Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Manfaat Ritual Berendam atau Mandi Mewah yang Termasuk Self-Healing untuk Melepas Penat di Rumah

Tingkatkan pengalaman berendam ataupun mandi Anda untuk menemukan kembali kebahagiaan dalam diri.

Ini Manfaat Ritual Berendam atau Mandi Mewah yang Termasuk Self-Healing untuk Melepas Penat di Rumah
(Hadi Cahyono for Harper's Bazaar Indonesia)

Yuk, bikin aktvitias yang dapat membuang segala pikiran negatif di rumah. Memang ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk kembali “mengisi daya” setelah menjalani keseharian yang padat dan salah satu yang sedang ramai diperbincangkan dan menjadi tren terkini adalah mengelevasi pengalaman mandi atau berendam Anda ke tingkat selanjutnya yang secara mengejutkan dapat membantu Anda memahami kembali diri sendiri.

Dalam sebuah buku berjudul, Ritual Baths karya penulis Deborah Hanekamp, ia menjelaskan bagaimana kita semua dapat mempraktikkan perawatan diri yang lebih baik dengan memanfaatkan kekuatan elemen air. “Kita semua sedang menghadapi masa ketidakpastian yang besar, dan kita tahu bahwa ini akan mengubah kita semua selamanya. Untuk itu, memiliki aktivitas yang dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan bisa menjadi awal dari cara baru, di mana kita menempatkan diri di atas kepentingan lain,” ungkap Deborah.

Sedangkan menurut Donalee Curtis, seorang blogger yang juga memiliki ketertarikan besar pada pentingnya untuk merawat kesehatan mental diri sendiri, aktivitas mandi dapat menjadi cara sederhana bagi Anda untuk kembali mendengarkan diri Anda. “Bagi saya, ini adalah tentang mengingatkan diri sendiri bahwa semuanya akan baik-baik saja. Meluangkan waktu untuk bersikap lembut dan rehat sejenak. Waktu untuk menjadikan Anda prioritas tertinggi tanpa gangguan, penilaian dari orang luar, maupun ekspektasi tertentu. Dan saya pikir salah satu cara termudah untuk mempraktikkan perawatan diri adalah dengan menambahkan waktu ekstra dan terancang dengan kegiatan yang sudah menjadi bagian dari rutinitas harian Anda. Seperti mandi, misalnya. Anda tentu melakukan ini setiap hari, jadi mengapa tidak menjadikan mandi sebagai pengalaman penyembuhan juga?” ungkapnya seperti apa yang dikutip dari salah satu unggahan artikel di website-nya.

Setelah mengetahui manfaat yang mungkin dapat Anda rasakan dengan mengelevasi rutinitas mandi atau berendam Anda, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Bagi Anda yang mungkin sudah bersemangat dan mulai membayangkan diri menikmati momen me time dengan pengalaman yang baru, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda terapkan untuk mengubah waktu mandi yang biasa dilakukan dengan terburu-buru, menjadi salah satu aktivitas yang (mungkin) paling menyenangkan dan bahkan ditunggu-tunggu setelah seharian menjalani segudang aktivitas yang menguras tenaga:

1. Hidupkan suasana

Sebelum benar-benar mulai ritual mandi, coba melangkah lebih jauh dengan mempersiapkan barang-barang yang dapat membantu membangun mood Anda ketika berendam atau jika Anda tak memiliki bathtub di rumah, ketika Anda mandi seperti biasanya. Untuk itu, Anda mungkin dapat menyalakan beberapa lilin, hadirkan segelas wine favorit, dan putar playlist lagu favorit Anda selama masa mandi maupun berendam.

(Foto: Courtesy of Jo Malone London)
(Foto: Courtesy of Jo Malone London)

Jo Malone London White Lilac & Rhubarb Charity Candle
1.044.000 rupiah

Memadukan aroma antara rhubarb yang tajam dan bersemangat dengan white lilac yang lembut, ini tentu akan mengingatkan Anda pada aroma menyenangkan dari hamparan taman dengan bunga yang baru saja bermekaran dengan indah di musim panas.

(Foto: Courtesy of Sababay)
(Foto: Courtesy of Sababay)

Sababay Wine Reserve Red
280.000 rupiah
Dengan paduan dari ras buah-buahan seperti redcurrant, blackberries, dan sedikit rasa vanilla di akhir, ini tentu akan menjadi kawan sempurna ketika Anda menikmati waktu berendam.

(Foto: Courtesy of L'Occitane)
(Foto: Courtesy of L'Occitane)

L'Occitane Almond - Moisturizing Shower Oil 250ml
415.000 rupiah

Bagi Anda yang mungkin lebih memilih mandi biasa ketimbang berendam, menghadirkan produk sabun mandi yang dapat memberikan efek menenangkan dan nyaman menjadi hal yang penting. Rekomendasi Bazaar adalah produk shower oil persembahan L'Occitane ini. Dengan teksturnya yang ringan, shower oil ini tidak hanya akan melembutkan serta menyehatkan kulit, namun juga akan menyajikan pengalaman aromatik yang sangat nyaman dan mampu membangkitkan semangat Anda.

