Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

8 Jenis Aroma Parfum untuk Membantu Anda Menemukan Wewangian Terbaik!

Mulai dari aroma floral, fruity, woody, gourmand, hingga spicy.

8 Jenis Aroma Parfum untuk Membantu Anda Menemukan Wewangian Terbaik!

Anda mungkin mengenal tiga jenis aroma parfum yang paling umum, seperti aroma bunga yang sensual dan feminin, aroma citrus yang menyegarkan, dan aroma fruity yang manis dan lembut. Tetapi ternyata, ada lebih banyak jenis aroma parfum daripada yang sudah disebutkan, ini termasuk aroma gourmand, spicy, woody, hingga aquatic

Jika Anda membaca deskripsi aroma parfum yang menyebutkan jenis aroma parfum dalam istilah yang cukup asing, jangan khawatir karena Bazaar mempunyai panduan lengkap tentang jenis-jenis aroma parfum untuk membantu Anda memahami dan memilih wewangian yang tepat! 

1. Aroma Bunga (Floral)


 

(chanel.com)

Aroma bunga (floral) adalah salah satu jenis aroma parfum paling populer—dan, sepertinya akan selamanya begitu—terutama yang berfokus pada aroma bunga seperti mawar, jasmine, camelia, gardenia, tuberose, dan peony. Itu bisa berupa aroma bunga tunggal atau campuran beberapa bunga, yang bisa menciptakan parfum dengan aroma floral yang sempurna. 

2. Aroma Buah-buahan (Fruity)

(tomfordbeauty.com)

Aroma buah-buahan (fruity) menciptakan jenis aroma parfum yang manis, lembut, dan terkadang cukup menyegarkan. Buah-buahan yang sering digunakan sebagai bahan utama parfum beraroma fruity, seperti ceri, pear, stroberi, semangka, persik, raspberry, dan apel. Itu bisa berupa aroma fruity tunggal atau campuran beberapa buah-buahan dan bahkan bunga, yang dapat memberikan sentuhan aroma parfum ceria, youthful, dan sophisticated

3. Aroma Woody

(sephora.com)

Aroma woody dicirikan dengan aroma dari berbagai jenis kayu (wood), seperti cedarwood, sandalwood, dan oud. Aroma woody merupakan aroma parfum yang warm, aromatik, memiliki sentuhan sensual, dan sophisticated. Aroma ini juga bisa cukup lembut, manis, segar, dan creamy, yang bisa membangkitkan semangat!

4. Aroma Citrus

(sephora.com)

Aroma citrus adalah jenis aroma parfum yang biasanya berbahan dasar bergamot, orange, lemon, atau grapefruit, yang ringan dan zesty. Menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai top notes tentunya mampu menghadirkan aroma parfum yang terasa menyegarkan, cooling, dan kadang cukup juicy

5. Aroma Gourmand

(scentbeauty.com)

Gourmand mengacu pada aroma parfum yang terkesan manis—tetapi tidak terlalu mengganggu—dan sedikit powdery. Bayangkan aroma-aroma manis khas seperti aroma coklat, karamel, honey, vanila, atau tonka (sejenis kacang yang memiliki aroma manis), cotton candy, dan bahkan kopi. Aroma gourmand adalah aroma parfum yang manis dan tempting. 

Jenis aroma parfum ini mungkin tidak cocok untuk setiap acara, tetapi bisa membangkitkan kenangan akan aroma hidangan penutup yang manis dan lezat, sekaligus memanjakan indera penciuman dengan kelezatan dan kelembutannya yang memikat. 

6. Aroma Spicy

(lelabofragrances.com)

Aroma spicy, atau dikenal juga sebagai aroma oriental, merupakan jenis aroma parfum yang hangat dan sensual. Jenis aroma parfum ini berasal dari rempah-rempah aromatik seperti kapulaga, cengkih, pala, lada, kayu manis, dan mint. Parfum dengan aroma spicy seperti ini bisa memancarkan kesan memikat, misterius, eksotis, dan boldness. Aroma rempah-rempah yang khas dan aromatik ini seringkali dipadukan dengan aroma bunga yang segar atau aroma kayu yang hangat, menciptakan parfum dengan aroma spicy yang sempurna untuk acara spesial Anda!

7. Aroma Aquatic

(sephora.com)

Jenis aroma parfum aquatic—seperti namanya—mengacu pada aroma laut dan angin laut yang menyegarkan dan menyejukkan. Sering kali juga ditambah dengan aroma citrus atau mint untuk meningkatkan kesegarannya. Ini adalah aroma parfum yang ringan, terasa sangat menyenangkan, dan bisa memberikan sensasi kesegaran dan clean scent. 

8. Aroma Earthy 
 (diptyqueparis.com)

Aroma earthy merupakan jenis aroma parfum yang memancarkan kesan alami, clean scent, dan menyegarkan. Bayangkan aroma khas tumbuhan hijau, lumut, akar wangi, dan rumput, yang membumi dan menenangkan. Parfum dengan aroma earthy seperti ini bisa membawa Anda seperti sedang berjalan-jalan di alam yang tenang dan sejuk—bahkan, jika Anda hanya duduk di dalam ruangan.

Memahami jenis-jenis aroma parfum bisa membantu Anda memilih wewangian yang tepat sesuai dengan preferensi Anda, baik itu aroma parfum yang manis, menyegarkan, sensual, atau aroma parfum yang membumi. 

(Teaser photo by Lizzy Honey/Pexels)