Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Alessandra Ambrosio Tak Menyangka Jika Karier Modelingnya Akan Bertahan Lama

Menyimak obrilan dari Duta brand Omega ini dalam mengembangkan kepercayaan diri, terus autentik pada diri sendiri, dan alasan kenapa yang kita kenakan adalah penting.

Alessandra Ambrosio Tak Menyangka Jika Karier Modelingnya Akan Bertahan Lama
Courtesy of Bazaar UK

Alessandra Ambrosio telah menjadi bagian tetap dalam industri fashion selama lebih dari dua dekade, sehingga membuatnya memiliki pengetahuan tentang satu atau dua hal tentang gaya, konsistensi, dan keabadian. Model Brasil-Amerika ini telah bekerja dengan berbagai merek dan menjalin hubungan jangka panjang dengan mitra-mitra industrinya, termasuk 13 tahun kariernya sebagai Victoria's Secret Angel, dan pernah tercantum di Forbes sebagai salah satu model dengan bayaran tertinggi di dunia. Ini merupakan sebuah karier yang mengesankan bagi seseorang yang "tidak berpikir bahwa modeling akan bertahan".

Salah satu kemitraan yang sudah berlangsung lama adalah dengan luxury watchmaker, Omega, yang mana Ambrosio telah menjadi duta sejak 2017 silam. Bazaar bertemu dengan model sekaligus seorang ibu ini di Madrid, di mana pameran Omega Her Time diluncurkan untuk membahas evolusi gaya pribadinya, bagaimana ia berbelanja lebih sustainably, nasihat gaya yang ia akan sampaikan kepada anak-anaknya, dan bagaimana ia mengembangkan rasa percaya diri.

Bagaimana gaya pribadi Anda berkembang selama bertahun-tahun ini?

"Menurut saya, saya senang untuk bermain-main dan mengikuti suasana hati saya, atau untuk menyesuaikan dengan acara, jadi saya selalu had fun with my looks. Tetapi menurut saya, perubahan ini sudah terjadi dengan sendirinya. Selama bertahun-tahun, saya menjadi lebih percaya diri dengan jati diri saya dan penampilan saya. Jadi saya dapat bereksperimen dan mencoba penampilan tanpa merasa self-conscious."

Apa saja item penting dalam tampilan harian Anda?

"Saya cinta pantai, suka air, jadi gaya sehari-hari saya adalah gaun musim panas, sandal bertali, denim, atasan kasual, dan selalu Omega."

Alessandra Ambrosio
Courtesy of Bazaar UK

Gaya siapa yang selalu Anda kagumi dan mengapa?

"Ikon gaya: Brigitte Bardot, Grace Kelly, Marilyn Monroe, karena mereka membawa diri mereka sendiri dengan percaya diri dan rasa suka cita. Mereka juga menganut tampilan yang abadi."

Bagaimana Anda mencoba untuk lebih sustainable terhadap fashion dan gaya?

"Dalam kehidupan pribadi saya, saya senang dengan kepraktisan. Meskipun sekarang tinggal di LA, saya merupakan seorang gadis Brasil, jadi pakaian renang dan pantai sederhana adalah gaya pribadi saya. Saya suka fashion, tetapi saya tidak harus gila dalam membeli barang-barang. Saya senang dengan apa yang membuat saya nyaman. Jam tangan Omega saya merupakan barang yang akan bertahan untuk generasi-generasi ke bawah, jadi itu tidak ada yang bisa dibuang."

Alessandra Ambrosio
Courtesy of Bazaar UK

Apa momen red carpet favorit atau yang paling berkesan bagi Anda?

"Saya senang berada di Shanghai untuk acara Omega Iconic Women bersama Nicole Kidman, Cindy Crawford, dan Liu Shishi, karena saya berbagi momen red carpet ini dengan wanita-wanita yang saya kagumi, dan kami bersenang-senang. Baru-baru ini, saya juga menikmati waktu saya di pesta Oscar Vanity Fair.

