Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apakah Rutinitas Skincare Malam Anda Sudah Benar? Mari Simak & Perbaiki Langkah Perawatan Kecantikan Pada Malam Hari

Sudah siap untuk sesi transformasi rangkaian perawatan malam Anda?

Apakah Rutinitas Skincare Malam Anda Sudah Benar? Mari Simak & Perbaiki Langkah Perawatan Kecantikan Pada Malam Hari
(Foto: Courtesy of Instagram @wynnmodels)

Dunia skincare memang dapat menjadi hal yang membingungkan (sekaligus penuh tantangan) untuk dijelajah. Jika Anda adalah pemula yang sedang mencoba menyusun rangkaian perawatan kecantikan yang akan diaplikasikan pada rutinitas skincare Anda (terutama untuk rangkaian skincare yang digunakan di malam hari), Anda berada di artikel yang tepat.

Mengingat setiap kulit manusia secara alami akan selalu memperbaiki dirinya di malam hari, maka penting untuk membangun rutinitas kecantikan malam hari yang dapat mendukung kerja kulit dan memberikan apa yang dibutuhkan kulit. Tak hanya perlu mendengarkan apa yang dibutuhkan oleh kulit dan menghadirkan produk-produk yang tepat untuk mendukung performa kulit, rupanya urutan produk skincare yang Anda gunakan juga sangat penting dan dapat memengaruhi efektivitas produk yang Anda gunakan. 

Selain itu, satu aturan wajib yang harus selalu diingat serta diberlakukan dalam rangkaian perawatan kecantikan Anda (baik untuk malam hari maupun pagi hari) adalah untuk mengaplikasikan produk dengan tekstur yang paling ringan kemudian baru bertahap masuk ke yang lebih tebal.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut urutan rangkaian perawatan kulit terbaik dan benar untuk memastikan Anda mendapatkan hasil maksimal dari produk perawatan yang Anda gunakan: 

1. Hapus riasan

Penting bagi Anda untuk membersihkan sisa kotoran, minyak, dan riasan yang menempel pada kulit terutama setelah menjalani segudang aktivitas sepanjang hari dengan menyeluruh. Dan sebuah pantangan besar jika Anda tidur tanpa menghapus makeup ataupun membersihkan sisa kotoran di wajah. Maka dari itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengaplikasikan produk makeup remover.

(Foto: Courtesy of Bioderma)
(Foto: Courtesy of Bioderma)

Bioderma Sensibio H 2 O Micellar Water
258.500 rupiah

2. Gunakan produk pembersih wajah yang lembut

Apa pun jenis tipe kulit Anda, penting untuk memilih produk pembersih atau sabun sabun cuci muka yang lembut agar tidak mengurangi produksi minyak alami kulit serta yang tidak mengganggu mikrobioma kulit agar tidak menimbulkan reaksi iritasi.

(Foto: Courtesy of Shiseido)
(Foto: Courtesy of Shiseido)

Shiseido Complete Cleansing Microfoam
600.000 rupiah

3. Toner   

Menjadi langkah kedua setelah tahap pembersihan menyeluruh, nyatanya kehadiran toner dalam rangkaian perawatan kecantikan sering dipandang  sebelah mata. Padahal, penggunaan produk toner memiliki segudang manfaat mulai mampu menyeimbangkan tingkat pH, hingga memberikan hidrasi yang dibutuhkan oleh kulit. Pastikan wajah sudah dalam keadaan bersih dengan sabun, sebelum membubuhkan toner.

(Foto: Courtesy of Dior)
(Foto: Courtesy of Dior)

Dior Hydra Life Balancing Hydration 2 In 1 Sorbet Water
890.000 rupiah

4. Krim mata

Mengingat area mata memiliki kulit yang lebih tipis dan sensitif ketimbang area lainnya, maka sangat penting untuk memberikan perhatian serta perawatan yang lebih ekstra. Dan peran produk krim mata di sini hadir tak hanya untuk mengatasi masalah mata bengkak, mengurangi tampilan lingkaran hitam serta kerutan, namun juga melindungi area mata dari produk perawatan kulit lainnya.

