Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Superface: Bentuk Wajah Idaman

Superface: Bentuk Wajah Idaman

Memahami bentuk bibir, hidung, kerangka wajah, dan mata ideal wanita Indonesia jaman kini.

Serupa dengan riasan wajah dan tatanan rambut, fitur wajah ideal berubah seiring dengan munculnya tren baru. Oleh karena itu, Bazaar mengadakan survei untuk mengetahui bentuk kerangka wajah, mata, bibir dan hidung yang ideal menurut para pembaca. Hasil survei lalu dituangkan ke dalam ilustrasi ini.

Meskipun bentuk wajah ideal merupakan sesuatu yang bersifat subjektif, tampaknya masyarakat Indonesia memiliki suara yang serupa. Dari 137 wanita yang memasukan suara, 84 wanita memilih tampilan bentuk bibir yang mungil, penuh lekuk dan sedikit tebal pada bagian bibir, seperti bentuk bibir Megan Fox. Suara mayoritas juga memilih bentuk wajah diamond dengan tulang pipi tampak jelas dan meniros pada bagian dagu, seperti ilustrasi bentuk wajah Dian Sastro. Suara terbanyak juga memilih bentuk mata almond berkelopak dalam dan berujung lancip serta sedikit naik, seperti milik Mila Kunis.

Hasil survei juga menampilkan bahwa wajah idaman wanita Indonesia cenderung  erat dengan familiaritas. Dalam survei ini Bazaar memasukan dua wanita Indonesia yang mewakili bentuk kerangka wajah dan hidung idaman, yaitu bentuk wajah Dian Sastro dan bentuk hidung milik Raline Shah. Kedua wanita tersebut mendapatkan hasil tertinggi.

 

(Valerie Stephanie. Ilustrasi: Katherine Karnadi)