Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bikin Rambut Kuat dan Bebas Ketombe, Ini Manfaat Luar Biasa Minyak Kelapa untuk Rambut!

Bisa melindungi rambut dari kerusakan, mengurangi ketombe, hingga memperkuat rambut.

Bikin Rambut Kuat dan Bebas Ketombe, Ini Manfaat Luar Biasa Minyak Kelapa untuk Rambut!
manfaat minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa, atau coconut oil, adalah salah satu jenis oil yang sangat…sangat berguna tak hanya bagi kesehatan tetapi juga kecantikan. Bagaimana tidak, Anda bisa menggunakan minyak ini untuk segala macam hal, mulai dari memasak, melembabkan kulit, menghapus riasan, hingga melindungi dan memperkuat rambut. 


Faktanya, sebuah ulasan yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, mencatat bahwa minyak kelapa dapat berguna dalam mencegah kerusakan rambut yang bisa disebabkan karena paparan sinar ultraviolet maupun selama proses perawatan. 

Secara lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat luar biasa dari menggunakan minyak kelapa untuk rambut.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut

Minyak kelapa dikemas dengan asam lemak omega-3 yang sehat bersama dengan vitamin E, menjadikannya bahan yang ideal untuk merawat rambut kering.


1. Minyak kelapa dapat melindungi rambut dari kerusakan 

Coconut oil sering dikatakan sebagai oil terbaik untuk mengurangi kehilangan protein rambut dan membuatnya tetap sehat. Faktanya, satu studi tahun 2003 yang diterbitkan di Journal of Cosmetic Science, menemukan bahwa minyak kelapa lebih baik dalam mencegah kehilangan protein pada rambut dibandingkan jenis minyak lainnya, seperti mineral oil dan sunflower oil. Hal ini berkat kemampuan unik minyak kelapa yang dapat menembus batang rambut, dan melindunginya dari kerusakan. 

Minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, karena memiliki konsentrasi SPF alami, SPF 8, yang membuatnya menjadi pelindung UV alami yang cukup efektif untuk rambut. 

Mohon diperhatikan bahwa Anda tetap membutuhkan perlindungan ekstra dari hair sunscreen dengan SPF yang lebih tinggi, terlebih jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di bawah sinar matahari. Serta gunakan topi bertepi lebar sebagai perlindungan tambahan. 


2. Dapat membantu melawan ketombe 

Selain melindungi rambut dari kerusakan, minyak kelapa juga dapat mengurangi ketombe pada rambut. Ketombe dapat disebabkan oleh berbagai hal, bisa karena kulit kepala kering atau pertumbuhan jamur di kulit kepala. 

Sebuah penelitian tahun 2018 dalam International Journal of Molecular Sciences, menunjukan bahwa minyak kelapa memiliki efek antibakteri, anti-jamur, anti-inflmasi, dan antioksidan, yang semuanya dapat membantu mengurangi ketombe. 


3. Ini dapat membantu memperbaiki rambut bercabang

Saat rambut Anda menjadi sangat kering dan rapuh, Anda akan cenderung menemukan ujung rambut yang mulai bercabang dan pecah. Dari penelitian tahun 2015 dalam International Journal of Trichology, menunjukan bahwa menggunakan minyak kelapa pada rambut dapat membantu memperbaiki ujung rambut bercabang, dan bahkan membantu mencegahnya terjadi. 


4. Memperkuat kutikula rambut

Lapisan terluar rambut, atau kutikula, yang rapuh dapat membuat rambut cepat kering, mudah sekali kusut, kaku, kusam, patah, dan ujung bercabang. Namun kabar baiknya, menggunakan minyak kelapa dapat memperkuat kutikula rambut yang membuatnya lebih kuat, tidak mudah patah, lebih sehat, dan berkilau. 

Lantas, bagaimana cara menggunakan minyak kelapa untuk memaksimalkan manfaatnya bagi rambut?

  • Digunakan sebelum keramas: Saat digunakan sebelum keramas, minyak kelapa dapat mencegah rambut Anda menyerap terlalu banyak air. Ini bisa meminimalisir kerusakan dan kekeringan, menurut studi tahun 2012 dalam Journal of Cosmetic Science. Cobalah mengoleskan minyak kelapa sekitar 15 hingga 30 menit sebelum keramas dengan fokus pada bagian tengah dan ujung rambut.

  • Digunakan sebagai kondisioner: Saat digunakan sebagai kondisioner, minyak kelapa dapat membantu memperkuat batang rambut dan mencegahnya dari kerusakan. Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa dengan kondisioner yang biasa Anda gunakan, dan rasakan sendiri manfaatnya!

  • Digunakan sebagai masker rambut: Cara lain menggunakan minyak kelapa untuk rambut adalah dengan menjadikannya hair mask. Oleskan sedikit minyak kelapa ke rambut Anda dan diamkan selama beberapa jam (atau bahkan semalaman jika Anda memiliki rambut yang sangat kering atau rusak) sebelum dicuci. Gunakan secara rutin, sekitar satu hingga dua kali dalam sebulan untuk hasil terbaik.

  • Digunakan sebagai pelembut rambut harian: Jika Anda memiliki rambut yang sangat kering atau mudah kusut, Anda bisa menjadikan minyak kelapa sebagai pelembut rambut harian, dengan cara mengoleskannya dalam jumlah yang sangat kecil ke ujung rambut setiap hari, terutama setelah keramas. 

Itulah beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut dan cara terbaik menggunakannya. Minyak kelapa adalah salah satu jenis oil yang sangat baik untuk rambut Anda. Minyak ini dapat digunakan baik sebelum dan sesudah keramas untuk membantu mencegah kerusakan dan menjaga rambut Anda tetap sehat dan berkilau.

(Foto: Courtesy of Grisha Chernigowsky on Pexels)