(Foto: Courtesy of L'Occitane)
(Foto: Courtesy of L'Occitane)

L'Occitane Immortelle Divine Eye Balm
1.190.000 rupiah

5. Treatment

Langkah ini menjadi langkah yang cukup menarik (dan mungkin butuh waktu ekstra untuk benar-benar menjelajah dan menemukan produk yang tepat untuk menjawab kebutuhan kulit Anda). Jika Anda ingin mencari produk yang dapat digunakan sebagai anti-penuaan, maka Anda perlu mencari produk dengan kandungan retinol yang dikenal dengan kemampuannya untuk melawan penuaan serta jerawat. Kemudian jika Anda ingin merangsang produk kolagen serta mencerahkan kulit wajah, maka carilah produk yang mengandung Vitamin C. 

Jika salah satu rangkaian produk Anda ada yang berbasis minyak, jangan lupa untuk mengoleskan tekstur yang berminyak terlebih dahulu, dilanjutkan dengan tekstur yang lebih creamy.

(Foto: Courtesy of Sensatia Botanicals)
(Foto: Courtesy of Sensatia Botanicals)

Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum
180.000 rupiah

6. Pelembap

Walaupun tak ada salahnya jika Anda menggunakan produk pelembap yang sama untuk dikenakan baik untuk siang maupun malam hari. Namun perlu disadari sebenarnya pelembap malam atau krim malam umumnya memiliki tekstur yang lebih tebal dan berat dan secara khusus dirancang untuk mencegah penguapan kandungan air saat tidur. 

(Foto: Courtesy of SK-II)
(Foto: Courtesy of SK-II)

SK-II RNA Radical New Age Cream
2.185.900 rupiah

7.  Masker

Jika Anda memiliki waktu lebih dan suka memanjakan diri, pertimbangkan untuk memasukkan langkah ini dua sampai tiga kali seminggu setelah menyelesaikan enam langkah rutinitas kecantikan yang dijelaskan sebelumnya. Jika Anda pemilik tipe kulit kering, pertimbangkan untuk memilih masker yang dapat menghidrasi, dan jika Anda adalah kebalikannya, pemilik tipe kulit berminyak, lebih baik memilih masker dengan jenis tanah liat yang dapat mengontrol produksi minyak berlebih.

Pengaplikasian masker sendiri ada beberapa cara:

- Jika sheet mask: lakukan persis setelah wajah dibersihkan dan menggunakan toner. Setelah mengering atau tunggu 20 menit, baru diangkat, biarkan sisa krim menyerap, kemudian lanjutkan tahapan dari nomor 4.

- Jika peel off mask: lakukan juga persis setelah wajah dibersihkan dan menggunakan toner, kemudian bubuhkan peel off mask, tunggu kering. Setelah itu bersihkan hingga tuntas, baru lanjutkan dari tahap ke-4.

- Jika overnight mask: lakukan sebagai pengganti krim night treatment atau pelembap Anda, dan biarkan meresap semalaman sampai Anda bangun keesokan harinya.

(Foto: Courtesy of Fresh)
(Foto: Courtesy of Fresh)

Fresh Rose Deep Hydration Sleeping Mask
785.000 rupiah

8. Hair tonic

Tak hanya penting untuk memberikan perhatian ekstra pada area kulit wajah saja, nyatanya tampil paripurna di pagi hari juga perlu memberikan perhatian pada area tubuh lain seperti rambut. 

Untuk itu penggunaan produk hair tonic menjadi penting untuk turut dimasukkan dalam rutinitas kecantikan Anda. Bagi Anda yang belum tahu apa saja segudang manfaat yang dimiliki jika rajin menggunakan hair tonic, tak hanya akan membantu pertumbuhan rambut, menjaga kelembapan terutama bagi pemilik rambut kering, membantu mengurangi kemungkinan ujung bercabang, rambut patah, dan ketombe, hair tonic juga memiliki fungsi utama lain (yang mungkin jarang diketahui oleh orang-orang) yaitu mampu mempertahankan tatanan rambut yang diinginkan.