2. Bubuhkan sedikit minyak esensial

Saat air dalam rendaman sudah mulai mengeluarkan uap, tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam bak mandi. Uap dengan aroma menenangkan tersebut tentu akan langsung berhasil mengubah suasana kamar mandi menjadi seperti spa mewah Anda (namun milik Anda sendiri). Seperti yang kita ketahui, aromaterapi dapat menjadi alat yang ampuh untuk memerangi kondisi stres. Pilih aroma yang Anda suka, tetapi di lain sisi juga tetap dapat memberikan efek menenangkan yang Anda butuhkan.

(Foto: Courtesy of Young Living)
(Foto: Courtesy of Young Living)

Young Living Lavender Essential Oil
487.000 rupiah

Manjakan diri dengan semilir aroma lavender yang menyenangkan dan yang seperti kita ketahui terkenal dapat mengatasi masalah insomnia saat akhirnya dapat menikmati sesi berendam yang telah Anda nanti-nantikan sepanjang hari.

3. Berikan yang terbaik bagi diri Anda

Ingat, ini adalah tentang diri Anda sendiri dan bukan menghadirkan kesenangan orang lain. Oleh sebab itu berinvestasi pada kesenangan diri juga membutuhkan upaya (sekaligus dana) yang lebih ekstra. Untuk itu, jangan pernah ragu untuk memanjakan diri dengan deretan produk dengan kualitas terbaik.

(Foto: Courtesy of Aroma Sense)
(Foto: Courtesy of Aroma Sense)

Aroma Sense Medium Handheld Vitamin C Shower Head AS 9000
649.900 rupiah

Pernahkah Anda mendengar alat pancuran yang dapat turut mengeluarkan pilihan aroma yang menenangkan (tersedia berbagai aroma sesuai keinginan mulai dair lemon, lavender, jasmine, hingga rose) dan juga kandungan vitamin C (yang seperti kita ketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menjaga kulit agar tetap halus dan mencegah masalah kerontokan rambut)? Jika belum, mungkin alat pancuran persembahan perusahaan dari Korea Selatan, Aroma Sense akan menjadi tambahan sempurna bagi kamar mandi Anda yang tak pernah dibayangkan sebelumnya. Tak hanya akan memberikan segala manfaat baik yang terkandung, dengan alat pancur ini, Anda juga dapat menghemat pemakaian air hingga 20-50% berkat teknologi pada lubang semportannya.

(Foto: Courtesy of Sensatia Botanicals)
(Foto: Courtesy of Sensatia Botanicals)

Sensatia Botanicals Relaxation Sea Salt Bath
160.000 rupiah

Memberikan efek sejuk dan dapat menghilangkan stres, bath salt persembahan label lokal Sensatia Botanicals ini juga menyajikan aroma citrus yang menyegarkan. Tuang segenggam bath salt ke dalam air hangat untuk pengalaman mandi yang menenangkan berkat campuran minyak esensial dan zat aktif dari berbagai paduan tumbuhan.

4. Ini waktunya untuk "berbicara" pada diri sendiri

Di tengah-tengah sesi Anda berendam atau sekali lagi bagi Anda yang tak memiliki bathtub yang berarti Anda berada di bawah pancuran air, ambil waktu sejenak untuk mendengarkan dan berbincang dengan diri sendiri. Mungkin di waktu ini, Anda dapat memanfaatkannya untuk mengevaluasi lagi segala yang terjadi sepanjang hari tersebut, entah sesuatu yang membawa sukacita, maupun kebalikannya, kesalahan yang mungkin Anda lakukan di hari tersebut. Namun, alih-alih mengatakan hal-hal negatif dan kasar yang dapat menurunkan kepercayaan diri, gunakan waktu ini untuk melepaskan segala emosi yang mungkin telah dipendam, biasakan untuk berbicara kepada diri sendiri bahwa segala kesalahan yang Anda lakukan adalah bagian dari proses pembelajaran hidup. Bukanlah sesuatu yang buruk jika Anda melakukan kesalahan, justru dari kesalahan tersebut Anda dapat memperbaiki diri untuk menjadi pribadi yang semakin baik dan untuk tidak jatuh di lubang yang sama untuk kedua kalinya di masa depan.

Baca juga:

Kenali 4 Langkah Cara Menggunakan Bath Bomb yang Benar

(Foto: Courtesy of Hadi Cahyono for Harper's Bazaar Indonesia; Fashion stylist: Michael Pondaag; Jo Malone London, Sababay, L'Occitane, Young Living, Aroma Sense; Sensatia Botanicals)