Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Judul Buku Biografi yang Mampu Mengubah Hidup Anda

Resapi setiap kata dan kisah.

10 Judul Buku Biografi yang Mampu Mengubah Hidup Anda

Inspirasi dapat datang darimana saja, beberapa cenderung mendapatkanya dari sisi visual di saat yang lain lebih menikmati audio. Namun, kali ini yang kita bahas adalah inspirasi yang datang dari kata-kata. Rangkaian kalimat yang menceritakan ulang sejumlah kisah deretan tokoh inspiratif yang sosoknya membawa pengaruh kepada dunia.

Bidangnya beragam, tetapi keragaman tersebut dipersatukan oleh sebuah persamaan. Persamaan yang bercerita mengenai tokoh-tokoh berani yang tidak takut menyuarakan suaranya. Di manapun mereka berada, baik yang berasal dari dunia politik, musik, hingga akademis, seluruh kisah hidup dari para tokoh terpilih yang diulas di sejumlah judul buku berikut tidak hanya berujung sebagai sebuah makna karya literatur.

Cerita mereka realita, bukan fiktif apalagi omongan belaka yang dituangkan si pengarang melalui tulisannya. Seluruh alur cerita buku telah terjadi di kehidupan nyata, inspirasi yang ingin mereka bagikan kepada dunia lewat cerita hidupnya masing-masing. Mari simak 10 judul buku biografi terbaik kurasi Bazaar.

 

1. Becoming - Michelle Obama

Dapat dihitung dengan jari, seorang ibu negara yang juga membawa perubahan pada masa kepemimpinan pasangannya sebagai presiden. Salah satunya tentu Michelle Obama. Melalui buku berjudul Becoming, Anda dapat menyelami lebih lagi pemikiran seorang mantan ibu negara yang selamanya mendapat tempat di hati rakyat Amerika Serikat.

2. Steve Jobs - Walter Isaac

Jenius mungkin terlalu biasa, tetapi karakterlah yang menjadikan seorang Steve Jobs tidak akan pernah dilupakan. Walter Issac, penulis asal Amerika mengulas lengkap kisah kehidupan tokoh berjasa dalam kemajuan teknologi saat ini.

3. Just Kids - Patti Smith

Anda termasuk salah satu fan fanatik Patti Smith? Jangan hanya nikmati karya musiknya, tetapi telisik juga karya sastra dari tokoh legenda dalam dunia permusikan ini. Buku berjudul Just Kids oleh Patti Smith akan membuat Anda menyelami kehidupan pribadinya yang tidak pernah terungkap publik.

4. Educated - Tara Westover

Tara Westover adalah seorang petualang sejati. Kisahnya bertahan hidup saat melakukan pendakian di pegunungan Idaho telah menginspirasi jutaan pembaca di seluruh dunia. Bagi Anda yang belum sempat membaca, Educated oleh Tara Westover dijamin membuka pandangan baru mengenai kehidupan.

5. I Know Why The Caged Bird Sings - Maya Angelou

Nama Maya Angelou tentunya tak asing lagi di telinga Anda. Ia adalah seorang penulis serta penyair ternama asal Amerika. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pemikiran seorang Maya Angelou? Maka buku bertitel I Know Why The Caged Bird Sings wajib Anda baca.

6. My Thoughts Exactly - Lily Allen

Lily Allen mengikut jejak sejumlah rekan musisinya untuk menulis buku. Dirilis di bulan September 2018, banyak yang memuji buku berjudul My Thoughts Exactly yang merupakan karangannya sendiri. Buku ini berkisah mengenai feminism dan pro kontra kehidupan wanita dari pandangan seorang Lily Allen.

7. Churchill: A Life - Martin Gilbert

Bagi Anda yang tertarik dengan konflik politik, terutama di saat perang dunia kedua, wajib membaca biografi dari Winston Churchill. Perjuangannya di masa kelam tersebut diceritakan dengan lugas oleh pengarangnya yang bernama Martin Gilbert melalui buku berjudul Churchill: A Life.