Alessandra Ambrosio
Courtesy of Bazaar UK

Apa saran gaya terbaik yang Anda dapatkan selama melakukan pekerjaan di industri mode?

"Saya pikir saran terbaik adalah untuk tetap autentik. Anda dapat bermain-main dan mengikuti naluri Anda. Anda tidak dapat sepenuhnya meninggalkan jati diri, Anda harus tetap setia pada ciri khas masing-masing, bahkan ketika Anda mengenakan sesuatu yang tidak biasanya Anda pilih."

Nasihat gaya apa yang akan Anda berikan kepada anak-anak Anda?

"Saya ingin mereka merasa bahagia dan nyaman dengan (warna) kulit mereka sendiri, jadi saya akan membimbing secara lembut jika saya merasa mereka mencoba menjadi seseorang yang tidak sepadan dengan jati diri mereka. Tetapi saya senang jika mereka memilih jalannya sendiri. Itu adalah cara satu-satunya."

Di antara busana dan perhiasan Anda yang paling berharga, mana yang akan diwariskan kepada anak-anak?

"Nah, putra saya menginginkan Omega Speedmaster saya. Saya belum siap untuk melepaskannya, tetapi saya tahu dia akan bahagia saat jamnya menjadi miliknya! Putri saya mulai memata-matai Speedmaster Aqua Terra saya.

Bagaimana hubungan Anda dengan tubuh Anda, penampilan Anda, dan gaya Anda, apakah ada yang berubah?

"Menurut saya, saya telah membangun kepercayaan diri dari dalam. Saya tidak mengira modeling akan bertahan lama, tetapi sekarang saya tetap melakukannya dan menyukainya. Jadi, itu membuat saya merasa bahwa saya dapat membawa menampilan ini ke setiap lembaran kehidupan saya.

Alessandra Ambrosio
Courtesy of Bazaar UK

Bagaimana cara Anda memutuskan dalam bekerja sama dengan sebuah merek?

"Sangat penting bagi saya jika mereknya menarik secara pribadi, dan juga berbagi nilai-nilai yang sama. Dalam Omega, saya tahu mereka adalah merek dengan sejarah pembuatan jam tangan wanita yang luar biasa, ditambah dengan sejarah kebanggaan mereka dengan menjadi pencatat waktu resmi selama Olimpiade (Olympic Games timekeeping), mengeksplorasi dan komitmen untuk unggul pada segala hal. Itulah jenis merek yang membuat saya tertarik untuk bekerja sama."

"Saya dapat mengatakan dengan yakin bahwa jam tangan Omega adalah jam yang terbaik, karena saya tahu secara langsung betapa besar perawatan dan perhatian yang mereka curahkan untuk pembuatan jam tangan tersebut. Terlebih lagi, mereka adalah orang-orang hebat, yang mendukung dan mendorong Anda sehingga Anda merasa menjadi bagian dari keluarga (Omega). Saya mengenakan Omega saya dengan rasa bangga."

Fashion memiliki reputasi yang seolah “sembrono", tetapi apa alasan yang kita kenakan penting?

"Jika apa yang kita kenakan membuat kita merasa percaya diri dan santai, maka itu akan mempengaruhi bagaimana kita interaksi dengan dunia. Tetapi itu tidak berarti kita jadi terobsesi, karena itu akan menjadi sumber kecemasan. Menurut saya, kita harus mendekati fashion dengan keceriaan dan kebahagiaan. Dengan begitu, kita dapat menikmati berbagai macam penampilan dan mendalami rasanya. Jika tidak berhasil, move on. Jika berhasil, maka nikmati. Tapi tentu saja itu bukan segalanya. Hidup ini adalah tentang keluarga, teman, cinta. Fashion harus menjadi sebuah “lapisan gula” pada kue, bukan menjadi segala-galanya."

(Penulis: Harper's Bazaar UK; Alih Bahasa: Aimee Mihardja; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Foto: Bazaar UK)