Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Jangan Lagi Anggap Tabu, Mari Kita Bicara Tentang Menstruasi

Budaya kita memang belum nyaman untuk membicarakan menstruasi, hingga akhirnya merugikan kesehatan masyarakat. Namun kini zaman telah berubah.

Jangan Lagi Anggap Tabu, Mari Kita Bicara Tentang Menstruasi
Courtesy of Bazaar US

Jika sudah lama sejak terakhir kali Anda memikirkan tentang menstruasi, kami mengerti. Sangat mudah untuk jadi terbiasa setelah siklus pertama. Namun, percakapan mengenai ini telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir. “Membicarakan mengenai menstruasi sudah tidak lagi tabu berkat para ahli-ahli baru," kata Charis Chambers. M.D., seorang ahli ginekolog yang berbasis di Columbus, Georgia, melalui @ThePeriodDoctor. 

Media sosial telah memainkan peran berpengaruh, sebagai akibat para ahli ginekolog menjadi influencer Instagram dan masuk dalam arus video #PeriodTok. Berbicara secara terbuka tentang menstruasi adalah misi dari the growing period positivity movement, yang bertujuan untuk memastikan bahwa semua orang (termasuk laki-laki) terbuka tentang fungsi dasar ini. Berbicara tentang tubuh kita tidak hanya menggerakkan jarum budaya, sebab hal itu berpotensi menyelamatkan jiwa. “The American Collage of Obstetricians and Gynecologists sudah mulai berbicara tentang menstruasi sebagai tanda vital kelima,” kata Alyssa Dweck, M.D., seorang ahli ginekolog di Mount Kisco, New York, yang bermitra dengan Midol. “Sering kali itu adalah tanda pertama dari sesuatu yang serba salah. Itu sangat penting.”

Sekarang, menstruasi adalah sebuah pilihan

Berhubungan dengan datang bulan, banyak yang menstruasi (termasuk wanita dan orang non-biner dan transgender) tidak menyadari bahwa sekarang ada banyak pilihan. “Ilmu pengetahuan telah mengikuti gaya hidup masyarakat, pengendalian kehamilan lewat terapi hormonal adalah pengatur menstruasi yang sempurna,” kata Sherry Ross, M.D., seorang ahli ginekolog di Santa Monica. “Jika mengalami kram yang parah, migrain hormonal, menstruasi tidak teratur, atau menstruasi yang berat dan lama, memulai dari paket pil dosis rendah setiap tiga minggu, dan melewatkan minggu plasebo dapat melumpuhkan fase pendarahan dan efek samping,” tambah Sherry. “Kita tidak perlu menderita.” (Ia mencatat bahwa tidak normal untuk melewatkan menstruasi tanpa bantuan alat kontrasepsi.) Tapi bukankah ada manfaat dari pendarahan selama seminggu? “Tidak sama sekali,” kata Sherry. Meskipun beberapa orang secara psikologi merasa lebih baik melihat darah, “Lapisan rahim tidak pernah menumpuk, jadi itu bukan masalah kesehatan.” Natalie Crawford, M.D., seorang ahli ginekolog di Austin, juga mendukung pasien yang ingin mengatur menstruasi mereka dengan cara ini. “Menggunakan pil KB, bahkan dalam jangka panjang, tidak merusak kesuburan Anda,” katanya. Jadi mengapa tidak lebih banyak orang memakai strategi ini? “Mereka tidak diberi pendidikan.” (Selalu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai regimen pengendalian yang baru.)

Apa yang tidak normal?

“Penting untuk membedakan antara apa yang umum dan normal untuk Anda," ucap Lisa Hendrickson-Jack, seorang praktisi kesehatan reproduksi holistik dan penulis The Fifth Vital Sign. Misalnya, sementara itu umum bagi orang untuk mengalami nyeri sedang hingga parah, Anda tidak harus menerimanya sebagai hal yang normal. “Itu bisa menjadi tanda dari peradangan hingga endometriosis,” katanya. Gejala PMS memang tidak nyaman, tetapi tidak perlu mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. “Saya pernah mendengar orang menormalkan hal-hal seperti, ‘Saya bolos sekolah selama dua hari setiap menstruasi.’ Itu tidak normal,” kata Charis. Juga tidak bisa makan atau muntah selama siklus Anda. Jika Anda melihat adanya gangguan baru yang tidak biasa, termasuk menstruasi yang telah hilang selama lebih dari tiga bulan, hubungi ahli ginekolog secepatnya. Sementara banyak dokter berempati, “Komunitas media memiliki sejarah panjang yang tidak menganggap serius rasa sakit wanita,” kata Natalie. Hal ini terutama terjadi pada wanita kulit hitam, yang lebih rentan terhadap fibroid (tumor non-kanker tetapi terkadang menyakitkan di dalam atau di rahim). Juga, penelitian menunjukkan bahwa wanita kulit hitam dan Latin dengan endometriosis, gangguan menyakitkan di mana jaringan endometrium tumbuh di luar Rahim, lebih memungkin untuk salah didiagnosis. Budaya perlahan berubah. Tambah Natalie, “Jika Anda tidak didengar, pergilah ke tempat lain.”