8. I am Malala: The Girl Who Stood Up For - Christina Lamb & Malala Yousafazai

Ditulis oleh tokoh utama sendiri dan seorang rekan penulis lainnya, saat membaca I am Malala: The Girl Who Stood Up For, seketika jiwa feminis akan muncul di hati. Resapi dan biarkan kisah hidup wanita inspiratif ini juga menginspirasi Anda yang membaca.

9. Swans: Three Daughters of China - Jung Chang

Membahas mengenai topik utama berupa kehidupan tiga generasi wanita di Tiongkok, buku berjudul Wild Swans: Three Daughters of China jelas merupakan bacaan berisi. Buku karangan Jung Chang ini telah meraih penghargaan bergengsi, di antaranya NCR Book Award di tahun 1992 dan British Book of The Year di tahun 1993.

10. Biografi Gus Dur - Greg Barton


Terakhir, sekaligus juga terbaik, berasal dari dalam negeri sendiri. Buku biografi mengenai mantan tokoh pemimpin negara, Abdurrahman Wahid atau kita kenal dengan nama Gus Dur akan membuat Anda terinspirasi. Buku ini menjadi salah satu international best-seller dan tersedia dalam dua bahasa.

UPDATE 2022:

11. Lady Bird Johnson: Hiding in Plain Sight - Julia Sweig

Berkisah tentang istri pertama John F. Kennedy, buku Lady Bird Johnson: Hiding in Plain Sight ditulis oleh Julia Sweig yang menceritakan tentang Lady Bird Johnson saat menempati White House selama awal gerakan pembebasan perempuan, menjamu wanita profesional dari semua lapisan masyarakat di White House dan mendorong wanita di seluruh dunia untuk mengejar karier mereka sendiri. 


12. Fierce Poise: Helen Frankenthaler and 1950s New York - Alexander Nemerov

Bagi para penggemar seni, seharusnya nama Helen Frankenthaler tidak lagi asing. Membuat beberapa lukisan paling berani dan memukau pada zamannya, ia adalah seorang seniman berbakat yang dilengkapi dengan kebulatan tekadnya untuk membedakan dirinya di dunia laki-laki. Buku Fierce Poise: Penulis Alexander Nemerov mengambil pendekatan pribadi dan biografis namun kritis untuk memperkenalkan kita pada kehidupan Helen serta karya-karyanya.


13. Dilettante: True Tales of Excess, Triumph, and Disaster - Dana Brown

Dirilis bulan Maret tahun 2022, Dilettante merupakan autobiografi yang menceritakan kisah Dana Brown sebagai mantan wakil editor Vanity Fair, di mana ia bertanggung jawab atas ratusan cerita tentang berbagai topik seputar mode, seni, politik. Meliputi pengalamannya mengenai apa yang sebenarnya dilakukan editor majalah, bagaimana ia bertahan dengan kehidupannya saat itu yang penuh dengan pesta dan dikelilingi orang-orang paling berpengaruh di dunia.


14. True Believer: The Rise and Fall of Stan Lee - Abraham Riesman

Dikenal sebagai kepala editor Marvel Comics selama tiga dekade dengan karyanya yang diakui secara internasional oleh hampir semua orang, Abraham Riesman membuka bagian dari hidup Stan Lee yang tak terduga, mengulik cerita di balik kesuksesannya yang masih relevan hingga sekarang dalam buku yang berjudul True Believer: The Rise and Fall of Stan Lee.


15. Comedy Comedy Comedy Drama: A Memoir - Bob Odenkirk 

Ditulis oleh Bob Odenkirk sendiri, Comedy Comedy Comedy Drama: A Memoir membuka tentang pasang surutnya di dunia entertainment, status kultusnya sebagai penulis komedi, serta bagaimana rasanya menemukan kembali dirinya sebagai pemain film aksi di usia 50 tahun. Jika ingin membaca buku yang ringan, lucu namun berbobot, buku ini menjadi jawabannya. 

(Teks:Ria Iskandar & Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of lightfieldstudios©123RF.com, goodreads.com, amazon.com, amazon.co.uk)