Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Menjelajahi #Regencycore ala Biyan Spring/Summer 2025

Tajuk 'Fleur' menyatakan gaya debutante yang paripurna.

Menjelajahi #Regencycore ala Biyan Spring/Summer 2025

Dalam suasana yang dapat meromantisasi soirée megah dari era Regency abad ke-18, koleksi terbaru Biyan Wanaatmadja terbentang seperti kerajaan masa kini. Bayangkan struktur vila putih menyerupai rumah boneka berdiri cantik di tengah landasan pacu untuk para model lintasi dan juga duduk bagaikan sedang menikmati keindahan sekelilingnya.

Mereka memperagakan interpretasi florilegium yang menjadi motif-motif bunga distingtif musim Spring/Summer 2025. Setiap print digarap oleh imaji artistik dari halaman-halaman ilustrasi kuno yang digunakan zaman itu untuk mendokumentasikan keanekaragaman bunga. Flora memang sudah spesialisasinya Biyan, yang mengalir secara khas untuk 125 koleksi busana wanita dan pria kali ini. Rancangannya dipadukan pula dengan palet pink, celadon, kuning pastel, dan biru lembut, kemudian disegarkan bersama warna cokelat dan royal navy blue.

Pesona 'age of innocence' yang memberi kesan nostalgia muncul melalui dress berpotongan empire, sheer cape yang melayang anggun bagaikan para debutante di salon-salon mewah, serta childlike night gown dalam styling-an berkonstruksi boyish nan boxy serupa terjemahan modern dari keanggunan periode 1800-an. 

Lalu, detail-detail seperti pita manis, sulaman bunga tiga dimensi yang tumpuk-menumpuk, dan sematan bordir akbar menyempurnakan seluruh narasi. Seperti bunga yang melambangkan kelembutan, kecantikan, dan ketenangan juga memiliki kemampuan untuk memberikan kebahagiaan tak terduga, estetika yang menjadi penyampaian metafora hidup dari sang desainer.  

(Foto: Courtesy of Biyan)