Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cinta Diri Sendiri Dulu Sebelum Adiktif di Klinik Kecantikan

Mencintai diri sendiri terlebih dahulu adalah kunci awal sebelum terlena dengan beragam tindakan estetika.

Cinta Diri Sendiri Dulu Sebelum Adiktif di Klinik Kecantikan

Menjadi cantik sudah pasti idaman sebagian besar perempuan. Mematut diri di cermin sering berlanjut dengan membuat daftar kekurangan yang harus diperbaiki. Mulai wajah sampai tubuh. Mulai yang kasat mata sampai kekurangan yang hampir tak terlihat . 

Tapi apa boleh buat, mencari kesempurnaan memang salah satu sifat manusia. Termasuk juga menginginkan apa yang tak dipunya hingga terkadang terlupa akan kelebihan yang dimiliki.

Hasrat cantik membuat bisnis beauty clinic menjadi menarik, dan jumlahnya bertumbuh pesat. Dari yang rumahan tanpa izin dengan peralatan seadanya, kemudian beralih di ruko sampai di gedung mewah dengan interior mentereng, nyaman, diikuti mesin terbaru berharga jutaan dolar.

Memilih klinik perlu kecermatan tersendiri. Terutama kalau sudah melakukan treatment yang memasukkan sesuatu ke dalam tubuh kita. Apa lagi kalau sudah melibatkan tindakan operasi. Banyak yang terpesona iklan. Banyak yang tergoda harga dan paket murah pula.

Pokoknya mau "putih". Pokoknya mau kencang. Pokoknya harus mancung, bibir penuh, dagu menggantung, wajah huruf V tirus. Mata harus berbentul almond seperti orang Korea atau sebulat bintang Hollywood.

Yang sering jadi masalah, banyak yang kurang teliti atau malas untuk mencari informasi detail sebelum melakukan tindakan. Berkonsultasi pada beberapa ahli dan browsing di internet itu penting sekali. Paling banyak yang memilih ikut-ikutan teman. Yang gawat kalau teman yang diikuti ternyata juga tidak teliti sebelum memilih dokter, treatment plus kliniknya!

Selalu pastikan, apa filler yang akan disuntikkan. Stem cell-nya yang digunakan jenis apa? Brand-nya apa? Kandungannya bagaimana? Baiknya, cari tahu dulu bermacam produk sejenis yang tersedia dipasaran berikut plus minusnya. Apa efek sampingnya? Siapa yang akan mengerjakan. Dokter? Apa spesialis dokter tersebut? Bagaimana pengalamannya?

Karena semua cairan itu akan masuk ke dalam tubuh kita. Jangan silau iklan dan tempat mentereng. Sekali lagi, paatikan kita tahu jelas apa yang dimasukkan ke tubuh kita. Kalau ada operasi, pastikan anestesinya. Lalu apakah ada alergi.

Anestesi adalah salah satu yang terpenting dalam operasi. Dan yang paling aman tentunya anestesi harus dilakukan oleh dokter ahli anestesi. Memang honor dokter anestesi termasuk tinggi, tapi tentunya sepadan dengan keamanan dan keselamatan. Jangan mempertaruhkan kesehatan dan keselamatan karena kurang teliti. Menuruti petunjuk dokter juga menjadi hal penting termasuk pada masa pemulihan.

Menjalani berbagai treatment dan prosesur kecantikan juga butuh pengendalian diri. Mempencantik bukan mengubah. Biasanya keinginan merubah wajah hasilnya akan jadi kurang natural bahkan kadang terlihat aneh. Dan akan berlanjut dengan adiksi untuk terus melakukan perubahan. Koreksi terasa tak cukup hingga butuh perubahan yang makin berlebihan dari hari ke hari.

Menurut pendapat saya pribadi, memperbaiki dan mempercantik dengan takaran yang pas adalah kuncinya. Jangan serakah untuk hasil yang ekstrem. Kerutan itu untuk disamarkan, bukan dihilangkan. Karena setiap usia punya kecantikannya sendiri.

Maintenance sesudah treatment dan prosesur juga menjadi faktor penting. Tidak menjaga makan setelah tummy tuck tentu akan mengembalikan kita pada kegemukan. Perawatan rutin dengan skincare juga faktor penting untuk menunda penuaan.

Dan tentunya memilih skincare juga harus yang aman dan jelas, termasuk mencari tahu kandungan di dalamnya, karena banyak ingredient yang dulu hits , belakangan ditemukan berbahaya bagi kesehatan. Skincare yang baik dan aman akan bekerja bertahap. Tapi skincare "hard core" dengan ingredient berbahaya biasanya berefek instan

Tapi ada solusi cantik yang kadang terlupakan. "Jatuh cinta dengan diri sendiri". Menyukai fisik kita adalah langkah awal yang tidak butuh biaya. Namun juga tidak mudah. Menerima kekurangan, menyukai wakah dan tubuh adalah sebuah kekuatan yang akan menghadirkan rasa nyaman. Rasa nyaman akan berlanjut dengan percaya diri dan menghadirkan kecantikan dari dalam.

Seberapa banyak pun treatment dan prosedur yang dijalani, kalau kita tidak bisa menerima diri sendiri, tidak bahagia dengan kondisi fisik kita, kecantikan itu akan sesalu sulit dijangkau. Berdamai dan jatuh cintalah dengan fisik kita. Karena kecantikan itu tidak ada pakemnya. Kecantikan punya berbagai bentuk dan tipe. 

Terakhir, tambahkan "bumbu inti" kepribadian yang hangat, sincere, dan genuine, maka Anda akan menjadi sosok cantik yang sesungguhnya.


(Foto: xxx)