Apakah vaski mengganggu menstruasi Anda?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa secara anekdot beberapa wanita melaporkan menstruasi yang lebih berat setelah divaksinasi untuk Covid-19. Kate Clancy, kepala Clancy Lab di University of Illinois, dan pembawa acara Period Podcast, menggunakan media sosial demi mengumpulkan tanggapan untuk studi penelitian tentang menstruasi pasca-vaksin. Meskipun terlalu dini untuk mengklaim penyebabnya, kita mungkin mengabaikan satu penyebab utama: stres. “Kami telah melihat lonjakan depresi dan kecemasan selama Covid, dan itu dapat memiliki efek nyata pada siklus Anda,” kata Sherry.

 

 Gerakan menstruasi untuk masyarakat

“Jika seseorang berjuang untuk membayar biaya kebutuhan sehari-hari (primer), Anda harus menganggap produk menstruasi adalah bagian dari itu,” kata Nadya Okamoto, pendiri Period, sebuah organisasi nirlaba yang mendistribusikan produk kebersihan menstruasi kepada orang yang membutuhkan. Ia juga salah satu penyuara terkemuka tentang menstruasi bagi masyarakat miskin. “Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa 46 persen wanita berpenghasilan rendah di St. Louis harus memilih antara makanan dan produk menstruasi,” katanya, seraya menambahkan bahwa kaum muda juga menderita kehilangan kesempatan pendidikan. Menurut sebuah pemungutan suara Harris dari tahun yang sama, 25 persen remaja telah melewatkan kelas karena kurangnya akses menuju produk terkait menstruasi. Bagaimana Anda dapat membantu? Sumbangkan persediaan ini ke sekolah, tempat penampungan, dan organisasi pendukung sesering mungkin.

 

Produk esensial saat Anda sedang menstruasi

Sembilan cara inovatif untuk mengurangi masalah menstruasi Anda. 

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Cycle 

The Good Patch

target.com

12.00 US Dollar (173.507 rupiah)

Buka dan tempelkan patch ini di perut Anda selama 12 jam saat kram. Mentol dan black cohosh menawarkan dosis bantuan topikal yang terus menerus.

 

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Noha

Ovira

ovira.com

139.00 US Dollar (2.009.794 rupiah)

Jika bantal pemanas Anda terlihat seperti berjalan pada Windows 98, coba ini sebagai gantinya. Ovira adalah perangkat teknologi wearable yang disetujui FDA yang menggunakan dorongan elektrik lembut, bukan panas, untuk menghentikan transmisi sinyal rasa sakit ke otak.

 

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

The Original Heat Pack

Undu

unduwearables.com

64.00 US Dollar (925.372 rupiah)

Paket Undu Original Heating Pack yang ramah lingkungan dapat dimasukkan ke dalam saku di pakaian dalam merek tersebut, sehingga Anda dapat menyimpannya di dekat Anda untuk kenyamanan terus menerus.

 

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

My Period – La Cure

Payot

payot.com  

26.00 US Dollar (375.932 rupiah)

Perubahan hormon di sekitar siklus Anda dapat mendatangkan malapetaka pada kulit Anda. Set serum khusus menstruasi ini, dengan sembilan botol sekali pakai selama sembilan hari, memberikan dosis ekstrak yang menenangkan, menyeimbangkan, dan membersihkan yang membuat kulit Anda terlihat segar tidak peduli bagaimana perasaan Anda.

 

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

The Bikini

The Period Company

period.com              

12.00 US Dollar (173.507 rupiah)

Pakaian dalam yang dirancang untuk menyerap darah selama 24 jam penuh? Kedengarannya mencurigakan. Artinya, sampai Anda mencobanya. "Produk favorit saya adalah pakaian dalam," kata Charis. "Ini bagus untuk orang-orang yang mungkin tidak terlalu nyaman menggunakan tampon atau yang tidak suka merasakan pembalut bergeser."

 

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Menstrual Cup

Saalt

amazon.com

29.00 US Dollar (419.309 rupiah)

Menstrual cups, yang digunakan seperti tampon tetapi menangkap darah alih-alih menyerapnya, bukanlah hal baru, tetapi mereka mendapatkan popularitas berkat desainnya yang ramah lingkungan. Kami menemukan Saalt Cup paling mudah untuk pemula.

 

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US
Period Active Cycle Shorts

THINX

Nordstrom.com

75.00 US Dollar (1.084.421 rupiah)

Celana pendek bersepeda ini dapat menampung darah hingga satu hari dan sangat ideal untuk dikenakan saat berolahraga atau hanya bersantai di sekitar rumah. Kami suka memakainya sendiri pada hari-hari yang lebih ringan dan sebagai polis asuransi ketika arus lebih berat.

 

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Disc Starter Kit

Flex

flexfits.com

13.00 US Dollar (187.966 rupiah)

Menstrual disc adalah seperti cangkir sekali pakai, tetapi dimasukkan lebih tinggi dari tampon. Itu berarti Anda bisa berhubungan seks, berolahraga, atau hanya tidur hingga 12 jam tanpa khawatir bocor. Untuk melepaskan, cukup geser keluar dan ganti dengan yang lain.

 

(Penulis: Jessica Matlin dan Jenna Rosenstein; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)