Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengenal Bali Lewat Global Day of Discovery 2023 di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa

Menjelajahi Pulau Dewata lewat sisi seni, budaya, kuliner, dan lingkungan.

Mengenal Bali Lewat Global Day of Discovery 2023 di Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa
Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa

Global Day of Discovery adalah acara tahunan yang dirayakan secara serentak oleh lebih dari 170 properti Renaissance di seluruh dunia. Di perayaan yang ke-9 tahun 2023, Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa turut menyemarakkannya dengan meluncurkan program utama bertajuk Evenings at Renaissance. Ditemani oleh model sekaligus advokat ekowisata, Veronika Krasnasari dan Valerie Krasnadewi, selebrasinya menyuguhkan sejumlah pengalaman imersif dan holistik yang mengajak tamunya untuk menggali dunia Pulau Dewata dalam hal tradisi, dampak sosial, dan ecotourism.

Veronika Krasnasari sebagai wajah Evenings at Renaissance menyampaikan, "Kami di sini untuk membantu para tamu menemukan sisi tak terduga dari pulau Bali yang indah ini dan menyelami budaya Bali yang kaya. Global Day of Discovery adalah tentang mengeksplorasi apa yang membuat lingkungan lokal kami begitu unik dan kami bangga bermitra dengan tim Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa untuk menunjukkan sisi berbeda Bali."

Berlangsung selama tiga hari, rangkaian acaranya dibuka dengan diskusi bertema Endek Woven Fabrics: The Balinese Artwork with Historical and Cultural Value. Bersama dua narasumber yakni Agung Indra dari Tenun Agung Bali dan desainer Dwi Iskandar, para tamu diajak untuk mengenal makna dan fungsi tekstil tradisional Bali tersebut.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan punchbowl rituals di R Bar, sebuah restoran semi terbuka yang memungkinkan kita untuk memandang jauh ke arah laut. Koktail spesial dari arak salak serta minuman lainnya dengan cita rasa Bali yang diramu oleh mixologist Kiki Moka dan Yoga Tommy turut menemani tamu menyaksikan Balinese Ethnic Fashion Show bertema Kaya Warna, Kaya Gaya persembahan Dwi Iskandar.

Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa
Balinese Ethnic Fashion Show di Global Day of Discovery 2023

Mengangkat topik mengenai urgensi sustainability, Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa mengundang tamunya untuk belajar lewat edukasi interaktif tentang lingkungan saat kunjungan ke ZeroWaste Center di hari kedua. Bukan sembarangan, organisasi ini telah turut berkontribusi dalam mempraktikkan sustainability di lingkungan sekitarnya, mulai dari menukarkan sampah dengan voucher barang kebutuhan sehari-hari, beach clean up, mengolah kompos, hingga mendaur ulang sabun batang yang nantinya didistribusikan ke kelompok yang membutuhkan. Sebelum bertolak ke ZeroWaste Center, tamu diajak mengikuti tur ke Pantai Pandawa tempat kegiatan coral planting diadakan.

Agenda bertema sustainability tersebut selaras dengan pendapat Veronika. "Khususnya di Bali, ada persepsi tertentu dari dunia luar yang tidak sepenuhnya mewakili beragam pengalaman dan penemuan yang tersedia. Oleh karena itu, Global Day of Discovery kali ini menyoroti beberapa kegiatan sustainability khusus yang terjadi di komunitas lokal kami – sesuatu yang secara pribadi sangat saya sukai. Untuk Global Day of Discovery ini, menurut kami Renaissance telah membantu orang menjelajahi lebih dalam hal-hal unik yang ada di pulau yang saya sebut rumah ini," lanjutnya.

Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa
Coral Planting di Pantai Pandawa

Selain itu, sisi keberagaman Bali turut dipersembahkan lewat pengalaman kuliner dan seni. Double Ikat, restoran di Renaissance Bali Uluwatu & Spa yang menyajikan hidangan Bali dan Indonesia, menjadi ruang untuk memanjakan lidah dan telinga sekaligus. Dalam program Navigator's Chef Table di perayaan ini, ada 12 menu Bali persembahan khusus dari Chef Wisnu Adiyatma yang dipasangkan dengan 12 anggur lokal pilihan. 

Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa
Navigator's Chef Table

Rujak Kuah Pindang, Celengis Wong, Raw Tuna Sambal Matah, Pepes Ikan, dan Sate Sampi Lalah Manis dengan bumbu kacang mede adalah beberapa makanan yang diusung. Loloh Sorbet yang dibuat dari daun kayumanis dan asam jawa menjadi dessert penyegar dengan cita rasa yang unik selain Biu Mas dan Tropical Fruits Pia Susu. Sambil menikmati sajian spesial, Gus Teja yang dikenal sebagai Maestro Suling Bali menghibur lewat alunan musik yang menenteramkan.

Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa
Tropical Fruits Pia Susu

Pada akhirnya, berbicara mengenai Bali tentu tak lepas dari pariwisata yang menjadi nyawanya. Pantai Balangan menjadi destinasi penutup rangkaian Global Day of Discovery di hari ketiga. Eksplorasi menuju pantai bertembok tebing itu dilakukan dengan mengendarai sepeda elektronik yang juga menjadi bagian program Renaissance Bali Uluwatu & Spa yang dapat Anda coba.

Berada di kawasan bukit dan semenanjung yang menawarkan pemandangan matahari terbenam, Renaissance Bali Uluwatu & Spa dapat menjadi destinasi pilihan saat berlibur di area Ungasan dan sekitarnya. Lokasinya tak jauh dari tempat wisata seperti Pura Uluwatu dan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

Berjarak sekitar 30 menit berkendara dari bandara I Gusti Ngurah Rai, properti ini memiliki 207 kamar dan suite serta fasilitas lainnya seperti infinity pool, live music, pottery studio dan fasilitas kebugaran 24 jam. Hotelnya juga memiliki beach club yang berada di Pantai Pandawa bernama Roosterfish Beach Club, tempat beragam hidangan seafood segar disuguhkan. Jaraknya sekitar 15 menit berkendara dengan shuttle yang telah disediakan.

Foto: Courtesy of Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa