Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Episode Sex and The City yang Wajib Ditonton Berulang Kali

Sekarang serial ini sudah tersedia di Netflix, tidak ada alasan untuk tidak menontonnya secara maraton.

Episode Sex and The City yang Wajib Ditonton Berulang Kali
Courtesy of Bazaar US

Sedikit acara televisi yang seikonis serial Sex and The City (SATC). Serial ini memiliki karakter yang sudah banyak mencintai, deretan pakaian yang menarik perhatian, banyak momen yang relatable, dan banyak adegan yang dapat dikutip. Namun, tidak semua episode SATC dapat dikatakan bagus, ada beberapa yang gagal mencapai sasaran. Ada beberapa juga yang sangat bagus sehingga sulit untuk dilupakan. Bahkan, menjadi episode-episode yang mungkin Anda cari saat ingin menonton sesuatu yang tidak akan mengecewakan.

BACA JUGA: 5 Series Kriminal Modern yang Wajib Ditonton di Bulan Maret

Pilihan-pilihan dibawah ini diambil dari enam musim serial hits HBO tersebut. Dan mencakup beberapa momen paling liar dari seluruh franchise SATC. Ada beberapa adegan yang sangat emosional dan mengharukan, sementara ada yang penuh makna dan sangatlah cerdas, karena terasa begitu relatable. Semua yang terdiri dari momen-momen lucu, yang kini banyak diantaranya telah dijadikan meme alias lelucon. Bahkan, merupakan apa yang banyak orang pikirkan saat membicarakan SATC sebagai salah satu acara terbaik yang pernah ada. Berikut ada 15 episode Sex and the City yang paling ikonik.

1. “Valley of the Twenty-Something Guys” - Musim 1, Episode 4

Courtesy of Bazaar US

Dalam episode ini, para wanita berdebat tentang pro dan kontra berkencan dengan pria yang lebih muda saat mereka semua mendapatkan pasangan (atau hubungan singkat) dengan pria berusia 20-an. Ini juga episode pertama yang menceritakan tentang Big, serta tingkah dan trik-triknya yang dapat dikatakan terburuk. Dalam satu adegan yang lumayan mencolok, keempat wanita berbicara secara terus terang dan dengan lucunya tentang seks anal di belakang taksi. Dan pada saat itu, topik-topik seperti ini jarang dibahas di TV, terutama untuk karakter-karakter wanita.

2. “The Baby Shower” - Musim 1, Episode 10

Courtesy of Bazaar US

Carrie, Miranda, Samantha, dan Charlotte semuanya berusia 30-an di serial Sex and The City, dan penonton jarang melihat karakter-karakter ini saat muda. Tetapi "The Baby Shower" memberikan kita kilas balik yang langka. Dalam episode ini, keempatnya menghadiri baby shower seorang teman lama yang dikenal sebagai orang yang sering pesta sebelum ia pindah ke Connecticut. Dan keempat-empatnya berhasil melakukan sesuatu yang lucu dan tidak pantas. Seperti baby shower pada umumnya, hal ini membuat mereka memikirkan tentang motherhood, sesuatu yang mungkin banyak penonton dapat merasakan.

3. “They Shoot Single People, Don’t They?” - Musim 2, Episode 4

Courtesy of Bazaar US

Episode klasik ini sangat mudah untuk ditonton karena relevansinya yang sekali lagi terasa. Dalam episode ini, Carrie dipilih secara acak untuk menjadi sampul New York Magazine edisi “Single and Fabulous”. Namun, meskipun foto sampul yang mereka pilih sangatlah mengagumkan, bagi Carrie, yang malam sebelumnya keluar untuk berpesta, membuatnya dan wanita lain takut untuk menjadi lajang selamanya dan segera mencari pasangan. Namun, tidak ada dari mereka yang menemukan yang bagus, dan episode ini membuat orang bertanya, "Haruskah Anda menikah hanya agar Anda tidak sendirian?" dan "Baik-baik sajakah bila orang tetap single di usia 30-an?"

