Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Bisa Bantu Diet Menurunkan Berat Badan!

Selain itu, minum kopi tanpa gula juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi, mencegah diabetes dan penyakit hati.

Ini Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula, Bisa Bantu Diet Menurunkan Berat Badan!

Kopi adalah salah satu minuman populer, dan bahkan minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup banyak orang. Minum kopi diyakini bisa memberikan booster energi, meningkatkan fokus, dan memberikan efek stimulasi yang dapat membantu orang lebih terjaga. 

Kopi yang cenderung manis dengan tambahan gula, kreamer, dan susu umumnya  lebih disukai. Padahal faktanya, kopi seperti ini justru bisa memberikan efek negatif bagi tubuh, terlebih saat dikonsumsi berlebihan.  

Sebaliknya, minum kopi tanpa gula, atau dikenal juga sebagai kopi hitam, disebut-sebut lebih memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 

Berikut beberapa manfaat minum kopi tanpa gula yang sudah Bazaar rangkum buat Anda. 


1. Dapat Meningkatkan Mood dan Konsentrasi

Bagi sebagian besar orang, mungkin termasuk Anda, salah satu alasan utama minum kopi adalah untuk meningkatkan konsentrasi, fokus, dan juga mood ​​selama beraktivitas. Itu benar adanya. Sebuah penelitian tahun 2018 dalam jurnal Nutrients telah membuktikan bahwa, orang yang minum kopi hitam berkafein diketahui memiliki tingkat konsetrasi dan suasana hati yang lebih baik daripada orang yang tidak minum kopi dan minum kopi tidak berkafein. 

Ini karena, minum kopi hitam dapat merangsang sistem saraf dan membantu meningkatkan neurotransmiter, seperti dopamin dan serotonin, yang bisa membantu Anda rileks dari stres dan ketegangan.

Selain itu, minum kopi hitam tanpa gula sekaligus juga dapat menjaga kinerja sistem otak yang bisa meningkatkan daya ingat. 


2. Mencegah Diabetes

Minum kopi tanpa gula telah terbukti dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Seperti satu ulasan tahun 2016 dalam European Journal of Nutrition yang menemukan bahwa, minum satu cangkir kopi tanpa gula per hari dapat membantu mencegah terkena diabetes tipe 2. 

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa meminum minuman manis lainnya kemungkinan besar justru jadi penyebab lain Anda terkena diabetes, bukan dari minum kopi. 


3. Mencegah Penyakit Alzheimer 

Lebih dari satu penelitian telah membuktikan bahwa minum kopi tanpa gula dapat mencegah penyakit alzheimer dan jenis penyakit demensia lainnya. Namun perlu ditekankan, minum lebih dari enam cangkir kopi sehari justru dikaitkan dengan risiko penyakit demensia yang lebih tinggi.

Jadi, untuk mendapatkan manfaat minum kopi tanpa gula yang satu ini, hindari konsumsi kopi lebih dari enam cangkir per hari. 

Para ahli merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi kopi di bawah batas aman yakni 400 miligram, atau jumlah ini kira-kira setara dengan dengan 4 cangkir kopi. 

4. Membantu Mengontrol Berat Badan

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa minum kopi hitam ternyata juga dapat membantu mengontrol berat badan. Saat Anda menghilangkan bahan-bahan tambahan dalam kopi—gula, susu, dan kreamer— itu berarti Anda juga menghilangkan kalori, ​​lemak, dan gula yang menyertainya.

Selain itu, minum minuman berkafein tanpa gula sekitar 30 menit hingga 4 jam sebelum makan diketahui mampu mengurangi nafsu makan dan mencegah makan lebih banyak. Inilah yang membuat minum kopi hitam dapat membantu mengontrol berat badan. 

5. Bisa Mencegah Penyakit Hati

Sejumlah penelitian telah mengaitkan hubungan antara minum kopi tanpa gula, atau kopi hitam, dengan penurunan risiko penyakit tertentu seperti sirosis hati dan kanker hati. 

Menurut American Institute for Cancer Research, antioksidan dalam kopi dapat melindungi sel Anda dari molekul radikal bebas yang berbahaya, serta mengurangi perkembangan sel kanker dengan memperlambat pertumbuhan sel-selnya. Sementara kandungan asam fenolik dapat meningkatkan pertahanan anti-inflamasi. Secara keseluruhan, minum kopi tanpa gula dapat mencegah penyakit hati. 

Satu penelitian tahun 2018 dalam Gene Expression: The Journal of Liver Research menemukan bahwa, minum kopi hitam dapat mengurangi risiko sirosis hati hingga 80%.

Itulah beberapa manfaat minum kopi tanpa gula, atau dikenal juga sebagai kopi hitam. Saat Anda menghilangkan bahan-bahan tambahan dalam kopi, seperti gula, susu, dan kreamer, itu berarti Anda juga menghilangkan faktor-faktor risiko yang menyertainya.

(Teaser photo by Eren Li on Pexels)