragam cerita yang menarik, mulai dari romantis-komedi, melodrama, thriller, crime, fantasi, hingga cerita yang diangkat dari kisah nyata. 

Drama yang mengangkat cerita dari kisah nyata selalu sukses menarik perhatian penonton. Lantas, drama Korea apa saja yang diadaptasi dari kisah nyata? Intip rekomendasinya di sini!

1. Move to Heaven (2021)

(FOTO: COURTESY OF ASIANWIKI)

Serial orisinal persembahan Netflix yang dirilis pada tanggal 14 Mei kemarin sukses menarik perhatian penonton, tidak terkecuali penonton Indonesia. Move to heaven menceritakan tentang Han Geu-ru (Tang Joon-sang), yang memiliki sindrom Asperger, menjalani bisnis 'Move to Heaven' bersama dengan sang ayah, Han Jeong-u (Ji Jin-hee). 

Suatu hari, ayah Han Geu-ru mengalami kematian yang mendadak. Sepeninggal ayahnya, Geu-re harus tinggal dengan sang paman Cho Sang-gu (Lee Je-Hoon) dan tetap menjalani bisnis ‘Move to Heaven’. Serial ini memang akan banyak menguras air mata, namun banyak pesan moral yang disampaikan. Perjalanan duo paman dan anak dalam bekerja juga akhirnya perlahan mampu mengubah sudut pandang serta kepribadian mereka. Bagaimana seorang paman yang kasar dan acuh tak acuh, ternyata punya sisi kelembutan di dalam dirinya. Begitu pun dengan sifat kaku yang seolah tak bisa diubah dari penderita sindrom Asperger, perlahan bisa melunak seiring perjalanan waktu.

Penulis drama ini, Yoon Ji-ryeon, menyebutkan jika kisah dramanya diambil dari essay non fiksi berjudul Things Left Behind yang ditulis oleh Kim Sae-Byul, tokoh pembersih trauma pertama di Korea Selatan. Kisah-kisah yang menyentuh dari pengalamannya inilah yang membuat sutradara Kim Sung-ho tertarik untuk mengangkatnya menjadi sebuah drama penuh pelajaran hidup. Anda dapat menyaksikan Move to Heaven di layanan aplikasi streaming Netflix.

2. Taxi Driver (2021)

(FOTO: COURTESY OF VIU)

Taxi Driver telah mencuri perhatian para pencinta drama Korea sejak awal penayangannya. Bagaimana tidak, drama ini memiliki cerita yang bisa dibilang unik, yaitu tentang misi balas dendam menggunakan layanan taksi mewah yang dilakukan Kim Do Ki (Lee Je-Hoon) bersama tim Rainbow Taxi, Ahn Go-eun (Pyo Ye-jin), Jang Sung-chul (Kim Eui-sung), Park Jin-eon (Bae Yu-ram), dan Choi Gyeong-gu (Jang Hyuk-Jin). Terkadang Anda merasa geram jika seorang penjahat tidak mendapat hukum yang setimpal atau seberat-beratnya, karena terbentur dengan peraturan atau undang-undang yang berlaku. Di sini Anda seolah akan "terpuaskan" dengan balasan setimpal terhadap para penjahat yang dilakukan oleh Kim Do Ki dan kawanannya!

Nah, beberapa kisah dalam serial ini ternyata terinspirasi dari kisah nyata, seperti kasus pedofil yang terjadi pada tahun 2008 silam dan menggemparkan Korea Selatan saat itu. Selain itu, kasus pembunuhan berantai yang pernah terjadi di Korea Selatan tahun 2004 hingga 2006. Lalu, kasus penganiayaan terhadap karyawan penyandang disabilitas, pernah terjadi di Korea Selatan pada tahun 2014. Serta kasus penganiayaan dan pelecehan yang dilakukan CEO perusahaan berbasis teknologi terhadap karyawannya, ini pernah terjadi terjadi di tahun 2018. Serial Taxi Driver bisa Anda saksikan di Viu atau Vidio.

3. Signal (2016)


(FOTO: COURTESY OF ASIANWIKI)

Signal bercerita tentang seorang profiler kasus Park Hae Young (Lee Je-hoon) dari tahun 2015, dan seorang detektif Lee Jae-Han (Cho Jin Woong) dari tahun 2000, yang bekerja sama untuk memecahkan serangkaian kasus cold case (kasus yang dibekukan) menggunakan walkie-talkie "ajaib". Kenapa ajaib? Sebab dalam menjalankan misinya mereka dibatasi oleh dimensi waktu yang begitu jauh. Dan mereka hanya bisa berkomunikasi pada jam yang sama, selama beberapa menit saja! 

Drama ini mengangkat berbagai kasus kejahatan tragis yang pernah terjadi di Korea Selatan, salah satunya kasus pembunuhan berantai Hwaseong, yang menjadi kasus kejahatan yang paling terkenal di Korea Selatan. Selain kasus pembunuhan berantai Hwaseong, drama ini juga menyajikan kasus kejahatan tragis lainnya yang pernah terjadi di Korea seperti Kidnapping-Murder Case, Park Chorong Bitnari, Seongsu Bridge, Miryang Gang Rape, dan Sinjeong Dong Murder. 

Bisa dikatakan Signal sebagai salah satu drama terbaik untuk cerita kriminal detektif. Terbukti dengan perolehan rating yang membuatnya menjadi salah satu drama Korea peraih rating tertinggi sepanjang sejarah cable TV. Tak hanya itu saja, Signal juga berhasil menyabet penghargaan kategori Best Drama dan Best Screenplay di acara Baeksang Arts Awards 2016. Salah satu drama Korea terbaik ini bisa Anda nikmati di layanan streaming Netflix. 

4. Fight for My Way (2017)

(FOTO: COURTESY OF SOOMPI)

Drama Korea romantis, Fight for My Way bercerita tentang kisah Ko Dong Man (Park Seo Joon) dan Choi Ae Ra (Kim Ji Won) yang sama-sama berjuang meraih mimpi mereka masing-masing, atlet tinju dan penyiar. Penulis drama ini, Im Sang-choon, mengaku terinspirasi dari kisah nyata kehidupan seniman bela diri campuran Jepang dan Judoka, Choo Sung-hoon, bersama dengan sang istri, Yano Shiho. 

Yang tentu menarik dari jalan ceritanya adalah tokoh utama yang sebelumnya merupakan sahabat karib sejak kecil. Ini adalah bagaimana definisi 'dari temen jadi demen' versi drama Korea. Akan ada kecemburuan-kecemburuan yang membuat Anda gemas, sampai kecanggungan ketika mereka akhirnya benar-benar berkencan.

Cari tahu lebih lanjut mengenai kisah perjuangan Dong Man dan Ae Ra dalam mengejar mimpi mereka masing-masing di Netflix. 

5. My Wife’s Having an Affair This Week (2016)

(FOTO: COURTESY OF ASIANWIKI)

Dibintangi oleh Lee Sun Kyun, Song Ji Hyo, BoA, dan Lee Sang Yeob, drama Korea berjumlah 12 episode ini menjadi drama berikutnya yang ceritanya terinspirasi dari kisah nyata. Tepatnya, terinspirasi dari sebuah curhatan seorang pria di sebuah forum online. Pria tersebut menuliskan sebuah tulisan, “My wife is having an affair this week: What should I do?”. Unggahan ini kemudian mendapat banyak komentar dari netizen. 

Dalam drama ini, Do Hyun-woo (Lee Sun Kyun) yang telah bekerja sebagai PD selama 10 tahun terakhir. Pada suatu hari, Hyun-woo mengetahui kalau ternyata sang istri, Jung Soo-Yeon (Song Ji Hyo) berselingkuh. Untuk melindungi pernikahannya, Hyun-woo mencari solusi dari orang-orang yang tidak dikenal melalui media sosial. 

6. Tunnel (2017)

(FOTO: COURTESY OF ASIANWIKI)

Lagi-lagi mengangkat kisah kelam tentang pembunuhan Hwaseong, drama Korea Tunnel masuk ke dalam daftar drakor yang diadaptasi dari kisah nyata. Serial ini bercerita tentang seorang detektif dari tahun 1986, Park Gwang-ho (Choi Jin-Hyuk) yang mati-matian mencoba menangkap seorang pembunuh berantai. Pengejaran tersebut membuat Gwang-ho melewati sebuah terowongan yang membawa dirinya ke tahun 2017, di mana ia bertemu dengan Kim Seon-jae (Yoon Hyun-Min) yang juga merupakan seorang detektif andal dengan kemampuan penyelidikan tinggi. 

Ketika pelaku pembunuhan berantai melanjutkan aksinya yang dimulai 30 tahun lalu. Dua detektif bekerja sama dengan psikolog kriminal, Profesor Shin Jae-yi (Lee Yoo-Young) untuk memecahkan kasus pembunuhan berantai yang belum terpecahkan dan menangkap pelaku pembunuhan. Anda dapat menyaksikan drama korea Tunnel di Netflix. 

7. Mouse (2021)

(FOTO: COURTESY OF SOOMPI)

Dibintangi oleh aktor multitalenta, Lee Seung-Gi, drama Mouse ternyata terinspirasi dari kisah nyata. Sebelumnya, sang sutradara, Choi Joon Bae bertemu dengan seorang psikopat di penjara yang diketahuinya memiliki kesenjangan emosi berbeda dari orang biasa. Sutradara Choi Joon-bae kemudian mengungkapkan kisah ini kepada penulis naskah, Choi Ran, yang kemudian menginspirasinya untuk membuat cerita drama Mouse ini. 

Serial ini memiliki jalan cerita yang unik dan sulit ditebak. Mouse bercerita tentang seorang perwira polisi muda dan lugu yang tak bisa apa-apa, Jung Ba-Reum (Lee Seung-Gi), bersama rekannya yang sangat senior Go Moo Chi (Lee Hee Joon). Suatu hari Jung Ba reum terlibat baku hantam dan sempat kritis ketika menangkap terduga psikopat. Anehnya begitu sadar, ia seolah melihat sosok psikopat di dalam dirinya! Akhirnya mereka berupaya untuk mengungkapkan kasus pembunuhan berantai yang melibatkan psikopat sadis. Berhasilkah mereka mengungkap kasus pembunuhan berantai tersebut? Tonton di Viu!

(Layout: Tevia Andriani)