Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apakah Menggunakan Sunscreen Pada Rambut Benar-Benar Diperlukan?

Ini jawabannya untuk Anda!

Apakah Menggunakan Sunscreen Pada Rambut Benar-Benar Diperlukan?

Menggunakan tabir surya adalah suatu keharusan. Itu dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya, yang dapat merusak kulit, mempercepat penuaan dini, dan meningkatkan risiko kanker kulit. 


Nah, akan tetapi bagaimana dengan rambut dan kulit kepala? Apakah menggunakan tabir surya untuk rambut benar-benar diperlukan? Ini jawabannya untuk Anda!


Apakah Anda membutuhkan sunscreen untuk rambut dan kulit kepala?


Jawaban singkatnya, IYA! 


Menggunakan tabir surya untuk rambut dan kulit kepala itu sama pentingnya dengan menggunakan tabir surya untuk kulit. 


Menurut sebuah studi tahun 2019 dalam International Journal of Cosmetic Science, sinar ultraviolet tidak hanya dapat merusak kulit, tetapi juga berpotensi merusak folikel rambut Anda. 


Hal yang sama juga disampaikan oleh Laura Dyer, seorang stylist terkenal di New York, paparan sinar matahari dapat menyebabkan kutikula rambut terbuka. Ini dapat menyebabkan hilangnya kelembapan dan melanin pada rambut, yang pada akhirnya bisa membuat rambut kering, kaku, dan warna rambut alami memudar. Jika Anda melakukan pewarnaan rambut, sering terpapar sinar matahari akan membuat warnanya lebih cepat memudar.


Paparan sinar matahari juga dapat memecah protein di rambut, yang bisa menyebabkan kerusakan pada rambut dan ujung bercabang. Menurut Sacha Mitic, celebrity hairstylist, seiring bertambahnya usia, rambut akan mengalami penipisan, dan paparan sinar matahari dapat membuatnya terjadi jauh lebih cepat. 


Sama seperti bagian tubuh lainnya, kulit kepala juga rentan mengalami sunburn. Itu juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit dan melanoma kulit kepala, kata Dr. Tsippora Shainhouse, dermatologis. 


Dari riset tahun 2015 dalam jurnal Photochemistry and Photobiology, memiliki rambut yang tebal memang dapat memberikan tingkat perlindungan tertentu untuk kulit kepala Anda, tetapi sayangnya hal itu tidak dapat memberikan perlindungan penuh. Bagian kulit kepala Anda yang terbuka seperti pada hairline Anda, berada pada risiko lebih tinggi untuk mengalami sunburn, masalah kulit kepala, dan kanker kulit kepala, kata Orit Markowitz, MD, dokter kulit bersertifikat. 


Jadi, apakah perlu menggunakan sunscreen yang diformulasikan khusus untuk rambut dan kulit kepala?


Menurut Dr. Shainhouse, setiap tabir surya mengandung formula yang hampir serupa. Secara umum, sunscreen rambut mengandung bahan-bahan yang mirip dengan sunscreen yang biasa Anda gunakan pada kulit. 


Senyawa yang terkandung dalam sunscreen rambut dapat memantulkan kembali sinar cahaya yang bersentuhan dengan rambut dan kulit kepala, sehingga membuatnya lebih terlindungi. 


Memikirkan mengoleskan tabir surya (dalam bentuk lotion) ke rambut dan kulit kepala Anda mungkin tampak tidak menyenangkan dan greasy. Biasanya, sunscreen rambut tersedia dalam bentuk sunscreen spray atau powder sunscreen, yang lebih nyaman digunakan dan tidak meninggalkan residu berminyak pada rambut.


Selain itu, untuk memberikan perlindungan ekstra dari bahaya paparan sinar matahari, kenakan juga topi bertepi lebar saat beraktivitas di luar ruangan, yang tak hanya akan melindungi rambut dan kulit kepala, tetapi juga wajah dan telinga Anda. 


Mengaplikasikan tabir surya pada rambut dan kulit kepala tidak hanya dapat mengurangi risiko sunburn, masalah kulit kepala, dan kanker kulit kepala, tetapi juga dapat melindungi kualitas rambut Anda serta menjaganya tetap halus, lembap, sehat, dan tidak bercabang. 

(Teaser: Photo by Alexander Stemplewski from Pexels)