Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Simak 13 Bintang dengan Busana Terbaik di Met Gala 2023

Ada banyak penampilan ikonis tahun 90-an yang diambil langsung dari arsip Chanel, dan interpretasi ulang yang menarik dari seragam pribadi Karl Lagerfeld.

Simak 13 Bintang dengan Busana Terbaik di Met Gala 2023
Courtesy of Bazaar US

Selama beberapa minggu terakhir, banyak yang memperdebatkan bagaimana tema Met Gala tahun ini akan ditafsirkan oleh para tamu, mengingat fokusnya hanya pada karya Karl Lagerfeld. The Costume Institute belum melakukan retrospeksi pada desainer tunggal sejak Rei Kawakubo pada 2017, tetapi karier Karl, yang berlangsung selama beberapa dekade di banyak rumah mode seperti Chanel, Fendi, dan Chloé, menyediakan banyak bahan untuk dikerjakan.

Ada banyak arsip Chanel, seperti gaun pengantin berkerudung tahun 1988 yang awalnya dikenakan oleh Ines de la Fressange, yang langsung menarik perhatian teman dekat dan pembawa acara gala Karl, Penélope Cruz, untuk malam itu. Nicole Kidman mereferensikan Nicole Kidman, dalam gaun yang ia kenakan untuk iklan Chanel No. 5 pada tahun 2007. Yang lainnya, seperti Letitia Wright dan Glenn Close memberi penghormatan pada seragam terkenal sang desainer, sambil tetap berpakaian dengan gaya mereka sendiri.

BACA LAGI: 90 Penampilan Fashion Terbaik Langsung dari Karpet Merah Met Gala 2022

Simak 13 nama besar dengan berbusana terbaik di Met Gala tahun ini.

1. Rihanna dalam Maison Valentino dan A$AP Rocky dalam Gucci

Rihanna & A$AP Rocky
Courtesy of Bazaar US

Rihanna sering menjadi orang terakhir yang berjalan di karpet merah Met Gala, dan tahun ini kedatangannya sedikit lebih lambat dari biasanya. Tentu saja, penampilannya sangat layak untuk ditunggu. Ia tiba dalam balutan ‘kepompong’ dalam jubah kamelia yang berubah menjadi selendang yang dikenakannya dengan menutupi lengannya. Gaun putihnya menampilkan bunga kamelia tunggal di bagian dada, sangat panjang sehingga membutuhkan seluruh rombongan untuk menaiki tangga Met. Ketika ditanya bagaimana perasaannya, ia hanya berkata, "Mahal." A$AP Rocky menemaninya dalam balutan atasan Gucci khusus dengan rok bordir yang menampilkan detail trompe-l'œil dan sandal kulit hak tinggi.

2. Penelope Cruz dalam Chanel

Penélope Cruz
Courtesy of Bazaar US

Salah satu pembawa acara gala, Penélope Cruz mengenakan gaun Chanel couture Spring/Summer 1988 yang awalnya dikenakan oleh supermodel Prancis Ines de la Fressange di runway. Penélope, yang menghadiri pertunjukan Chanel pertamanya pada tahun 1999, adalah teman dekat Karl dan bahkan mengenakan gaun Chanel untuk menerima penghargaan Oscar pada tahun 2008. Ia melihat-lihat arsip untuk memilih gaunnya untuk malam itu dan secara khusus tertarik pada keanggunan abadi gaun berkerudung ini. Lapisan tudung yang dihias mengingatkan kepada mantilla tradisional asal Spanyol.

3. Dua Lipa dalam Chanel

Dua Lipa
Courtesy of Bazaar US

Dua Lipa mengenakan gaun couture Chanel musim Fall/Winter 1992 yang awalnya dikenakan oleh Claudia Schiffer di runway, dengan kalung berlian unik Tiffany & Co. yang menampilkan lebih dari 100 karat. Claudia awalnya mengenakan gaun korset tweed sebagai pengantin Chanel, menjadikan tampilan ini tampilan runway pengantin kedua kalinya dalam seminggu terakhir yang menjadi tren, setelah pernikahan Sofia Richie, di mana ia mengenakan gaun mini dari pertunjukan haute couture musim Fall/Winter 1993 yang dipakai oleh Claudia.

4. Irina Shayk dalam Yohji Yamamoto

Irina Shayk
Courtesy of Bazaar US

Irina Shayk mengenakan gaun vintage Yohji Yamamoto dari tahun 1988 dengan tali pengikat yang di-twist. Penampilannya merupakan interpretasi khas dari estetika pengantin yang mendominasi karpet tahun ini. Akan tetapi, detail paling surgawi adalah flat baletnya yang lembut, siluet sepatu yang sangat dikenal Karl.