(Foto: Courtesy of Kérastase)
(Foto: Courtesy of Kérastase)

Kérastase Genesis Serum Fortifiant
550.000 rupiah

9. Hair oil

Berbeda dengan hair tonic yang berfungsi untuk menguatkan akar rambut dan mencegah masalah kerontokkan, hair oil memiliki fugsi yang tak kalah menarik  yaitu untuk mengembalikan kilau pada batang rambut, membantu meminimalisir kemungkinan rambut kusut, dan tentu melindungi rambut dari kerusakan akibat panas dan alat styling rambut.

Nah, untuk waktu penggunaannya, hair oil dan hair toner juga memiliki waktu penggunaan yang berbeda. Jika hair tonic digunakan setelah selesai keramas (ingat, harus dalam keadaan rambut setengah kering agar menghilangkan kemungkinan produk "turun" bersamaan dengan air), hair oil biasanya akan digunakan sebelum atau sesudah keramas. 

J.F Lazartigue Huile des Reves

800.000 rupiah di Tokopedia

10. Body lotion

Tak hanya penting menjaga hidrasi pada area wajah, bagian tubuh Anda juga perlu dijaga kadar kelembapannya. Untuk itu, penggunaan body lotion setiap hari (digunakan setelah mandi) adalah hal yang krusial (entah Anda pemilik tipe kulit kering maupun berminyak) karena tidak hanya akan menghidrasi, body lotion juga memiliki berbagai kelebihan lain mulai dari mendukung kerja skin barrier, menenangkan kulit yang iritasi, dan bahkan meningkatkan mood penggunanya berkat berbagai wangi yang terinjeksi di dalamnya.

(Foto: Courtesy of Klorane)
(Foto: Courtesy of Klorane)

Klorane Fleur De Cupuacu
131.250 rupiah

11. Body Scrub

Body scrub merupakan tahapan eksfoliasi yang artinya secara fisik adalah langkah mengangkat sel kulit mati dari lapisan luar kulit dengan bahan abrasif, seperti gula atau garam. Dianjurkan untuk digunakan hanya seminggu sekali ketika sedang mandi, body scrub bekerja untuk merangsang pergantian sel kulit, menghasilkan kulit yang lebih halus, serta lebih cerah.

(Foto: Courtesy of Ouai)
(Foto: Courtesy of Ouai)

Ouai Scalp & Body Scrub

609.000 rupiah

12. Foot creams

Jika Anda berpikir bahwa seluruh bagian tubuh Anda telah selesai dirawat, tunggu, mungkin Anda perlu benar-benar menyimak poin terkahir ini. Menjadi bagian paling bawah dari tubuh Anda dan sayangnya jarang diberi perhatian, merawat area kaki Anda tak pernah terasa lebih penting ketimbang sebelumnya. Dengan menggunakan pelembap kaki, produk ini akan membantu meredakan rasa lelah, melembapkan kaki yang kering, dan mengurangi aroma tak sedap yang sering muncul akibat penggunaan sepatu tertutup yang terlalu lama. Gunakan pelembap khusus kaki di malam hari, untuk merasakan berbagai khasiatnya. 

(Foto: Courtesy of The Body Shop)
(Foto: Courtesy of The Body Shop)

The Body Shop Peppermint Intensive Cooling Foot Rescue
100.000 rupiah

Baca juga:

Ingin Mengganti Rangkaian Produk Skincare? Simak Cara Aman serta Waktu Terbaik untuk Melakukannya

Mengenal Bakuchiol, Kandungan Skincare Alternatif Retinol

Ini Daftar Lengkap Pemenang Produk Kecantikan Terbaik di Bazaar Beauty Awards 2021

Portofolio ini:

Fotografi: Hadi Cahyono
Editor fashion: Michael Pondaag
Make up & Hair:  Oscar Daniel
Asisten stylist: Arinta Wirasto, Michelle Othman, dan Sharon Claresta 
Retoucher: Erlangga Namaskoro

(Foto: Courtesy of Instagram @wynnmodels)