Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

7 Manfaat Tai Chi Mulai Dari Mental Hingga Fisik

Dapat mengurangi stress dan juga membantu Anda tidur agar lebih nyenyak.

7 Manfaat Tai Chi Mulai Dari Mental Hingga Fisik
Courtesy of Bazaar UK

Ketika berbicara mengenai latihan pikiran dan tubuh, mungkin yang Anda pikiran adalah yoga. Namun, beberapa manfaat tai chi berikut akan membuat Anda mempertimbangkan untuk menukar, atau melengkapi postur yoga down dogs dengan “cloud hands”.

Meskipun praktik tai chi telah ada selama berabad-abad, tai chi telah mendapatkan perhatian kembali akhir-akhir ini. Masuk akal bahwa lebih banyak orang mencari opsi olahraga ringan lain yang tidak hanya membuat Anda merasa lebih baik secara fisik tapi juga dapat membantu mengurangi tingkat stres. Membuat Anda lebih terpusat dan tenang.

Baca sepenuhnya untuk mengetahui tentanng berbagai manfaat kesehatan yang diberikan tai chi, serta tips untuk memulainya.

Apa itu Tai Chi?

Tai chi adalah seni bela diri asal Tiongkok yang digunakan sebagai latihan pertahanan diri, serta meditasi bergerak, kata Nadia Murdock, pakar pola pikir dan gerakan di New York City.

“Gerakan tai chi dilakukan secara perlahan disertai dengan pernapasan dalam,” ucapnya. “Setiap perpindahan dari satu gerakan ke gerakan berikutnya dilakukan tanpa jeda, membiarkan tubuh berada dalam gerakan ringan namun konstan.” Salah satu contoh gerakannya adalah cloud hands, atau yun shou, di mana Anda menggerakkan tangan seolah-lah sedang menggerakkan awan di hari yang berangin.

Biasanya, kelas tai chi akan dimulai dengan dua hingga lima menit permanasan untuk merenggangkan otot dan persendian, jelas Nadia. Pemanasannya mencakup head roll, roll bahu, dan meraih jari-jari kaki Anda serta latihan pembukaaan, seperti gerakan melingkar pada pinggul dan pergelangan kaki.

Konsep yin dan yang juga penting dalam tai chi. Terlalu banyak gerakan ‘yang’ tanpa ketenangan dapat menyebabkan stres dan kelelahan pada tubuh. Sementara itu gerakan ‘yin’ memberikan ketenangan yang dapat membantu memelihara tubuh sampai kadar terdalam. Memasukkan gerakan mediatif pada saat aktivitas ‘yang’ akan membantu menyatukan keduanya.

Berbagai macam gaya Tai Chi 

  • Yang : Ini adalah gaya terpopuler dan juga paling banyak digunakan di seluruh dunia saat ini. Pada gerakan ‘yang’, ada gerakan lambat, ringan, dan melingkar secara terus menerus dalam posisi mengambang.
  • Wu : Gaya tai chi ini membutuhkan posisi berdiri berbentuk persegi dengan kedua kaki mengarah ke depan.
  • Chen : Bentuk seni bela diri Tiongkok Utara ini dicirikan dengan silk reeling, yang membantu mengoordinasikan bagian tubuh dengan tujuan bahwa jika satu bagian bergerak, keseluruhannya akan bergerak. 

Courtesy of Bazaar UK
Courtesy of Bazaar UK

Tujuh manfaat Tai Chi 

  1. Mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Meski masih diperlukan banyak riset, studi telah membuktikan bahwa latihan mediatif seperti tai chi dapat menimbulkan efek positif dalam hal kesejahteraan psikologis.
  2. Dapat membantu Anda multi-task. Tai chi telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kognitif eksekutif Anda yang mencakup kemampuan Anda untuk multitask atau melakukan banyak tugas, serta membuat keputusan dan juga mengatur waktu.
  3. Meningkatkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kelincahan. Selain memiliki reputasi ringan dan lambat, tai chi juga telah terbukti membantu dalam fleksibilitas dan keseimbangan pada orang tua.
  4. Meningkatkan kekuatan dan definisi otot. Tai chi juga dapat membantu kekuatan tubuh bagian bawah dan atas jika dilakukan secara teratur, berdasarkan penelitian pada orang tua.
  5. Membantu tidur yang lebih nyenyak. Olahraga dan aktivitas fisik, secara umum, diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur, begitu juga dengan tai chi. Suatu studi menunjukkan bahwa tai chi dapat meningkatkan tidur yang lebih baik pada orang dewasa yang sehat dan mereka yang memiliki kondisi kronis.
  6. Memperkuat system kekebalan tubuh. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa melakukan tai chi memiliki dampak kecil dalam meningkatkan sel-sel kekebalan tubuh.
  7. Mengurangi rasa sakit. Riset telah menunjukkan bahwa tai chi dua kali seminggu dapat membantu nyeri pada mereka yang menderita kondisi seperti fibromyalgia, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan sakit kepala tegang.

 Cara untuk memulai Tai Chi

Meskipun aspek latihan seni bela diri bisa memakan waktu beberapa tahun untuk dikuasai, tai chi relatif mudah dipelajari, kata Nadia.

Anda dapat menemukan kelas tatap muka di gym sekitar atau studio tai chi yang didedikasi untuk penelitian. Anda juga dapat menemukan video daring, seperti untuk pemula, atau yang berdurasi kurang dari sepuluh menit. Pastikan pakaian Anda nyaman dan tidak membatasi; pilih bahan kapan dan bahan lain yang memungkinkan kulit Anda untuk bernapas.

 

(Penulis: Emilia Benton; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar UK)