Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bahaya Tren Diet Militer

Diet yang menjanjikan turun 4 kg dalam 3 hari? Simak apa kata pakar tentang metode yang sedang marak tersebut.

Bahaya Tren Diet Militer

Ada beragam jenis diet yang beredar di tengah masyarakat dan semuanya mengklaim menawarkan cara termudah untuk menurunkan bobot paling cepat. Kini yang sedang banyak diperbincangkan adalah diet ala militer. Diet ini diklaim dapat menurunkan berat sekitar 4 kg dalam waktu tiga hari saja. Dan seperti diet pada umumnya, diet ala militer menawarkan aturan untuk membatasi asupan tertentu setiap harinya, terutama kalori dan karbohidrat.

Pengaturan makan untuk pelaku diet militer di antaranya:

Hari 1:
Sarapan: secangkir kopi atau teh, selembar roti tawar dan dua sendok selai kacang serta jeruk separuh.

Makan siang: secangkir kopi atau teh, selembar roti tawar dari gandum utuh dan setengah mangkuk atau kaleng tuna.

Makan malam: daging apapun sebanyak 3 ons, semangkuk kacang hijau, separuh pisang dan apel berukuran kecil, serta boleh ditambah secangkir es krim vanilla.

total kalori: 1300 kalori


Hari 2:
Sarapan: selembar roti tawar, satu telur rebus dan separuh pisang.

Makan siang: satu telur rebus, 5 lembar cracker dan satu mangkuk keju cottage.

Makan malam: pisang separuh dan wortel separuh mangkuk, satu mangkuk brokoli, dua hot dogs dan separuh cup es krim vanilla.

total: 1200 kalori


Hari 3:
Sarapan: 5 lembar cracker, 1 slice keju cheddar, dan satu buah apel.

Makan siang: satu telur rebus dan selembar roti tawar.

Makan malam: satu kaleng tuna, pisang separuh dan satu cup es krim vanila.

Total: 1100 kalori

Baca juga: Makanan Lezat Kaya Serat


Pakar diet berpendapat bahwa pembatasan kalori dan karbohidrat bukanlah metode diet yang baik.

“Air dalam tubuh akan hilang dengan cepat ketika tubuh mulai kehilangan simpanan glikogen, yang umumnya terjadi ketika Anda membatasi asupan kalori dan karbohidrat. Tetapi ketika Anda mulai kembali makan dengan normal, bobot berat Anda akan kembali naik.” terang Dr. Michael Wijaya.
Penurunan asupan kalori yang drastis dalam sehari juga tidak mudah untuk dilakukan. "Anda akan lebih mudah lelah, susah berkonsentrasi, dan kelaparan, sehingga Anda tak mampu fokus."

Kemudian pakar menyoroti sejumlah menu yang dianggap tidak sehat, semisal hot dogs dan es krim. "Konsumsi es krim sendiri tidak mengandung kalori yang cukup. Masih lebih baik salad dengan protein yang cukup atau makanan lain yang dapat menahan lapar seperti nasi merah atau roti gandum," lanjut Michael.

Baca juga: Penjelasan Tentang Diet Yoyo

Michael menambahkan, dari metode tersebut, tidak disebutkan sama sekali tentang olahraga. Padahal diet yang sehat dan benar adalah kombinasi antara pengaturan pola makan dan olahraga. Bila tidak olahraga, dipastikan penurunan berat badannya juga takkan berlangsung secara konsisten.

"Bobotnya memang cepat turun tapi juga cepat naik lagi (diet yoyo) dan ini akan melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat metabolisme berantakan, dan meningkatkan risiko penyakit seperti batu ginjal hingga jantung," timpal Michael.

Menariknya meski diberi nama diet militer, ternyata para militer Amerika Serikat tidak mengembangkan dan menggunakan metode ini, bahkan tidak ada mirip-miripnya dengan pola makan untuk anggota militer yang sebenarnya.

Michael juga meminta masyarakat awam untuk lebih pandai memilih informasi yang beredar di internet, sebab ada banyak sekali situs kesehatan yang memberikan berbagai klaim tentang kesehatan, misalnya tentang diet atau pola makan tertentu yang belum terbukti manfaatnya.

Lantas apakah ada cara mudah dan cepat untuk menurunkan berat badan? Michael mengatakan ini bukan mustahil. "Biasanya saya akan merekomendasikan untuk menambah konsumsi air putih dan menghilangkan berbagai jenis makanan berkarbohidrat seperti roti, pasta, sereal dan nasi setidaknya selama sepekan," sarannya.

Ia juga meminta untuk membatasi minuman yang mengandung glukosa buatan seperti soda, jus buah kemasan dan smoothies karena kalori-kalori dari minuman tersebut dapat menaikkan bobot dengan cepat.


Baca juga: 5 Kiat Susut Berat Badan Tanpa Diet

Baca juga: 4 Cara Efektif Untuk Meningkatkan Metabolisme


(Foto: Anatolii Riepin/Shutterstock)