4. “La Douleur Exquise!” - Musim 2, Episode 12

Courtesy of Bazaar US

Salah satu dari banyak episode yang sangat berfokus pada Carrie dan Big, “La Douleur Exquise!” menunjukkan Big yang meninggalkan Carrie patah hati. Bahkan ini bukan yang pertama kalinya ataupun yang terakhir kali. Situasi Carrie dengan Big adalah sesuatu yang selalu disukai penonton karena ini adalah hubungan TV yang beracun namun tetap realistis. Dan, selain itu, para perempuan lainnya mendiskusikan fantasi atau konsep seksual yang tidak konvensional dan fetisisme masing-masing. Sekali lagi, ini adalah sesuatu yang tidak sering dilakukan pada sitkom pada biasanya dan merupakan bagian dari apa yang membuat SATC menjadi acara yang begitu inovatif.

5. “Ex and the City” - Musim 2, Episode 18

Courtesy of Bazaar US

“Ex and The City” menutup musim kedua dengan hebat. Carrie mengucapkan selamat tinggal (untuk sementara) kepada Big ketika ia mengetahui bahwa Big bertunangan dengan Natasha. Dan keduanya tampaknya mendapatkan closure alias penyelesaian dengan cara yang bisa di-relate oleh penonton. Alur cerita lainnya minor tetapi tetap menghibur, dan salah satu adegan terbaik menampilkan teman-teman Carrie yang sedang mendalami perasaan mereka di sebuah bar di NYC sambil minum cosmopolitans dan menyanyikan lagu Barbra Streisand.

6. “Running with Scissors” - Musim 3, Episode 11

Courtesy of Bazaar US

Setelah perselingkuhan Carrie dan Big agak mendominasi musim ketiga, semuanya berhenti dengan tiba-tiba dalam “Running With Scissors.” Dalam episode ini, Natasha menangkap Carrie di apartemen Big dan saat sedang mengejar Carrie, Natashi terjatuh dari tangga dan patah gigi. Suatu hal menyedihkan, terasa sangat dramatis tetapi tetap nyata, dan membawa simpati kepada Natasha, bukan Carrie. Tentu saja, episode ini juga menawarkan alur cerita yang lebih konyol, dengan seorang pria yang berpakaian seperti sandwich yang “menguntit” Miranda.

7. “Don’t Ask, Don’t Tell” - Musim 3, Episode 12

Courtesy of Bazaar US

Episode emosional lagi, “Don’t Ask, Don’t Tell” lebih banyak menangani dampak dari perselingkuhan tersebut. Dalam pergantian peristiwa yang dramatis, Carrie memberitahu Aidan tentang perselingkuhannya, dan memilih, entah kenapa, untuk melakukannya pada hari pernikahan salah satu sahabatnya (yang sebenarnya sangat tipikal untuk Carrie). Momen sedih namun tetap menghibur lainnya adalah saat Charlotte menyadari bahwa Trey impoten dan tetap menikahinya. Di musim ini, para penggemar benar-benar mulai menyadari bahwa Carrie tidak selalu disukai.

8. “The Real Me” - Musim 4, Episode 2

Courtesy of Bazaar US

“The Real Me” menunjukkan salah satu momen paling memalukan Carrie di depan umum. Ketika ia diundang untuk berjalan di sebuah pagelaran busana dan ia tergelincir, jatuh telungkup, dan harus menghadapi model, Heidi Klum, yang berjalan di atasnya. Ini adalah momen ikonik SATC sepanjang masa. Terlebih, pesan keseluruhan episode kali ini fokus pada body positivity, dengan masing-masing dari keempat wanita itu yang sedang menangani beberapa masalah pribadi.

9. “My Motherboard, My Self” - Musim 4, Episode 8

Courtesy of Bazaar US

Salah satu episode yang lebih berat dari acara ini adalah “My Motherboard, My Self” yang menceritakan tentang kesedihan dan kehilangan. Ibu Miranda meninggal, dan penonton menyaksikannya berjuang dalam situasi tersebut. Hal yang mungkin banyak dari mereka dapat merasakan dan menemukan kenyamanan dari pengalaman pribadi. Tentu saja, ada kehilangan yang lebih lucu yang dijelajahi dalam alur cerita SATC sehingga tidak semuanya tragedi. Contohnya, Samantha kehilangan orgasme. Sungguh sebuah serial yang memberikan banyaknya campuran emosi.

