Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Minum Sampanye Cocok Saat Makan Brunch Serta Kombinasi Hidangannya

Plus, kombinasi takeaway yang bisa Anda pilih.

Ini Alasan Ilmiah Kenapa Minum Sampanye Cocok Saat Makan Brunch Serta Kombinasi Hidangannya

Bagi Anda pencinta minuman sampanye, Anda tentu sangat menikmati kesegaran dari secangkir sampanye terutama ketika disuguhkan bersamaan dengan sarapan yang lezat.  Tetapi di balik semua keindahan tersebut, para ilmuwan dan pakar ahli makanan mengatakan bahwa pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk menegak sampanye. Bukan hanya periode di mana kita memiliki cita rasa lidah terbersih, tetapi juga menjadi momen lidah paling terjaga dengan rasanya.

Tapi itu bukan satu-satunya alasan. Akademisi Barry C Smith (University of London) dan Ole Mouritsen (University of Copenhagen) telah melakukan penelitian yang digagas oleh Comité Champagne untuk menemukan kelebihan secara sains di balik mengonsumsi sampanye dan memadukannya dengan makanan dan menemukan bahwa komposisi kimia antara beberapa makanan brunch dan minuman bersoda membuat mereka menjadi teman tidur yang sempurna . Banyak persepsi kita tentang makanan mana yang paling cocok dengan minuman tertentu berasal dari tradisi dan pendidikan sosial, tetapi ini tidak berarti bahwa itu adalah yang paling cocok.

Umami (salah satu dari lima rasa makanan dasar) umumnya diasosiasikan dengan makanan Asia Selatan seperti jamur shitake dan kecap, tetapi banyak terdapat juga pada daging, ikan, dan keju. Rasa gurih ini adalah penambah rasa, yang bekerja sangat baik dengan sampanye karena kadar glutamat bebasnya yang tinggi. Kedua hal ini bekerja sebagai catnip antara satu sama lain, sehingga dapat memperkuat rasa makanan dan minuman. Kombinasi ham dan telur yang merupakan elemen kunci dari banyak hidangan brunch juga dilaporkan kaya akan umami dan ketika dipadukan dengan sampanye, ini akan menjadi perpaduan yang sempurna.

"Kami sudah lama mengetahui bahwa sampanye adalah anggur yang sangat serbaguna dan cocok dengan berbagai hidangan, tetapi kami ingin lebih memahami dari segi sains di balik keunggulannya, dan apa yang kami temukan sangat menarik," ungkap direktur Biro Champagne Inggris, Francoise Peretti. “Kelezatan makanan tergantung pada rasa dan aromanya, tetapi sementara kita mengenali rasa dasar seperti asin dan manis, asam, dan pahit, kebanyakan orang sering tidak menyadari bahwa rasa gurih yang memuaskan yang sering kita cicipi di sebagian besar hidangan favorit kita tergantung pada rasa lain yaitu umami."

"Kunci untuk menghasilkan rasa umami yang kuat adalah menggabungkan antara makanan yang kaya glutamat dengan makanan yang mengandung ribonukleotida," jelasnya. "Sejumlah besar glutamat bebas dapat ditemukan dalam sampanye karena proses penuaan, jadi ketika dipasangkan dengan hidangan yang kaya akan rasa umami lainnya, seperti kombinasi antara ham dan telur dalam hidangan Eggs Benedict, ini menghasilkan tingkatan yang lebih lanjut."

Francoise lebih lanjut menjelaskan bahwa begitu kita mengenal cita rasa umami yang dapat ditemukan di banyak hidangan yang tidak kita pikirkan sebelumnya untuk dipasangkan dengan sampanye, kita akan melihat betapa luasnya cita rasa yang dapat diindentififkasi. “Dengan berbagai gaya yang berbeda (Demi-Sec, Zero Dosage, Blanc de Blancs, Blanc de Noirs, dll) ada sampanye untuk melengkapi hampir semua hidangan,” jelasnya. “Sampanye sama enaknya dengan tiram seperti halnya dengan ikan dan keripik.”

Ikuti saran Francoise dan tingkatkan pengalaman menyatap hidangan Anda dengan perpaduan antara menu hidangan dan jenis sampanye yang cocok berikut ini:

FISH AND CHIPS DENGAN SAMPANYE BLANC DE BLANCS

"Fakta ini sering mengejutkan, tetapi sampanye adalah pasangan yang baik untuk hidangan ikan dan keripik klasik. Saya akan merekomendasikan sampanye jenis Blanc de Blancs yang vibran, 100 persen chardonnay dengan aroma jeruk yang cocok dipadukan dengan makanan laut dan akan terasa langsung ke seluruh bagian tubuh yang tentunya akan membuat seluruh makanan terasa lebih ringan."

Fortnum's Blanc de Blancs Champagne Gift Box NV, Hostomme, 75cl
fortnumandmason.com
37.95 pound sterling (762.795 rupiah)

BURGER DENGAN SAMPANYE VINTAGE ROSÉ

"Untuk musim panas dan BBQ, burger sering menjadi menu utama dan favorit. Dan untuk makanan daging dengan rasa berani seperti keju, pilihlah sampanye dengan jenis Vintage Rosé. Aroma buah merah dan sifat full-bodied ini sangat cocok disandingkan dengan kompleksitas rasa dalam hidangan ini, sehingga akan memberikan struktur, kepenuhan dan kekuatan untuk meningkatkan hidangan takeaway yang lezat ini."

Pol Roger Vintage Rosé
waitrosecellar.com
80.00 pound sterling (1.608.000 rupiah)

SUP PANGSIT DENGAN SAMPANYE VINTAGE BLANC DE NOIRS

"Vintage Blanc de Noirs akan cocok dipadukan dengan sup pangsit, atau yang dikenal juga dengan nama sui kow, yang memiliki dikenal kuah kaldu yang sangat lezat dan isian daging babi yang kaya rasa. Sangat umami! Untuk jenis sampanye ini, biasanya telah berumur minimal tiga tahun dan disimpan di gudang sampanye dan dibuat secara eksklusif dari anggur hitam. (biasanya Pinot Noir dan Meunier), yang berarti kompleksitas dan strukturnya akan meningkatkan hidangan lezat ini."

Mercier Blanc de Noirs
mercierclos19.com
30.00 pound sterling (603.000 rupiah)

Selamat mencoba berbagai padu padan yang disebutkan di atas, dan jangan lupa untuk selalu bijak dalam mengonsumsi minuman beralkohol serta ikuti panduan standar umur yang berlaku!

(Penulis: Ella Alexander; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)