5. Olivia Wilde dalam Chloé

Olivia Wilde
Courtesy of Bazaar US

Olivia Wilde mengenakan violin dress tahun 1983, awalnya dirancang oleh Karl Lagerfeld saat ia berada di Chloé. Chloë Sevigny mengenakan versi hitam dari gaun itu pada tahun 2013 ketika merek tersebut mengeluarkan kembali tampilan itu untuk menghormati ulang tahun ke-60 rumah tersebut. Gaun itu juga termasuk dalam pameran Met Gala, bersama dengan shower dress musim Fall 1983 yang terkenal. Era Karl di Chloé sangat sulit didapat dan menandai awal mula sang desainer terjun ke ready-to-wear. Tampilannya menyatukan high camp dan high fashion dalam cara mereferensikan desain Karl.

6. Nicole Kidman dalam Chanel

Nicole Kidman
Courtesy of Bazaar US

Inspirasi Nicole Kidman untuk Met Gala tahun ini adalah Nicole Kidman. Ia mengenakan gaun Chanel Haute Couture dari tahun 2004 yang sebelumnya ia kenakan dalam iklan Chanel No. 5 di tahun yang sama, disutradarai oleh Baz Luhrmann. Tapi apa yang membuatnya merasa sempurna sesuai dengan temanya adalah fakta bahwa ia mereferensikan dirinya sendiri, seperti yang sering dilakukan Karl.

7. Glenn Close dalam Erdem

Glenn Close
Courtesy of Bazaar US

Tampilan Glenn Close dalam balutan Erdem menampilkan gaun berpayet Eau de Nil dengan sulaman tangan kristal, kerah katun kaku, dan cuffs lengkap dengan jubah taffeta. Detail kerah runcing mengingatkan kembali pada seragam khas Karl, sementara siluetnya terasa seperti kenangan untuk kemewahan yang ia cintai.

8. Naomi Campbell dalam Chanel

Naomi Campbell
Courtesy of Bazaar US

Naomi Campbell adalah salah satu dari banyak tamu yang melihat arsip Karl, dan ia memilih gaun couture Chanel musim Spring/Summer 2010 untuk malam itu. Kain merah muda yang ‘molten’ menutupi korset payet agar terlihat cocok layaknya seorang dewa mitos.

9. Bad Bunny dalam Jacquemus

Bad Bunny
Courtesy of Bazaar US

Tampilan Bad Bunny, khusus dari Jacquemus, menampilkan ‘kereta’ bunga kamelia bersulam setinggi 26 kaki dari taffeta (kain Taf) boa. Namun, detail terbaiknya adalah yang tidak bisa langsung dilihat: bagian dalam jaketnya berisi gambar Casa Malaparte yang dicetak khusus, difoto oleh Karl Lagerfeld pada tahun 1997.

Penampilan Bad Bunny adalah satu-satunya di malam itu yang memberi penghormatan kepada bagaimana kreasi Karl benar-benar beragam. 

10. Michaela Coel dalam gaun custom Schiaparelli

Michaela Coel
Courtesy of Bazaar US

Michaela Coel adalah salah satu co-host tahun ini dan ia adalah salah satu yang pertama tiba di karpet merah, menetapkan standar yang sangat tinggi. Karl terkadang merujuk surealisme dalam karyanya, paling sering dalam desainnya dari tahun 1980-an dan gaun Schiaparelli yang dikenakan Michaela yang menakjubkan merangkum seluruh galaksi surealis dengan lebih dari 130.000 kristal.

11. Letitia Wright dalam Prada

Letitia Wright
Courtesy of Bazaar US

Ketika datang ke Met Gala, para nama ini sering kali lebih mementingkan untuk tetap berpegang pada tema daripada menggunakannya sebagai alasan untuk menggunakan gaya pribadi mereka. Tetapi, berbeda dengan Letitia Wright, di mana ia berhasil mengenakan setelan Prada dengan tema yang sempurna, jelas terinspirasi oleh milik Karl, sambil tetap terlihat seperti dirinya sendiri.

12. Jessica Chastain dalam Gucci

Jessica Chastain
Courtesy of Bazaar US

Interpretasi yang lebih literal dari estetika Karl Lagerfeld sedikit condong ke kostum tetapi Jessica Chastain meniru rambut, kacamata hitam, dan "sikap lancangnya" dengan kemewahan Gucci. Gaun strapless hitamnya dilengkapi dengan sarung tangan tulle hitam dan kalung serta cincin berlian Gucci High Jewelry.

13. Jenna Ortega dalam Thom Browne

Jenna Ortega
Courtesy of Bazaar US

Jenna Ortega menyukai penampilan yang terinspirasi goth, dan penampilan Thom Browne-nya sepenuhnya sejalan dengan apa yang kami harapkan darinya di karpet merah. Korset yang mengencangkan pinggang, rok mengacak-acak yang mengalir, dan platform oxfords persis seperti yang akan dikenakan Wednesday Adams jika ia diundang ke acara Chanel.

BACA LAGI:

10 Fakta Johnny Suh, Anggota Pertama NCT yang Hadir di Met Gala

25 Riasan dan Tatanan Rambut Terbaik dari Met Gala 2022

(Penulis: Tara Gonzales; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of BAZAAR US)