10. “Coulda, Woulda, Shoulda” - Musim 4, Episode 11

Courtesy of Bazaar US

Episode ini juga menangani beberapa topik berat yang relevan untuk orang-orang berusia 30-an, dan dalam bentuk SATC yang sejati, membuatnya lebih menghibur dan bisa dibicarakan. Miranda mengumumkan kehamilannya kepada grup dengan Steve dan mempertimbangkan aborsi, Charlotte menyadari bahwa ia akan kesulitan hamil meskipun ia ingin menjadi ibu, dan Carrie memutuskan apakah ia akan menceritakan tentang aborsi masa lalunya dengan Aidan atau tidak.

11. “The Post-It Always Sticks Twice” - Musim 6, Episode 7

Courtesy of Bazaar US

Episode ini menghadirkan salah satu momen paling ikonis SATC, yaitu catatan post-it yang digunakan Berger untuk putus dengan Carrie. Tertulisnya, “Maafkan. Saya tidak bisa. Jangan benci dengan saya.” Namun sedemikian, episode kali ini lebih lucu dan manis dibanding dramatis, menceritakan Charlotte yang bertunangan dengan Harry dan Carrie yang berada dalam masalah karena merokok ganja.

12. “The Catch” - Musim 6, Episode 8

Courtesy of Bazaar US

Untuk penggemar Charlotte, ini adalah salah satu episode terbaik dari seri ini, karena berpusat pada pernikahan Charlotte dan Harry. Pernikahan mereka mungkin adalah hubungan termanis dan terstabil di acara ini. Dan sangat menyenangkan untuk melihat mereka masuk ke dalam pernikahan untuk merayakan cinta. Ada momen lucu lainnya juga, seperti Miranda yang bersembunyi dari pacar barunya, Steve, dan Carrie yang mengalami hubungan semalam yang buruk.

13. “A Woman’s Right to Shoes” - Musim 6, Episode 9

Courtesy of Bazaar US

Dalam episode yang patut diperhatikan ini, Carrie dipaksa untuk melepas sepatu Manolo Blahnik-nya yang mahal di baby shower, hanya untuk menyadari bahwa mereka hilang saat ia harus pergi. Ketika tuan rumah memarahinya karena telah menghabiskan begitu banyak uang untuk sepasang sepatu, Carrie memutuskan untuk mengadakan pesta di mana ia "menikah... dengan diri sendiri!" dan membuat registri di Manolo Blahnik (agar para tamu dapat membelikannya sepatu dari Manolo Blahnik sebagai hadiah).

14. “Splat!” - Musim 6, Episode 17

Courtesy of Bazaar US

Bahkan jika Anda belum pernah melihat acara ini, Anda mungkin sudah sering melihat dengan mengejutkan dari episode ini. Kristen Johnston tampil sebagai bintang tamu yang memerankan sosialita tahun 80-an yang terjatuh dari jendela kaca di sebuah pesta koktail. Sebelum jatuhnya yang dramatis itu, ia dengan terkenalnya menyatakan, “Saya sangat bosan saya bisa meninggal." Sementara itu, Carrie memperkenalkan pacar barunya, Aleksandr (diperankan oleh Mikhail Baryshnikov), yang menginginkannya pindah ke Paris bersamanya.

15. “An American Girl in Paris: Part Deux)" - Musim 6, Episode 20

Courtesy of Bazaar US

Meskipun seri final ini tidak menjadi final yang sebenarnya di dunia SATC, masih sering disebut sebagai salah satu final seri terbaik di televisi. Episode tersebut tidak dramatis, berlebihan, atau penuh dengan momen besar, tetapi terasa manis, lucu, dan emosional. Mengakhiri segalanya dengan baik namun tetap meninggalkan alur ceritanya terbuka. Carrie berada di Paris dan sedang menjalankan hidup barunya bersama Aleksandr, sementara Big sedang terbang ke Paris untuk memenangkannya kembali. Samantha menyadari bahwa ia ingin bersama Smith, Charlotte kesulitan dengan proses adopsinya, dan Miranda belajar untuk menangani ibu mertuanya yang sakit.

BACA JUGA: 

35 Serial TV Baru yang Paling Dinantikan di Tahun 2024

14 Serial Indonesia Populer yang Wajib Anda Tonton!

(Penulis: Jessica Booth; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR US)